bisnis digital featured image

15 Ide Bisnis Digital Paling Menguntungkan yang Wajib Dicoba

Sedang mencari ide untuk memulai bisnis? Kamu bisa coba merambah ke bisnis digital.

Bisnis digital adalah jenis bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk membuat produk dan memasarkannya. Kini, hampir semua bisnis memanfaatkan teknologi digital untuk berkembang.

Tren bisnis digital menjadi jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Siapa saja bisa menjalankannya dan peluang masih terbuka lebar. Berikut ini berbagai ide bisnis digital yang memiliki peluang yang bagus untuk kamu coba. Yuk disimak!

1. Membuka Toko Online

Toko online sepertinya sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat saat ini. Banyak orang memulai bisnis di dunia digital dengan membuka toko online.

Kamu bisa membuka toko online di berbagai kanal, seperti media sosial, marketplace, hingga website. Dari semua pilihan tersebut, membuat toko online sendiri dengan website adalah pilihan yang paling tepat.

buat website toko online di dewastore

Jangan lupa, pilih layanan hosting terbaik untuk website toko online kamu. Cloud hosting Dewaweb merupakan layanan hosting nomor 1 di Indonesia, mampu membuat website kamu cepat, aman, dan bisa diandalkan untuk berbagai keperluan.

Selain itu, kamu juga tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membuat toko online. Cukup dengan Rp99 ribu/bulan, kamu dapat membuat toko online dengan berbagai fitur seperti:

  • Upload produk tak terbatas
  • Kalkulator ongkos kirim otomatis
  • Pengaturan metode pembayaran
  • Gratis domain untuk toko online

Menarik, bukan? Kamu dapat mulai membuat toko online sekarang juga, loh. Kunjungi Dewastore untuk informasi lebih lanjut, ya!

Eits, kamu tak perlu khawatir kesulitan membuat toko online. Kami sudah menyiapkan panduan lengkapnya di artikel berikut ini:

Panduan Lengkap Membuat Website Toko Online bagi Pemula

2. Jasa Membuat Website

Kalau kamu seorang web developer, ini bisa jadi ide bisnis yang tepat. Saat ini, website banyak dibutuhkan, baik untuk kalangan bisnis, perusahaan, bahkan personal.

Untuk itu, menawarkan jasa pembuatan website adalah salah satu ide bisnis yang potensial. Selain potensial, bisnis ini memungkinkanmu untuk bisa bekerja dengan lebih fleksibel, dari mana, dan kapan saja.

Meski kini banyak fitur yang memudahkan orang awam untuk membuat website sederhana, diperlukan keahlian khusus seorang web developer untuk membuat website dengan kustomisasi yang lebih rumit.

Jika kamu ingin memulai usaha jasa pembuatan website, baca artikel di bawah ini untuk mempelajari langkah-langkah pembuatan website:

Langkah-Langkah Membuat Website dari Nol Hingga Jadi

3. Menjadi Blogger

bisnis digital - menjadi blogger

Ide bisnis digital selanjutnya adalah menjadi seorang blogger. Tak sedikit publik figur sukses yang mengawali karirnya dengan ngeblog. Kamu pun juga memiliki kesempatan yang sama untuk sukses dengan blog.

Cara mulai membuat blog sangat mudah. Kamu hanya perlu mendaftar ke situs penyedia layanan website seperti WordPress, Blogger, atau Wix. Supaya blog / website kamu lebih aman dan cepat, pilih paket hosting website terbaik dari Dewaweb mulai dari Rp20 ribu/bulan.

Isilah blog dengan artikel, ulasan, atau tips yang bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa juga perhatikan dari segi SEO-nya. Jika jumlah pengunjung sudah meningkat, kamu bisa memasang iklan dengan Google AdSense untuk memperoleh penghasilan.

Baca Juga: 20+ Contoh Website dan Blog Pribadi Kreatif untuk Inspirasimu

4. Private Tutor Online

bisnis digital - tutor online

Kalau kamu memiliki pengetahuan di bidang tertentu, menjadi private tutor online adalah opsi yang bagus. Saat ini banyak aplikasi yang memudahkan untuk melakukan pembelajaran secara online.

Ini adalah cara untuk menambah penghasilan dengan modal yang relatif kecil. Hanya perlu memanfaatkan koneksi internet dan perangkat yang memadai untuk melakukannya. Pekerjaan ini cocok bagi para mahasiswa tingkat akhir yang sedang menunggu kelulusan.

5. Menjadi Digital Influencer

bisnis digital - influencer

Sering aktif di media sosial dan memiliki banyak followers? Tak ada salahnya mencoba menjadi seorang digital influencer.

Kamu bisa manfaatkan waktu yang dihabiskan di medsos untuk memperoleh penghasilan tambahan. Banyak hal positif yang bisa dibagikan lewat sosmed. Sebaiknya kamu memilih niche tertentu untuk konten medsos, misalnya tentang kuliner, fotografi, travelling, atau fashion.

Susunlah konten yang menarik dengan memperhatikan segi estetikanya. Jika followers sudah meningkat, kamu bisa saja mendapat tawaran kerja sama baik dalam bentuk postingan atau review berbayar.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Feed Instagram Kamu Jadi Makin Menarik

6. Menjalankan Program Affiliate Marketing

Bisnis digital dengan modal kecil dan prospektif yang patut dicoba adalah menjalankan program afiliasi. Kamu hanya perlu mempromosikan produk atau jasa pihak tertentu, kemudian mendapatkan komisi setelah berhasil membawa pelanggan.

Bagi kamu yang tertarik, ada kabar baik nih untukmu! Dewaweb memiliki program afiliasi yang bisa kamu ikuti dengan komisi yang menarik! Lihat info selengkapnya di Dewaweb Affiliate Program.

Affiliate Marketing Dewaweb

7. Jasa Desain Grafis

Bagi kamu yang punya keahlian desain grafis, menawarkan jasa mendesain adalah pilihan tepat. Kamu tidak hanya mendapat penghasilan, tapi juga sekaligus meningkatkan skill dan menambah koneksi. Tawarkan jasa desainmu lewat situs-situs freelancer, seperti FiverrUpwork, Freelancer, dan sebagainya.

Sebelumnya, pastikan kamu sudah menyusun portofolio terbaik agar calon klien dapat melihat hasil karya yang telah kamu buat. Kamu bisa melihat contoh-contoh web portofolio terbaik yang bisa menginspirasi kamu dalam membuatnya.

Baca Juga: 10 Template WordPress Untuk Website Portofolio

8. Memulai Channel YouTube

Mencoba peruntungan di YouTube adalah salah satu ide usaha digital yang bisa kamu coba. Mengelola channel YouTube dengan berbagai konten terbukti mampu menambah penghasilan.

Faktanya, penghasilan salah satu YouTuber cilik (Ryan Kaji) mencapai angka US$29,5 juta atau setara Rp426 miliar di tahun 2019. (via Forbes). Tak heran, menjadi YouTuber adalah impian banyak orang saat ini.

bisnis digital - youtuber ryan kaji

Jika ingin memulai, fokuslah untuk membuat konten-konten bermanfaat dan menarik untuk diunggah. Lama-kelamaan, channel kamu akan berkembang dan bisa mendapat penghasilan lewat iklan atau review berbayar.

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk YouTuber, Gratis!

9. Bisnis Dropshipping

Bisnis dropshipping memiliki konsep menjual barang dari toko lain dengan mengatasnamakan toko kamu sendiri. Maksudnya, kamu hanya sebagai perantara antara pembeli dan penjual lain. Jadi, saat ada pelanggan yang memesan barang melaluimu, penjual baranglah yang akan mengirimkan pesanan tersebut.

Dropshipping

Langkah awal menjadi dropshipper adalah menemukan supplier barang dengan harga kompetitif. Kamu dapat menjadi seorang dropshipper dengan cara membuka toko online sendiri dan mengambil barang dari toko supplier.

Sebagai dropshipper, kamu tidak perlu menyetok barang, bahkan kamu bisa mengatur sendiri jam operasional toko online-mu dan melakukannya dari mana saja asalkan ada koneksi internet.

10. Menjadi Penerjemah

Punya kemampuan berbahasa asing? Menjadi translator bisa jadi ide bisnis yang cocok untukmu.

Meski penerjemah bukanlah hal yang baru, namun permintaan penerjemahan kini semakin banyak dan tidak terbatas pada bahasa Inggris saja. Banyak orang / perusahaan yang memerlukan jasa translator untuk menerjemahkan dokumen atau teks-teks penting.

Kamu bisa menawarkan jasamu ini di berbagai situs freelance yang tersedia di internet. Apabila kamu memiliki kemampuan berbahasa selain bahasa Inggris dan Indonesia, kamu punya peluang sukses yang lebih besar.

11. Menawarkan Jasa di Situs Freelance

Dalam dunia bisnis digital, setiap orang bisa menawarkan produk bahkan keahliannya kepada pasar yang lebih luas. Contohnya, dengan menawarkan jasa di situs freelance, kamu bisa mendapatkan klien dari berbagai belahan dunia.

Sesuaikan apa yang kamu jual dengan keterampilanmu, contohnya tawarkan keahlian menulis, editing, desain, dan sebagainya. Kamu bisa menawarkan jasa di berbagai situs freelance seperti Fiverr, Freelancer, dan Sribulancer.

Baca Juga: 11 Situs Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya

12. Membuka Jasa Periklanan Digital

Jika berpengalaman di bidang ads, membuka jasa periklanan digital menjadi salah satu peluang bisnis untukmu.

Ada banyak platform periklanan digital yang bisa kamu manfaatkan, seperti Google Ads, Google AdMob, dan berbagai media sosial yang menyediakan fitur ads. Kamu bisa menyasar bisnis yang belum mengenal digitalisasi usaha sebagai target pasar.

Untuk memperdalam skill di bidang digital ads, kamu bisa gunakan platform Google Digital Garage, Facebook BlueprintHubSpot Academy, dan Coursera.

13. Konsultan SEO

Kalau punya keahlian di bidang SEO, kamu bisa saja menawarkan jasamu sebagai konsultan SEO untuk sebuah perusahaan.

Bagi website yang bertujuan untuk bisnis/perusahaan, peran SEO sangatlah penting. Selain mendatangkan trafik ke website, dengan teknik SEO yang bagus, sebuah bisnis bisa meraih konversi yang besar.

Saat ini semua orang memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan informasi mengenai banyak hal. Baik saat hendak membeli sebuah produk, atau bahkan mencari layanan. Kamu bisa membantu calon klien agar bisnis mereka makin sukses dengan teknik SEO yang kamu kuasai.

Baca Juga: Apa Itu Passive Income, Tips, dan Cara Mendapatkannya?

14. Menjual Stok Foto

Bagi yang gemar fotografi, tak ada salahnya mencoba menambah penghasilan dengan cara menjual stok foto.

Kini, ada berbagai aplikasi yang menyediakan layanan untuk menjual stok foto, seperti Contributor by Getty Images, Shutterstock Contributor, dan sebagainya. Untuk menjual foto di aplikasi tersebut, tentunya kualitas foto harus dijaga dengan resolusi yang bagus.

Terapkan pengetahuan teknik dalam fotografi dan editing agar gambar yang dihasilkan jadi lebih menarik. Foto-foto yang kamu hasilkan nantinya akan dibeli oleh pihak lain untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: 14 Strategi Promosi Terbaik untuk Mengembangkan Bisnis

15. Menjual Produk Digital

Kamu juga bisa menjual produk-produk digital, seperti ebook, audio, dan video secara online. Produk dalam bentuk digital saat ini banyak peminatnya. Contohnya bisa kamu temui di beberapa website yang menyediakan panduan-panduan berbentuk ebook.

Bagi yang hobi bermusik, kamu bisa menjual lagu produksi sendiri di situs penyedia layanan menjual lagu, seperti dittomusic, distrokid, tunecore, cdbaby, dan sebagainya.

Baca Juga: 14 Ide Bisnis Modal Kecil dengan Potensi Sukses Besar

Sudah Menemukan Bisnis Digital yang Cocok Untukmu?

Itu dia beberapa contoh ide bisnis digital yang bisa menjadi inspirasi untukmu memulai usaha. Semua ide bisnis di atas memiliki peluang yang besar jika dijalankan dengan tekun dan serius. Bisnis di dunia digital masih sangat potensial untuk dijalankan.

Semoga artikel ini membantumu dalam menemukan inspirasi bisnis ya! Kamu juga bisa cek di blog Dewaweb untuk menemukan berbagai artikel informatif dan bermanfaat. Salam sukses online!