Mengenal Hybrid Cloud yang Punya Sistem Keamanan Kompleks

Mengenal Hybrid Cloud yang Punya Sistem Keamanan Kompleks

Hybrid cloud adalah salah satu jenis cloud computing yang menggabungkan public cloud dan private cloud. Jenis ini adalah yang paling sering digunakan baik pada perusahaan berskala besar maupun kecil.

Public dan private cloud memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga hal tersebut membuat hybrid cloud menjadi lebih powerfull sebagai pilihan cloud server bisnismu. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut apa yang dimaksud dengan hybrid cloud, yuk langsung saja simak artikel ini sampai selesai!

Baca Juga: Mengenal Cloud Server Supaya Website Kamu Mudah Diakses

Apa Itu Hybrid Cloud?

Hybrid cloud adalah teknologi cloud yang menggabungkan jenis private dan public cloud. Teknologi ini seringkali digunakan di berbagai perusahaan yang memiliki database yang besar serta tingkat keamanan yang tinggi. Hybrid cloud biasanya digunakan untuk perusahaan yang mengharuskan konsumennya untuk mengakses aplikasi atau website.

Keunggulan hybrid cloud computing adalah dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik user maupun perusahaan. Dari sisi perusahaan, mereka tetap bisa mendapatkan data user kemudian diolah pada server mereka.

Sedangkan pada sisi user, mereka tetap bisa tahu data apa saja yang dimasukan pada server perusahaan tersebut.

Jenis cloud ini seringkali diimplementasikan lewat beberapa cara, diantaranya seperti di bawah ini.

  • Memisahkan penyedia cloud, yakni menyediakan layanan private dan public cloud yang bisa terintegrasi secara langsung.
  • Layanan cloud individu menawarkan paket hybrid secara lengkap.
  • Perusahaan mengelola private cloud secara mandiri sekaligus berlangganan public cloud kemudian mengintegrasikan keduanya pada infrastruktur mereka.

Karena gabungan dari private dan public maka akan membuat perusahaan menjadi lebih hemat biaya.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Dedicated Server, Manfaat, dan Kelebihannya

Bagaimana Cara Kerja Hybrid Cloud?

Sebelum memutuskan menggunakan hybrid cloud sebagai pusat server hal pertama yang harus kamu tahu adalah seperti arsitektur aplikasi apa saja yang hendak dikembangkan. Dari sini, perusahaan bisa menentukan akan lebih mengembangkan private atau public cloud-nya.

Apabila hal tersebut sudah ditentukan, kedepannya akan lebih mudah yakni mempersiapkan alat pendukung yaitu monitoring tools.

Selain itu ada beberapa aspek yang mempengaruhi cara kerjanya diantaranya sebagai berikut.

1. Hybrid Cloud Management Software

Software tersebut berfungsi untuk mengatur public cloud, private cloud, dan multi cloud ke hybrid. Dengan tools ini, pengguna lebih mudah dalam membangun, menggunakan aplikasi hingga mengontrol lingkungan hybrid.

2. Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service atau PaaS merupakan teknologi cloud yang memudahkan pengguna dalam membangun aplikasi di atasnya. Jenis cloud ini memudahkan developer dalam membangun aplikasi tanpa membutuhkan infrastruktur dasar untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Jenis ini menawarkan fitur otomatis yang dapat mengkonfigurasi sumber daya infrastruktur private atau IaaS, sehingga pengelolaan jenis cloud ini menjadi lebih mudah.

3. Vendor Native Hybrid Cloud

Aspek terakhir yaitu menggunakan vendor cloud yang menawarkan layanan IaaS. Layanan ini akan memudahkan perusahaan dalam mengelola komputasi awan mereka. Selain itu layanan tersebut juga dapat mengkoneksikan dari layanan public cloud ke data center.

Baca Juga: Apa itu Cloud Hosting yang Bisa Mencegah Website Down?

Keunggulan Hybrid Cloud

Hybrid cloud memberikan keunggulan yang lebih bila dibandingkan public dan private cloud. Seperti apa keunggulan dari jenis cloud tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

1. Lebih fleksibel

Hybrid cloud cocok digunakan untuk perusahaan yang mencari fleksibilitas yang tinggi, karena cloud ini menawarkan fitur jenis penyimpanan sesuai keinginan kamu.

Selain itu, kamu bisa dengan mudah switch dari public ke private maupun sebaliknya. Sehingga perusahaan dapat memberikan akses dengan mudah kepada penggunanya sesuai kebutuhan.

2. Memiliki kendali kontrol

Hybrid cloud adalah sistem yang memiliki kendali kontrol yang cukup ekstra untuk kamu yang membutuhkan pengaturan khusus.

Pengguna dapat mengendalikan kontrol secara penuh pada data atau aplikasi yang dijalankan. Karena pada hybrid cloud kamu diberi akses untuk mengendalikan sistem private maupun public.

3. Tingkat keamanan tinggi

Keamanan yang tinggi adalah salah satu keunggulan dari hybrid cloud computing. Karena terdapat elemen private cloud, maka kamu tidak perlu khawatir terkait keamanannya. 

Seluruh data sensitif akan terjaga secara aman sehingga tidak akan terjadi ancaman kegagalan sistem yang dapat menyebabkan kebocoran data.

Baca Juga: Apa itu Cloudflare? Pengertian, Fungsi dan Fitur Unggulannya

Kekurangan Hybrid Cloud

Meski menawarkan banyak keunggulan, sampai saat ini jenis cloud ini masih memiliki beberapa kekurangan yang bisa kamu jadikan pertimbangan diantaranya sebagai berikut.

1. Biaya yang dikeluarkan besar

Apabila perusahaan kamu mengelola private cloud sendiri maka biaya operasional yang dikeluarkan di awal akan lebih besar. Namun, di sisi lain hybrid cloud dapat menjadi pilihan tepat dan membantu meningkatkan efisiensi apabila digunakan pada industri yang tepat.

2. Kurangnya visibilitas

Jenis cloud ini seringkali memiliki pengoperasian yang sulit, terlebih apabila perusahaan tersebut tidak mengerti seperti apa gambaran sistemnya. Hal ini seringkali menyebabkan masalah kritikal pada perusahaan.

3. Sistem keamanannya kompleks

Meski memberikan tingkat keamanan yang tinggi, namun gabungan dari private dan public menyebabkan kompleksitas pada sistem cloud tersebut. Karena kedua jenis cloud tadi perlu diberikan perlakuan yang berbeda, selain itu keamanan cloud ditentukan dari berbagai faktor seperti platform,  server, dan berbagai faktor lainnya.

Apabila perusahaan memilih menggunakan hybrid cloud, maka setidaknya mereka sudah tahu seperti apa sistem keamanan yang cenderung kompleks ini.

Baca Juga: 6 Keuntungan Cloud Hosting untuk Kinerja Website

Kesimpulan

Hybrid cloud adalah jenis cloud computing yang merupakan gabungan dari sistem cloud private dan public. Jenis ini cocok digunakan pada perusahaan yang memiliki data besar seperti aplikasi maupun website. 

Keunggulan yang ditawarkan sistem ini memang menguntungkan perusahaan, namun gabungan dari dua jenis cloud itulah yang seringkali menimbulkan kompleksitas pada cara kerjanya.

Untuk kamu yang sedang mencari layanan cloud server VPS, Dewaweb menawarkan pilihan paket beragam. 

Dilengkapi dengan Intel Xeon Gold, NVMe SSD Software Defined Storage hingga Unlimited Bandwidth dan Ninja Support 24/7 membantu mengatasi permasalahan aplikasimu. Yuk, pilih paket  cloud mu sekarang juga, semoga membantu ya!