Buat Website Mudah dengan Wix! Ini Pengertian & Kelebihannya

Buat Website Mudah dengan Wix! Ini Pengertian & Kelebihannya

Wix adalah platform pengembangan situs web yang cukup populer dan inovatif. Platform ini memungkinkan kamu untuk membangun website responsive secara mudah dan cepat.

Sayangnya, banyak orang mengira bahwa membuat website itu memerlukan kemampuan khusus seperti coding. Padahal, kamu dapat membuatnya dari nol tanpa kemampuan pemrograman sama sekali menggunakan Wix.

Bagi kamu yang ingin mengetahui Wix lebih dalam, Dewaweb akan jelaskan informasi penting seputar platform ini termasuk kelebihan dan kekurangannya. Yuk, simak pembahasannya sampai akhir!

Apa itu Wix?

wix adalah

Aplikasi Wix adalah platform web builder berbasis cloud yang digunakan untuk memudahkan pengembangan website. Platform ini sangat mudah dipelajari sehingga cocok bagi pemula yang tidak mempunyai keahlian coding mendalam.

Wix memiliki alat modifikasi website yang user-friendly. Untuk memindahkan atau mengedit konten, kamu hanya perlu menggunakan fitur drag and drop. Artinya, semua yang kamu perlukan terkait modifikasi bisa dilakukan dengan mudah.

Selain praktis, Wix juga menyediakan seluruh komponen tampilan guna membantu user mengembangkan website lebih cepat. Beberapa jenis situs yang bisa dibuat melalui platform ini di antaranya seperti toko online, marketplace, company profile, portofolio, dan banyak lagi.

Apakah Wix termasuk CMS? Tidak, Wix bukanlah content management system (CMS) tradisional layaknya WordPress, Drupal, atau Joomla.

Meskipun tidak diklasifikasikan sebagai CMS, namun Wix memiliki beberapa fitur dasar yang mirip dengan CMS. Misalnya, platform ini memungkinkan kamu membuat, mengedit, dan mengelola seluruh konten.

Perbedaan utamanya terletak pada pendekatan, di mana Wix lebih terfokus pada end user yang tidak memerlukan pengetahuan teknis. Sedangkan, CMS tradisional menawarkan lebih banyak fleksibilitas untuk pengguna yang lebih mahir secara teknis.

Baca Juga: Perbedaan Wix vs WordPress

Kelebihan dari Wix

Wix merupakan salah satu platform website builder populer yang banyak digunakan oleh pengguna. Hal ini tidak lepas dari kelebihan yang ditawarkannya dalam web development. Berikut beberapa kelebihannya:

1. Memiliki banyak template website

Wix website builder menyediakan koleksi template yang luas sehingga memberikan banyak opsi tampilan sesuai kebutuhan pengguna. Terdapat lebih dari 800 template yang bisa diterapkan untuk berbagai kategori, mulai dari toko online, pariwisata, berita, kecantikan, dan banyak lagi.

Baca Juga: Template WordPress Untuk Website Portofolio

2. Konfigurasi mudah

Seperti yang telah disebutkan bahwa Wix pada dasarnya dirancang untuk pengguna yang tidak memiliki kemampuan coding. Platform ini memiliki interface intuitif serta fitur drag and drop untuk memudahkan pengguna membuat dan mengedit situs.

Menambahkan konten visual, audio, teks, mengganti font, dan sebagainya bisa kamu lakukan hanya dengan beberapa klik atau menggesernya saja.

Kemudahan konfigurasi ini menjadi kelebihan utama Wix mengingat kebanyakan website builder memerlukan proses yang lebih rumit dan fleksibel.

Baca Juga: Konfigurasi IMAP, POP3, dan SMTP untuk Email Hosting, Gmail, dan Yahoo Mail

3. Mendukung multi device

Selain kemudahan konfigurasi, Wix juga mendukung pembuatan website responsif dan multi device. Artinya, platform ini dirancang agar website dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan mobile.

4. SEO Friendly

Bukan sekadar membangun situs, Wix juga menyediakan tools untuk meningkatkan performa search engine optimization (SEO). Platform ini mendukung praktik dasar SEO seperti pengelolaan tag header, meta tag, deskripsi halaman, dan sebagainya.

Selain itu, Wix menyediakan indexing tools dan fitur pembuat sitemap otomatis guna memudahkan mesin pencari seperti Google memahami struktur dan isi konten lebih baik.

Baca Juga: Kriteria Desain Web yang SEO Friendly

Kekurangan dari Wix

Terlepas dari kelebihan yang ditawarkan, Wix website builder memiliki sejumlah kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut beberapa kekurangannya:

1. Penyimpanannya terbatas

Storage adalah aspek penting dalam pengembangan dan pengelolaan website. Tanpa media penyimpanan ini, situs dipastikan tidak dapat berjalan karena file tidak dapat disimpan.

Salah satu kekurangan aplikasi Wix adalah adanya limit atau batas kapasitas penyimpanan. Untuk versi gratis, platform ini hanya menyediakan kapasitas maksimal sampai 500 MB saja.

Batas penyimpanan tersebut tergolong sangat kecil, bahkan untuk ukuran penggunaan blog pribadi.

Storage mungkin akan cepat penuh hanya dengan mengunggah beberapa postingan. Buruknya, hal ini bisa berdampak buruk terhadap SEO karena performa website menjadi lambat akibat dari habisnya ruang penyimpanan.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Data

2. Harga fitur relatif mahal

Aplikasi Wix adalah platform gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membangun website. Namun, versi gratis ini memiliki banyak keterbatasan sehingga kamu perlu membayar jika ingin menikmati fitur lebih lengkap.

Wix menawarkan paket layanan dengan fitur dan kapasitas bervariasi. Sayangnya, dibandingkan beberapa platform lain, harga Wix versi berbayar relatif lebih mahal bagi beberapa pengguna.

Baca Juga: 10 Cara Cek Harga Website Paling Praktis dan Mudah, Wajib Tahu

Kesimpulan

Wix adalah salah satu solusi termudah yang layak dipertimbangkan jika ingin membuat website tanpa skill pemrograman dan pengetahuan teknis mendalam.

Kamu dapat memanfaatkan versi gratisnya untuk memulai. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh gambaran yang lebih baik tentang platform ini sebelum melanjutkan ke versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Sudah siap membuat website sendiri? Jangan lupa gunakan hosting dan domain berkualitas dari Dewaweb, ya! Dengan fitur dan layanan yang andal, Dewaweb akan mendukung situs web kesayanganmu dengan performa dan keamanan super tinggi. Yuk, coba Dewaweb sekarang!