Pengertian Ghost CMS & Manfaatnya untuk Para Blogger

Pengertian Ghost CMS & Manfaatnya untuk Para Blogger

Ghost CMS adalah sebuah platform open source yang dibangun dari framework Node.js untuk membuat konten bagi para blogger. Sama seperti CMS lainnya WordPress atau Joomla, Ghost CMS mampu menunjang para blogger untuk membuat konten di website-nya.

Meski tak kalah canggih dengan berbagai CMS tersebut, namun masih banyak yang belum tahu apa itu Ghost CMS, fitur Ghost node, hingga keunggulan yang dimilikinya. Maka dari itu, yuk simak artikel Dewaweb ini karena kita akan membahas secara lengkap tentang Ghost CMS!

Apa itu Ghost CMS?

Ghost CMS adalah salah satu content management system yang dibangun untuk mempublikasi konten, CMS ini dibangun dengan framework node.js dan menghasilkan platform yang open source, ringan, dan fleksibel digunakan. 

Platform Ghost diluncurkan pada tahun 2013, saat itu John O’Nolan melihat CMS seperti WordPress memiliki terlalu banyak fitur yang cukup memberatkan jika hanya untuk sekedar blogging.

Maka dari itu, ia membangun platform yang lebih ringan dengan node.js dan JavaScript hingga akhirnya lahirlah Ghost CMS. 

Sampai saat ini, Ghost sudah diinstal lebih dari 3 juta kali dengan total pengguna aktif yaitu 10 ribu pengguna. Bahkan, beberapa perusahaan besar seperti Mozilla, Duolingo, Cloudflare, dan yang lainnya juga menggunakan CMS ini.

Hal ini menunjukkan bahwa Ghost CMS memiliki potensi besar menjadi salah satu CMS populer untuk blogging. 

Jika kamu tertarik menggunakannya, kamu bisa gunakan Ghost CMS secara gratis dengan hosting pribadi atau gunakan layanan Ghost Pro mulai dari $9 /bulannya.

Baca Juga: Mengenal CMS Drupal, Keunggulan, Fungsi dan Cara Instalasinya

Fitur Ghost CMS

Setelah mengetahui apa itu Ghost CMS dan bagaimana platform tersebut akhirnya dibangun, kamu juga perlu tahu apa saja fitur Ghost CMS yang mampu membantu dalam pembuatan konten. Berikut diantaranya. 

1. Advanced Creator Tools

Fitur Ghost nodejs yang pertama adalah advanced creator tools, fitur ini digunakan untuk melakukan edit pada konten yang akan dipublikasikan, pada fitur ini terdapat beberapa sub-fitur lainnya yaitu.

  • Intelligent links: fitur yang digunakan untuk memasukan link dengan cara menyorot teks yang akan disisipkan link.
  • Image card: fitur untuk resize gambar secara otomatis sehingga ukurannya tidak terlalu besar.
  • Gallery card: fitur untuk menampilkan beberapa gambar sekaligus dalam bentuk kolase atau seperti galeri.
  • Embed card: fitur untuk menyisipkan konten dari platform lain seperti Youtube, Instagram, hingga Spotify.
  • Unsplash card: fitur untuk mencari gambar dari situs Unsplash tanpa perlu mengunjungi situsnya.

2. Native Analytics

Seperti namanya, native analytics adalah fitur Ghost Node.js yang digunakan untuk memudahkan pemilik situs dalam menganalisis performa konten hingga mengukur tingkat engagement dengan audiens. 

Pada fitur ini, kamu juga bisa mengetahui siapa saja yang terdaftar sebagai member dan member yang paling sering membuka newsletter

Baik versi gratis maupun pro pada Ghost CMS, kamu tetap dapat menikmati fitur native analytics secara default.

3. Subscription Commerce

Subscription commerce adalah fitur gratis Ghost yang memungkinkan kamu membuat konten premium. Konten ini nantinya hanya dapat diakses oleh pengguna yang berlangganan konten premium kamu saja.

Untuk berlangganan konten premium, pengunjung mau tidak mau harus membayar biaya langganan tersebut. Sehingga dari sini kamu akan mendapatkan uang dari hasil blogging.

4. Ghost Integrations

Ghost CMS adalah platform yang tidak menyediakan tambahan plugin untuk fungsi khusus. Namun, meski begitu terdapat fitur Ghost Integrations, fitur ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan Ghost dengan berbagai layanan pihak ketiga seperti Slack, Twitter, Spotify, Instagram, dan berbagai layanan lain.

Selain itu, kamu juga dapat mengintegrasikan secara manual lewat API JSON pada masing-masing layanan.

Baca Juga: 10 Pilihan CMS Website Terbaik untuk Kelola Situs Web

Keunggulan Ghost CMS

Selain karena memiliki berbagai fitur yang mampu membantu dalam publikasi konten, CMS ini juga memiliki sederet keunggulan yang membuat kamu harus menggunakan platform ini. Di bawah ini beberapa keunggulan Ghost CMS, diantaranya sebagai berikut.

1. Builder yang simple dan user friendly

Pada tampilan pembuatan konten atau builder-nya, jenis CMS ini menerapkan full screen mode secara default. Hal ini bertujuan untuk menghindari distraksi pada pengguna terhadap hal-hal detail yang terdapat pada fitur advanced.  Sehingga kamu bisa lebih fokus dalam menyusun konten. 

Builder dengan model seperti ini terkesan lebih simple, serta mudah digunakan oleh seluruh pengguna sekalipun masih pemula.

2. Performa lebih cepat

Seperti yang disebutkan di atas, jenis CMS ini dibangun menggunakan node.js karena unggul dalam kecepatan hingga fleksibilitas kerja. Oleh karena itu, Ghost memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan CMS lainnya. Hal ini juga dipengaruhi karena minimnya fitur-fitur yang memberatkan pada platform tersebut.

3. Fitur SEO lengkap

Keunggulan lainnya dari Ghost CMS adalah fitur SEO-nya yang cukup lengkap, kamu bisa menemukan fitur XML sitemap, integrasi Google AMP, schema markup, dan masih banyak lagi. 

Dengan demikian, Ghost Node.js mampu menjadi alternatif platform penerbitan konten dengan tetap memprioritaskan SEO.

Baca Juga: 13 Cara Optimasi SEO WordPress guna Meningkatkan Ranking

Kesimpulan

Ghost CMS adalah sebuah platform open-source penerbitan konten yang dibangun dari framework Node.js dan JavaScript. Platform ini dapat digunakan secara gratis dengan hosting pribadi, meskipun gratis Ghost Node.js ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang dapat mengoptimalkan publikasi konten kamu. 

Bagi kamu yang tertarik dalam publikasi konten atau topik sejenis, kunjungi blog Dewaweb dan temukan berbagai jenis artikel menarik lainnya tentang CMS, website, hingga SEO. Yuk, tunggu apa lagi? Ikuti terus update-nya agar kamu tak ketinggalan artikel-artikel terbaru kami!