Apa itu RankMath? Ini Pengertian, Fitur, & Menu yang Dimilikinya

Apa itu RankMath? Ini Pengertian, Fitur, & Menu yang Dimilikinya

RankMath adalah plugin WordPress yang mirip dengan Yoast SEO, yakni untuk meningkatkan SEO website. Plugin ini cukup penting karena memungkinkan pemilik situs mengoptimalkan setiap konten atau halaman agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, yang pada gilirannya dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat website.

Seperti yang diketahui, kualitas konten berpengaruh besar terhadap search engine optimization. Ini selaras dengan Rank Tracker yang menyebut bahwa pembuatan konten merupakan strategi paling efektif menurut 72% marketer.

Maka dari itu, pembuatan konten pun perlu didukung dengan SEO yang baik, salah satu cara mewujudkannya adalah menggunakan plugin RankMath. Yuk, kenali apa itu RankMath, fitur, serta cara install dan setting-nya di artikel ini!

Baca Juga: 17 Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Blog dan Website

Apa itu RankMath?

RankMath adalah sebuah plugin SEO (Search Engine Optimization) yang tersedia di platform WordPress. Plugin ini digunakan untuk mengoptimalkan konten serta membantu pemilik website meningkatkan visibilitas dan peringkat situs mereka di SERP.

Semua itu bisa dilakukan karena RankMath menawarkan fitur-fitur lengkap, mulai dari analisis SEO, saran peningkatan SEO, hingga pengelolaan sitemap, broken link, integrasi dengan Google Search Console, dan banyak lagi. Dengan begitu, kamu dapat memahami setiap aspek SEO sekaligus mengoptimalkannya.

Lalu, apa bedanya RankMath dengan Yoast? Meskipun mirip dan sama-sama menawarkan optimasi SEO, namun keduanya memiliki perbedaan yang salah satunya terletak pada UI (User Interface). Beberapa orang mungkin menganggap bahwa antarmuka RankMath lebih nyaman dipakai, sementara yang lain mungkin lebih suka tampilan dan navigasi Yoast SEO. Ini bersifat subjektif dan tergantung pada preferensi masing-masing pengguna.

Dari segi harga, baik RankMath maupun Yoast sebenarnya menyediakan versi gratis dengan batasan-batasan tertentu. Namun, untuk versi berbayar, harga kedua plugin tersebut sedikit berbeda.

Harga Yoast versi premium adalah Rp1,25 juta per tahun dengan plugin eksklusif tambahan yang bisa dibeli dengan harga sekitar Rp960 ribu per plugin. Di sisi lain, kamu bisa menggunakan paket RankMath Pro dengan harga mulai dari Rp828 ribu per tahun atau paket bisnis Rp2,7 juta per tahun.

Khusus untuk customer Dewaweb, kamu bisa klaim paket RankMat Pro secara cuma-cuma alias gratis hanya dengan meng-hosting situs di Dewaweb, lho! Yuk, cari tahu informasi selengkapnya melalui live chat Dewaweb Ninja.

Baca juga: 9+ Fitur Website yang Wajib Dipasang Agar Lebih SEO Friendly

Fitur RankMath

RankMath menjadi salah satu plugin SEO yang populer berkat kelengkapan fitur-fiturnya. Berikut beberapa fitur terbaik dari plugin ini yang bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan SEO.

  • Analisis fokus keyword: Memberikan informasi tentang seberapa sering pengguna menggunakan atau mencari target kata kunci.
  • Skema: Kamu dapat menambahkan schema markup untuk membantu mesin pencari memahami isi konten/halaman.
  • XML sitemap: Fitur pembuatan dan pengelolaan peta situs untuk keperluan indexing konten di mesin pencari.
  • Saran internal linking: Memberikan rekomendasi terbaik tentang struktur tautan internal halaman.
  • Breadcrumbs: Fitur untuk mempermudah pengguna menavigasi konten website lebih baik.
  • Integrasi search console: Terintegrasi dengan Google Search Console untuk melacak kinerja website di SERP.
  • SEO WooCommerce: Memungkinkan kamu menambahkan judul dan deskripsi di halaman produk/layanan dan toko.
  • 404 monitoring: Fitur untuk memantau dan mengidentifikasi error 404.
  • Local SEO: Membantu mengoptimalkan SEO lokal.
  • Google AdSense: Terintegrasi dengan Google Adsense untuk memonetisasi website.
  • Bulk editing: Fitur untuk memodifikasi judul dan deskripsi secara massal.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Ahrefs, Software yang Bermanfaat untuk SEO

Menu RankMath

Ketika mengakses RankMath, ada banyak menu yang muncul untuk mengerjakan berbagai tugas. Berikut penjelasannya:

  • Dashboard: Menampilkan semua modul yang ada pada RankMath.
  • Analytics: Menu ini memberikan informasi tentang skor SEO untuk setiap konten/halaman secara detail beserta performa dan trafiknya.
  • General Settings: Mengatur pengaturan-pengaturan umum seperti tautan situs, verifikasi webmaster tool, analitik, iklan Google Adsense, dan banyak lagi, tanpa harus meninggalkan dashboard WordPress.
  • Titles & Meta: Menu untuk mengatur tampilan judul dan meta deskripsi di halaman hasil pencarian.
  • Sitemap Settings: Mengatur peta situs untuk memudahkan search engine menemukan keseluruhan konten/halaman pada website.
  • Instant Indexing: Menu untuk mengirimkan URL halaman agar mudah terindeks oleh search engine.
  • Schema Templates: Memungkinkan kamu menyimpan schema markup sebagai template untuk digunakan kembali di masa mendatang.
  • SEO Analysis: Menganalisa kualitas SEO on-page setiap konten dan menampilkan saran untuk meningkatkannya.
  • Status & Tools: Memberikan informasi status tentang versi RankMath, WordPress, tema, dan error_log.
  • Help & Support: Menu yang mengarahkan kamu ke halaman panduan atau dokumentasi RankMath.

Baca Juga: Begini Cara Menulis Meta Description yang Mampu Menghasilkan Traffic

Cara Install RankMath

Lantas, bagaimana cara install RankMath? Tidak perlu khawatir, berikut langkah-langkah yang perlu kamu ketahui.

Langkah 1: Pada dashboard WordPress kamu, klik menu Plugins > Add New.

Langkah 2: Cari rankmath lalu klik Install Now.

install rankmath - cara install rankmath

Langkah 3: Setelah selesai instalasi klik Activate.

cara install rankmath - aktivate rankmath

Yuk, Pakai Plugin RankMath!

RankMath adalah plugin SEO yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembuatan konten. Plugin WordPress ini menyediakan fitur-fitur lengkap dan mumpuni untuk membantu pengguna meningkatkan visibilitas dan ranking situs di hasil penelusuran mesin pencari seperti Google.

Dengan fitur analisis fokus keyword, pengelolaan sitemap, breadcrumbs, integrasi search console, dan fitur pendukung lainnya, RankMath menjadi salah satu opsi terbaik untuk mengoptimalkan setiap aspek website, terutama dalam segi konten. Yuk, pakai plugin RankMath dengan mengikuti tata cara install dan setting-an di atas.

Selain konten, kecepatan dan keamanan situs juga tidak kalah pentingnya dalam menunjang SEO. Kabar baiknya, kamu bisa menikmati fitur RankMath Pro secara gratis hanya dengan beli hosting Dewaweb! Yuk, tingkatkan performa website kamu dengan provider terpercaya yang aman dan cepat dari Dewaweb.