Apa itu Hotspot? Pengertian dan Cara Menggunakannya dengan Aman

Apa itu Hotspot? Pengertian dan Cara Menggunakannya dengan Aman

Hotspot adalah istilah bagi seseorang yang menggunakan jaringan internet melalui perangkat lain, seperti komputer, ponsel, laptop, dan lain sebagainya. Jadi, hotspot juga bisa diartikan sebagai penghubung perangkat tanpa menggunakan kabel, tetapi gelombang yang bisa menjangkau radius kurang lebih beberapa ratusan meter.

Hotspot sendiri bisa berada di lokasi pribadi atau publik, mulai dari kedai kopi, bandara, hotel, hingga pesawat terbang. Ada juga hotspot publik yang menawarkan akses nirkabel pada jaringan terbuka, tetapi penggunanya harus membayar sejumlah uang tertentu. Kendati demikian, kondisi tersebut bergantung pada pengelola hotspot tersebut.

Lantas, apa saja fungsi dari hotspot dan bagaimana cara kerjanya? Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, simak informasinya pada artikel yang sudah Dewaweb rangkum di bawah ini.

Apa itu Hotspot?

Menurut buku Panduan Koneksi Internet di Laptop, hotspot adalah area yang dilingkupi oleh jaringan tanpa kabel (wireless). Jaringan itu sendiri berasal dari sebuah pemancar access point yang terhubung langsung dengan jaringan internet broadband.

Sebagai informasi, access point memang berfungsi sebagai pemancar sinyal sekaligus penyedia layanan agar sinyal dapat digunakan oleh banyak pengguna. Untuk luasnya sendiri, hotspot bisa mencakup luas jangkauan mencapai 10-100 meter.

Adapun pengertian lain dari hotspot yakni suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada wifi ‘wireless fidelity’, sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel.

Jenis-jenis Hotspot

Dalam penerapannya, hotspot terbagi menjadi beberapa macam, yakni free hotspot, paid hotspot, hingga hotspot berbayar ke operator wifi. Untuk mengetahui masing-masing perbedaannya, berikut informasinya.

1. Free hotspot

Free hotspot adalah jenis hotspot yang biasanya berada di fasilitas umum dan mudah ditemui di mall, stasiun, lokasi wisata, dan lain sebagainya. Seperti namanya, seseorang yang menggunakan free hotspot tidak perlu menyediakan bayaran. Sebab jenis hotspot ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan internet gratis yang bisa diakses siapapun.

Baca Juga: 10 VPN Gratis Terbaik untuk Internet yang Lebih Aman 

2. Paid hotspot

Paid hotspot adalah layanan hotspot yang bisa digunakan apabila penggunanya membayar sejumlah uang dan melakukan login terlebih dahulu untuk mendapatkan username atau password. Keuntungan dari paid hotspot ini adalah koneksi internetnya yang disebut-sebut lebih cepat dibandingkan dengan free hotspot.

3. Hotspot berbayar ke operator wifi

Jenis hotspot yang terakhir adalah hotspot berbayar ke operator wifi. Artinya, hotspot jenis ini sudah bekerja sama dengan operator wifi di Indonesia, sehingga orang-orang yang menggunakan layanan ini akan mendapatkan manfaat dan keuntungan.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di Perangkat Kamu

Fungsi Hotspot

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hotspot berfungsi sebagai pengirim jaringan tanpa kabel yang membuat penggunanya dapat melakukan koneksi internet, seperti browsing, berkirim email, chatting transaksi bank, mendownload, sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnis kamu dan lain-lain.

Lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi-fungsi lain yang dimiliki oleh hotspot dan dapat dimanfaatkan secara langsung, di antaranya:

  1. Dapat menggunakan hotspot dengan koneksi internet seperti halnya browsing, mengirimkan email, chattingan, mendownload film maupun lainnya, dan lain sebagainya
  2. Tidak menggunakan nirkabel yang membuat penggunanya kesulitan
  3. Jangkauannya paling kurang seratus meter
  4. Sangat fleksibel
  5. Dapat digunakan dimana pun, kapan pun dan siapa pun

Baca juga: Mengenal Sistem Jaringan WPA2-PSK dalam Keamanan WiFi

Cara Kerja Hotspot

Melihat penjelasan yang ada di atas, konsep hotspot sebetulnya mirip dengan konsep warung internet. Nantinya, pemilik warung internet akan membeli hingga menyewa pulsa dari penyedia internet, seperti Telkom, Indosat, dan lain sebagainya, kemudian dijual kembali ke pelanggan yang menyewa komputer untuk mengakses internet.

Sementara itu, untuk cara kerja hotspot cukup mudah untuk dipahami. Awalnya, perangkat akan memancarkan gelombang radio yang akan ditangkap oleh laptop atau PDA (personal digital assistant) milik pengguna yang telah dilengkapi oleh teknologi wifi.

Jadi, apabila pengguna membuka browser internetnya dalam kawasan hotspot, lalu muncul halaman utama hotspot penyedia layanan. Kemudian, pengguna perlu untuk memasukkan username dan login passwordnya. Setelah proses verifikasi selesai, penggunanya akan terhubung ke dunia maya.

Baca juga: 10 Cara Mudah untuk Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Kelebihan dan Kekurangan Hotspot

Hotspot memang memiliki manfaat yang banyak untuk penggunanya. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa kelebihan dan kekurangan hotspot yang perlu untuk diketahui para penggunanya. Lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan hotspot, di antaranya:

Kelebihan hotspot

  1. Tingginya minat masyarakat membuat beberapa tempat umum sudah menyediakan hotspot.
  2. Para pengguna dalam satu area dapat mengakses internet secara bersamaan, tanpa perlu direpotkan dengan kabel.
  3. Lebih murah dan praktis untuk digunakan.

Kekurangan hotspot

  1. Mudah untuk di hacking oleh para hacker yang ingin mencuri password penggunanya.
  2. Tidak tahan terhadap serangan flooding.

Baca juga: Kenali Bahaya WiFi Publik dan 7 Tips Aman Menggunakannya

Cara Menggunakan Hotspot dengan Aman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hotspot bisa saja mengalami hacking hingga serangan flooding jika tidak diantisipasi dengan benar. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan tersebut, ada beberapa cara menggunakan hotspot dengan aman yang bisa diikuti oleh para penggunanya, berikut informasinya.

Cara mengaktifkan hotspot di Android

1. Geser layar dari atas ke bawah

2. Ketuk bagian ‘Hotspot’

cara mengaktifkan hotspot di hp

3. Hotspot di ponsel sudah aktif

cara mengaktifkan hotspot

Cara menghubungkan perangkat lain ke hotspot kamu

1. Di perangkat lain, buka daftar opsi wifi perangkat tersebut

cara menghubungkan hotspot

2. Pilih nama hotspot ponsel

3. Masukkan sandi hotspot ponsel

4. Klik Hubungkan

cara menghubungkan hotspot

Tips menggunakan hotspot agar aman

  1. Jangan mengaktifkan file sharing folder PC atau Laptop, karena memungkinkan seseorang untuk mengakses folder yang disharing
  2. Selalu mengaktifkan anti virus dengan update terbaru
  3. Hindari pemberian username dan password hotspot kepada orang lain

Baca juga: Network Security: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Sudah Tahu Apa Itu Hotspot?

Hotspot adalah area yang dilingkupi oleh jaringan tanpa kabel (wireless). Jaringan itu sendiri berasal dari sebuah pemancar access point yang terhubung langsung dengan jaringan internet broadband. Keberadaannya dibutuhkan agar para pengguna bisa bebas mengakses jaringan internet.

Sayangnya, hotspot memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah mudah untuk di hacking oleh para hacker yang ingin mencuri password penggunanya. Tidak hanya itu, hotspot juga tidak tahan terhadap serangan flooding.Kendati demikian, hotspot cukup mudah untuk diakses secara bersamaan, dimana saja, dan kapanpun tanpa memerlukan kabel.

Bagaimana? Kamu sudah paham apa itu hotspot? Semoga artikel yang Dewaweb rangkum bermanfaat untuk kamu, ya. Selamat beraktivitas!