Cara Membuat Database MySQL di cPanel Hosting

Cara Membuat Database MySQL di cPanel Hosting

Cara membuat database di hosting perlu diketahui bagi kamu para pemilik website. Keberadaan database sangatlah penting untuk menyimpan seluruh data yang dibutuhkan situs tersebut.

Dengan adanya database, semua data kamu tersimpan dalam struktur yang tepat dan aman. Tidak perlu khawatir karena cara membuat database dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui cPanel. Yuk simak panduan cara membuat database di cPanel berikut ini!

Baca Juga: Pengertian Database, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Manfaat Database untuk Website

Sebelum masuk pada cara membuat database di hosting, terlebih dulu ketahui beragam manfaat database untuk website seperti berikut ini.

  1. Mengatur dan mengelola data: Database memfasilitasi penyusunan serta pengelolaan data web secara lebih efisien. Dengan struktur database yang sesuai, data dapat diatur dalam bentuk tabel dan kolom, sehingga mempermudah pengelolaan serta aksesnya.
  2. Meningkatkan kinerja dan kecepatan: Dengan menggunakan database, situs web mampu mengakses data dengan lebih cepat. Database juga dapat meningkatkan kinerja situs web dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya seperti CPU dan RAM.
  3. Skalabilitas yang lebih baik: Database memungkinkan situs web untuk mengelola volume data yang besar dan terus bertumbuh secara lancar seiring waktu. Saat situs web berkembang, database dapat diperbarui dan ditingkatkan tanpa mengganggu operasional situs.
  4. Perlindungan data yang lebih tinggi: Database menyediakan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi data situs web. Database dapat diatur hak aksesnya sehingga tidak semua orang bisa masuk dan mengubah data.
  5. Analisis data dan pengambilan keputusan: Database menyimpan data historis dan memungkinkan analisis data yang lebih mendalam. Dengan bantuan kueri dan perangkat analisis data, pemilik situs web dapat mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan pemahaman yang lebih mendalam tentang data mereka.
  6. Meningkatkan pengalaman pengguna: Database memungkinkan situs web untuk menyimpan preferensi dan memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pengguna. Dengan menyimpan data pengguna seperti nama, alamat email, dan preferensi lainnya, situs web dapat menghasilkan konten yang relevan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  7. Mendukung fungsionalitas situs web tingkat lanjut: Database memungkinkan pembuatan fitur lanjutan seperti sistem login, keranjang belanja, ulasan pengguna, dan banyak lagi. Dengan database, situs web dapat menyimpan informasi pengguna secara spesifik dan menyajikan konten yang dinamis.

Baca Juga: Cara Membuat Database di Hosting Dewacloud, Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Database di cPanel Hosting

Setelah mengerti apa saja manfaat database untuk website, sekarang saatnya kamu untuk mencoba membuat database di hosting dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Login cPanel dan pilih MySQL Databases.
  2. Masukkan nama database yang akan dibuat.
  3. Membuat user baru.
  4. Menambahkan user ke database.
  5. Memberikan user privileges.

Berikut ini penjelasan detail setiap langkah di atas.

1. Login cPanel dan pilih MySQL Databases

Langkah pertama yaitu login ke cPanel hosting website kamu kemudian masuk gulir ke bawah untuk menemukan menu DATABASES lalu pilih MySQL Databases.

cara membuat database di hosting - pilih mysql databases 

2. Masukkan nama database yang akan dibuat

Langkah kedua kamu perlu memasukkan nama database baru yang akan dibuat pada kolom di bawah ini. Setelah nama database dimasukkan, lalu klik Create Database.

masukkan nama database

Jika berhasil, maka muncul notifikasi seperti berikut bahwa database berhasil ditambahkan. Lalu pilih Go Back.

database berhasil dibuat

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Perbedaan Web Server dan Web Hosting

3. Membuat user baru

Setelah sebelumnya kamu memilih Go Back, lalu akan muncul tampilan database yang sudah dibuat kemudian gulir ke bawah hingga menemukan kolom untuk menambahkan user baru.

Di sini kamu perlu memasukkan nama user pada kolom Username dan membuat password. Jika sudah pilih Create User.

cara membuat database di hosting - tambahkan user baru

Setelah berhasil menambahkan user baru maka muncul tampilan seperti ini dan pilih Go Back.

pilih go back

4. Menambahkan user ke database

Langkah berikutnya kamu perlu menambahkan user yang telah dibuat ke database. Gulir ke bawah hingga menemukan tampilan seperti di bawah ini. Di sini kita akan menambahkan user dengan nama makinkre_admin ke database makinkre_contohdatabase yang sudah dibuat sebelumya. Lalu pilih Add.

cara membuat database di hosting - add user to database

5. Memberikan user privileges

Langkah terakhir kamu perlu mengatur user privileges, di sini kamu bisa memberikan hak akses user sesuai kebutuhan maupun memberikan semua privileges-nya dengan memilih centang pada bagian ALL PRIVILEGES kemudian klik Make Changes.

kelola user privileges

Selesai, sampai sini kamu telah berhasil mengetahui cara membuat database di cPanel, kemudian membuat user baru, menambahkan user ke database, dan memberikan hak akses user.

Baca Juga: 10 Fitur-Fitur cPanel yang Penting Ada di Dalam Hosting Kamu

Yuk Buat Database untuk Website Milikmu!

Cara membuat database di hosting dapat dilakukan secara mudah oleh masing-masing pemilik situs. Adanya database website juga memberikan sejumlah manfaat, maka dari itu yuk buat database-mu sendiri agar data dapat terorganisir dan dikelola dengan baik.

Untuk hosting yang andal dan berkualitas, jangan ragu menggunakan Dewaweb. Hosting Dewaweb mampu memberikan keamanan website serta kecepatan dengan teknologi LiteSpeed Enterprise yang dirancang untuk mengatasi lonjakan lalu lintas. Teknologi ini mampu memberikan kinerja 40x lebih cepat dibandingkan dengan server web Apache.

Dewaweb juga memiliki promo beli hosting murah gratis domain, lho! Hanya dengan membeli hosting paket Hunter ke atas minimal selama satu tahun, kamu sudah mendapatkan domain gratis untuk ekstensi domain populer seperti .com, .id, .co.id, dll. Yuk langsung ikuti cara belinya di artikel Tips dan Cara Membeli Domain untuk Pemula!