Pentingnya Domain Bisnis untuk Gait Lebih Banyak Pelanggan

Pentingnya Domain Bisnis untuk Gait Lebih Banyak Pelanggan

Domain untuk bisnis adalah salah satu hal yang sangat menguntungkan untuk keberlangsungan bisnismu, entah itu online maupun offline. Ya, bisnis offline pun bisa di-online-kan melalui website dengan domain yang unik. Dengan begitu, bisnismu akan lebih berkembang dan mampu menjangkau target pasar yang lebih luas.

Di artikel ini, Dewaweb sudah merangkum informasi seputar domain bisnis mulai dari pengertian, cara memanfaatkannya, hingga tips memilih domain untuk bisnis. Yuk, langsung simak!

Baca juga: Domain: Alamat yang Mudahkan Pengguna Mencari Websitemu!

Pengertian Domain Bisnis

Domain bisnis adalah identitas sebuah website di internet yang merepresentasikan bisnis kamu. Bukan hanya bisnis online, tetapi bisnis offline-mu juga bisa dipasarkan secara online. Malah, bisnis offline dirasa lebih membutuhkan bantuan dari domain bisnis karena jika tidak di-online-kan maka bisnismu hanya di situ-situ saja dan kurang berkembang.

Domain untuk bisnis ini nantinya akan menjadi alamat websitemu. Di website tersebut, kamu bisa memajang dan mempromosikan produk usahamu, bahkan memberikan promo-promo menarik sehingga lebih menggiurkan.

Adapun keuntungan memiliki website untuk bisnismu adalah dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi calon konsumen sehingga lebih terpercaya, membuat bisnismu terlihat lebih profesional, dan mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. Selain itu, kamu juga bisa menaikkan brand awareness produkmu serta lebih efisien dalam promosi.

Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk memanfaatkan domain khusus bisnis:

1. Membuat website profesional

Seperti yang sudah disinggung di atas, cara paling umum adalah membuat website. Tetapi website untuk bisnis tidak boleh sembarangan dan harus terlihat profesional. Tentunya langkah paling pertama adalah dengan memilih nama domain yang sesuai untuk keperluan bisnismu.

Selanjutnya kamu bisa memilih penyedia layanan hosting untuk membantumu mengelola website bisnis.

Baca juga: Pentingnya Web Hosting untuk Perluas Bisnis

2. Membuat email domain sendiri

Selain membuat website, kamu juga bisa menyokong bisnismu dengan membuat email dengan domain perusahaan sehingga terlihat lebih profesional dan kredibel. Jadi, bukannya menggunakan alamat email umum seperti “[email protected]”, tetapi bisa di-custom menjadi [email protected] Lebih profesional bukan?

Baca juga: Manfaat Email dengan Nama Domain Sendiri

3. Sebarkan domain bisnis ke sosial media

Yap, cara memperluas jangkauan bisnismu setelah membuat website adalah menyebarkan domainnya ke platform media sosial apa saja yang kamu gunakan.

Promosilah sebanyak-banyaknya sehingga semakin banyak orang tahu keberadaan bisnismu. Lama-lama, brand awareness dari bisnismu juga akan terbentuk dan meningkat seiring berjalannya waktu.

Tips Memilih Nama Domain Bisnis

Berhubung ini menyangkut soal bisnismu, maka pemilihan nama domain bisnis tidak boleh sembarangan. Alangkah baiknya kamu menggunakan nama domain profesional yang menggambarkan produk dan bisnis yang sedang dijalani. Berikut tips memilih domain untuk bisnis:

  1. Mudah diketik, diucap, diingat

Penggunaan nama domain situs bisnis yang mudah diketik, diucapkan, dan diingat oleh orang lain sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis kamu. Ada baiknya untuk menghindari penggunaan domain dengan bahasa gaul atau kata yang memiliki ejaan yang sulit agar tidak membuat calon pelanggan kesulitan untuk mengakses situs kamu.

  1. Pendek dan sederhana

Penggunaan nama domain yang panjang dan rumit beresiko membuat calon pelanggan kamu salah ketik atau eja. Oleh karena itu, penggunaan nama domain yang pendek dan sederhana sangat baik untuk dilakukan.

  1. Gunakan keyword

Domain situs yang dipilih sebaiknya berkaitan erat dengan bisnis yang dijalankan. Dengan menggunakan keyword sesuai, para calon konsumen akan dimudahkan untuk melakukan pencarian produk dan jasa. Selain itu, penggunaan keyword ini pun akan membuat website kamu berada di peringkat atas dalam mesin pencarian.

  1. Sesuaikan target lokasi

Jika konsumen lokal adalah target dari bisnis kamu, buat nama domain dengan memasukkan target lokasi untuk memudahkan pelanggan menemukan website kamu. Contohnya sepatubandung.com untuk bisnis sepatu yang menargetkan pelanggan yang berlokasi di Bandung atau bajujakarta.com untuk bisnis fashion dengan target market masyarakat Jakarta.

  1. Hindari penggunaan angka dan tanda penghubung

Angka dan tanda penghubung harus kamu hindari karena sering di salah artikan, serta tidak memberikan identitas brand maupun SEO. Selain sulit diingat, domain dengan angka dan tkamu penghubung seringkali dianggap spam sehingga membuat website kamu tidak mendapatkan link.

  1. Gunakan dan Pilih Ekstensi yang tepat

Saat ini, banyak sekali website yang menggunakan akhiran .com. Namun, selain ekstensi tersebut, ada banyak sekali ekstensi yang dapat kamu pilih, seperti .co yang biasa digunakan oleh perusahaan, situs jual beli dan komunitas. Selain itu, contoh lainnya yang bisa kamu pilih adalah .info untuk situs penyedia informasi, .net untuk situs teknis dan infrastruktur internet, .org untuk situs organisasi non komersial. .Biz untuk situs bisnis komersial dan .me yang biasa dipakai untuk situs pribadi seperti blog dan portfolio.

  1. Kombinasikan kata-kata kreatif

Domain yang kamu pilih mewakili identitas bisnis yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, kreativitas kamu dibutuhkan agar domain bisnis dapat dikenali dan diingat banyak orang. Contohnya seperti Dewaweb yang didalamnya mengandung dua arti sekaligus, membuat orang dapat mengerti bisnis yang dijalankannya, meskipun baru melihat dari namanya saja.

Baca Juga: Sejarah dan Fakta Domain di Dunia

Contoh Nama Domain Bisnis yang Menarik

Contoh nama domain bisnis yang Dewaweb rangkum ini bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika hendak membuat website untuk bisnis. Berikut beberapa contohnya:

1. Ruangguru.com

contoh nama domain bisnis - ruangguru

Begitu mendengar namanya langsung terbesit bahwa nama domain ini begitu bagus dan unik, bukan? Ruangguru.com adalah startup yang bergerak di bidang pendidikan non-formal yang menyediakan Learning Management System (LMS) agar siswa bisa belajar secara online.

Nama website ini sangat menggambarkan tujuan dan spesialisasi mereka sehingga orang akan mudah mengidentifikasi produk apa yang ditawarkan. Tidak hanya memberikan nama domain yang unik saja, Ruangguru juga menyediakan fitur-fitur menarik, seperti video pembelajaran, les privat, uji coba ujian online, dan lain sebagainya.

2. Researchgate.net

contoh nama domain bisnis - researh gate

Researchgate.net adalah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Sesuai dengan nama domain yang dimilikinya, Researchgate.net menjadi gerbang bagi akses riset yang ada di seluruh dunia. Tidak hanya itu, nama domain ini juga sesuai dengan misi dari perusahaan untuk memberikan ruang kepada para peneliti agar lebih mudah menemukan dan memberikan laporan riset.

Untuk domain .net di belakangnya memberikan arti bahwa jaringan juga sesuai dengan interaksi yang terjadi pada ResearchGate tersebut. Jika kamu memiliki bisnis yang mirip dengan ResearchGate.net, kamu bisa menjadikan nama domain ini sebagai referensi.

3. Dailysocial.id

contoh nama domain bisnis - dailysocial

Dailysocial.id adalah media online yang fokus memberikan informasi, opini, dan penemuan yang berbau teknologi. Nama Dailysocial.id ini dipilih karena website ini menyajikan berita-berita setiap harinya (daily). Tidak hanya itu, niche berita bisnis, gaya hidup, dan teknologi terwakili dengan ‘social’ yang menjadi brand mereka. Ekstensi .id yang ada di dalamnya menunjukkan bahwa website ini menargetkan audiens di Indonesia.

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

4. Emirates.store

emirates store

Selanjutnya, contoh nama domain bisnis yang bisa menjadi inspirasi adalah Emirates.store. Perlu diketahui bahwa bisnis bergerak dalam dunia maskapai penerbangan internasional yang berpusat di Dubai. Dengan menggunakan nama ‘Emirates’ di dalam domain, nama brand tersebut bisa terbaca lebih jelas. Tujuannya agar strategi cerdik ini untuk mengenalkan toko online official merchandise mereka, yang menjual berbagai macam pakaian hingga mainan.

Tertarik Menggunakannya?

Setelah membaca seluk-beluk tentang domain bisnis, apakah kamu yakin tidak ingin memanfaatkannya? Apalagi, bukan hanya bisnis online yang bisa terbantu dengan domain ini, namun bisnis offline juga bisa!

Caranya mudah saja, kamu hanya perlu membuat website dengan domain bisnismu sendiri. Tentukan dulu nama domainnya, kemudian kamu bisa menghubungi penyedia layanan hosting yang akan melayani semua kebutuhan untuk website kamu. Tenang, kamu bisa mendapatkan sepaket hosting gratis domain selama satu tahun di Dewaweb!

Yap, mulai dari pembelian paket Hunter ke atas selama setahun, kamu sudah mendapatkan domain gratis untuk ekstensi domain tertentu. Langsung klik tombol di bawah ya!

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses!