Wajib Tahu, Ini Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Perbedaan web server dan web hosting perlu kamu pahami ketika hendak membuat website. Keduanya memainkan peran penting dalam menjalankan situs web, namun apa perbedaannya? 

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan mendasar antara web hosting dan web server, serta bagaimana keduanya dapat bekerja bersama. Maka dari itu, simak artikel ini sampai akhir ya!

Apa Itu Web Server?

Web server adalah kumpulan hardware dan software yang terdapat di dalam server. Software di sini bekerja sebagai perantara untuk menerima request dan mengirimkan hasilnya ke pengguna. Sedangkan di sisi hardware, ia terhubung ke internet bertukar informasi berupa data atau file.

Fungsi utama web server meliputi transfer data yang diminta  pengguna, menghapus cache, serta memerika keamanan dari request HTTP. Beberapa contoh web server di antaranya seperti Apache, IIS (Internet Information Service), Nginx, dan Lighttpad.

Baca Juga: Cara Mudah Hapus Cache Browser di Laptop, Android, dan iOS

Apa Itu Web Hosting?

Web hosting adalah layanan untuk menyimpan file website berupa script, gambar, teks, video, dan beragam file lainnya yang ada di web. Web hosting juga bisa berfungsi untuk membuat website, membuat website toko online, membuat email dengan domain sendiri, hingga meningkatkan keamanan website.

Kehadiran web hosting ini penting agar website bisa diakses secara online oleh publik. Namun, sebenarnya website juga bisa dibuat tanpa hosting. Tetapi, situs tersebut hanya dapat diakses melalui komputer lokal saja atau disebut localhostLocalhost ini biasanya digunakan sebagai situs percobaan sebelum benar-benar diluncurkan.

Untuk membangun website juga memerlukan jenis hosting yang berbeda-beda. Adapun beberapa jenisnya seperti shared hosting, VPS hosting, cloud hosting, dedicated hosting, unmanaged hosting, unlimited hosting, hingga WordPress hosting.

Baca Juga: 5+ Tips Memilih Hosting untuk Website, Pasti Aman & Andal!

Perbedaan Web Server dan Web Hosting

Perbedaan web server dan web hosting yaitu terletak pada fungsinya. Web server adalah komputer yang menjalankan situs web, sementara web hosting merupakan layanan yang memungkinkan situs web dapat diakses oleh pengguna.

Web server berperan dalam menyediakan layanan pada perangkat lain di internet, sementara web hosting memungkinkan organisasi dan bisnis menjalankan situs web mereka secara online.

Fungsi utama web server yaitu menyimpan, memproses, dan mengirimkan halaman web. Di sisi lain, fungsi utama web hosting adalah untuk meng-host situs web serta menjaga seluruh situs web di server mereka.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Hosting dan Domain

Bagaimana Web Server dan Web Hosting Bekerja Bersama?

Web server dan web hosting bekerja sama dalam menyediakan akses ke situs web melalui internet. Proses komunikasi antara web server dan web hosting dimulai ketika pengguna melakukan permintaan untuk mengakses situs web.

Permintaan tersebut dikirim ke web server dengan melewati middleware terlebih dulu. Middleware adalah perangkat lunak yang berfungsi menjembatani antara web server dan web hosting.

Setelah permintaan diterima, web server kemudian mencari file yang diminta kemudian mengirimkannya kembali ke pengguna melalui internet.

Dari sini dapat kamu mengerti bahwa kerja sama antara web server dan web hosting dijembatani oleh middleware sehingga memungkinkan akses yang cepat dan efisien ke situs web.

Baca Juga: 5+ Tips Memilih Hosting untuk Website, Pasti Aman & Andal!

Mudah Bukan Membedakan Web Server dan Web Hosting?

Sekarang kamu sudah lebih paham kan perbedaan web server dan web hosting. Perbedaan utama dari keduanya yaitu web server berfungsi untuk menerima dan memproses permintaan masuk halaman web dari pengguna, sedangkan web hosting adalah layanan yang berfungsi meng-host website agar situs dapat diakses secara online oleh pengguna di internet.

Bagi kamu yang berniat membangun website dan sedang mencari hosting, pastikan pilih provider hosting terpercaya dan andal seperti Dewaweb! Dewaweb menyediakan layanan cloud hosting murah berkualitas untuk mendukung kesuksesan bisnis online kamu.

promo beli hosting gratis domain dewaweb

Menariknya lagi, hanya dengan beli hosting di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan gratis domain selamanya! Dengan membeli paket hosting Hunter ke atas selama minimal satu tahun, kamu akan dapat gratis domain dengan ekstensi tertentu, lho! Cek promo dan cara mendapatkannya di artikel Tips dan Cara Membeli Domain untuk Pemula. Salam sukses online!