Apa itu Weebly? Ini Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa itu Weebly? Ini Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Weebly adalah platform website builder populer yang memungkinkan kamu membuat situs web dengan atau tanpa pengetahuan teknis mendalam. Platform ini merupakan salah satu solusi termudah membangun website profesional tanpa coding.

Hadir dengan antarmuka sederhana, Weebly builder adalah pilihan ideal bagi individu, bisnis, atau organisasi yang ingin membuat website tanpa ribet.

Mulai tertarik menggunakan Weebly? Yuk, cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya di artikel ini!

Apa itu Weebly?

Weebly adalah platform pembuatan website (website builder) yang digunakan untuk membangun blog atau website tanpa perlu pengetahuan mendalam tentang pemrograman atau desain web.

Weebly memiliki interface sederhana untuk memudahkan user memahami fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Jadi, kamu dapat menyesuaikan layout, konten, atau elemen seperti teks, gambar, dan video secara lebih praktis.

Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam web development, kamu tetap bisa mengedit template dengan cara mengubah kode HTML dan CSS-nya.

Dengan kata lain, Weebly builder adalah platform yang cocok untuk semua kalangan, baik pemula maupun profesional.

Beberapa contoh website Weebly yang cukup terkenal adalah Mint Mobile, California Science Center, Stella Valle, dan banyak lagi.

Weebly sendiri tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Jika keduanya dibandingkan, versi berbayar tentu menawarkan fitur lebih lengkap daripada versi gratis.

Berdasarkan detail biayanya, Weebly dikategorikan menjadi beberapa layanan, di antaranya:

  • Weebly Free: Merupakan versi gratis yang memungkinkan kamu membuat dan menghosting website dengan batasan tertentu, seperti iklan, subdomain Weebly, dan kapasitas penyimpanan maksimal 500MB.
  • Weebly Connect: Berada satu tingkat di atas versi gratis dengan biaya bulanan sebesar US$ 5. Layanan ini memungkinkan kamu menghubungkan domain pribadi dengan website Weebly, menambahkan fitur dasar, dan menghilangkan iklan.
  • Weebly Pro: Merupakan versi berbayar dengan biaya bulanan sebesar US$ 12. Layanan ini menawarkan akses ke fitur lanjutan, seperti penyimpanan lebih besar, e-commerce, menghapus iklan, dukungan pelanggan, dan sebagainya.
  • Weebly Business: Merupakan versi berbayar dengan biaya langganan US$ 25 per bulan. Layanan ini memiliki fitur lanjutan untuk membuat website layaknya marketplace besar, seperti keranjang belanja, integrasi pembayaran, dukungan SEO advanced, dan analitik.

Baca Juga: 10 Website Builder Gratis Wajib Coba untuk Buat Website

Kelebihan Weebly

Weebly website builder adalah platform pengembangan situs web yang populer berkat segudang kelebihannya. Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan platform ini.

1. Tersedia berbagai macam template website

Weebly menyediakan template yang eye catching, mulai dari desain sederhana hingga full color. Semuanya dirancang responsif dan memungkinkan situs diakses dengan baik melalui berbagai perangkat.

Setidaknya, terdapat lebih dari 60 template yang bisa dipakai secara gratis. Hal ini memberikan pengguna lebih banyak opsi untuk menentukan tema yang cocok dengan website.

Baca Juga: 10+ Website Infografis Terbaik, Buat Infografis Jadi Praktis!

2. Berkesempatan memilih nama domain

Kelebihan lain Weebly adalah kamu berkesempatan memilih nama domain. Platform ini menawarkan domain gratis dengan subdomain Weebly, contohnya “domainkamu.weebly.com”.

Namun, kamu juga memiliki opsi untuk membeli domain kustom tanpa subdomain melalui layanan Weebly atau registrar domain eksternal.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

3. Punya elemen konten yang lengkap

Weebly memiliki elemen konten lengkap untuk membangun website yang cantik dan profesional. Elemen yang dimaksud meliputi teks gambar, audio, video, formulir, dan lain sebagainya.

Menariknya, kamu tidak perlu memasang perangkat lunak tambahan apa pun. Semua itu bisa kamu lakukan secara praktis dan cepat dari satu tempat saja.

4. Tersedia tools SEO

Website yang dibuat melalui Weebly dirancang agar SEO-friendly. Platform ini dilengkapi tools pendukung search engine optimization (SEO) untuk membantu meningkatkan traffic website di mesin pencari seperti Google.

Beberapa fitur yang berkaitan dengan SEO di antaranya yaitu sitemap otomatis, meta description, pemformatan HTML, pencarian keyword, integrasi Google Analytics, dan banyak lagi.

Baca Juga: 10+ SEO Tools Gratis untuk Optimasi Website Kamu

5. Adanya drag & drop builder

Sama seperti platform serupa pada umumnya, Weebly mempunyai fitur drag and drop untuk memudahkanmu membuat dan mengedit tampilan dengan cara menggeser elemen ke posisi yang diinginkan.

Baca Juga: 15 Plugin WordPress yang Wajib Diinstal di Website Kamu

Kekurangan Weebly

Weebly builder adalah platform yang memudahkanmu membuat situs tanpa coding. Meskipun memberikan banyak kelebihan, namun platform ini juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:

  • Belum mendukung hosting domain khusus. Jika menginginkan domain atau subdomain selain yang disediakan Weebly, kamu perlu membayar biaya tambahan dan menghostingnya secara terpisah.
  • Skalabilitas. Weebly pada dasarnya dirancang untuk website berskala kecil. Sebab, platform ini hanya dapat membuat 50 halaman saja.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Penyedia Blog Gratis Terpopuler, Harus Dicoba

Cara Membuat Website di Weebly

Setelah memahami kelebihan dan kekurangannya, sekarang giliran kamu untuk mulai membangun website. Tenang saja, membuat blog atau website di platform ini sangat mudah, kok! Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat akun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun. Caranya, kunjungi situs resmi Weebly, lalu klik Sign Up untuk mendaftar.

Weebly akan memberikan dua opsi model, pilih I just need a website untuk membuat blog pribadi, atau I need a website with an online store jika kamu ingin membuat toko online.

2. Pilih tema yang akan digunakan

Setelah memilih model, selanjutnya kamu harus menentukan tema yang cocok dengan tujuan website. Kamu dapat mengeksplorasi tema sesuai selera atau memilih template yang direkomendasikan.

Baca Juga: 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu

3. Tentukan nama domain

Selanjutnya, tentukan nama domain yang akan digunakan. Ada tiga opsi yang dapat kamu pilih, yaitu membuat domain kustom, menggunakan domain yang sudah ada, dan subdomain Weebly (gratis).

4. Buat desain web

Di tahap ini, kamu dapat mulai membangun desain halaman menggunakan fitur drag and drop. Tambahkan elemen seperti teks, gambar, video, dan lainnya serta atur layout-nya sesuai keinginan.

Baca Juga: Kriteria Desain Web yang SEO Friendly

5. Tambahkan apps

Weebly menyediakan aplikasi tambahan layaknya plugin WordPress untuk menunjang fungsionalitas website. Pilihlah aplikasi sesuai kebutuhan, seperti galeri, formulir, media sosial, dan sebagainya.

6. Pilih paket dan publikasi blog

Terakhir, pilih paket Weebly sesuai kebutuhan dan anggaran. Untuk mendapatkan hasil optimal, Weebly Business adalah paket paling bagus untuk segala jenis website.

Jangan lupa publikasikan blog atau website yang telah dibuat. Caranya, masuk ke dashboard lalu klik publish your website. Selamat! sekarang website-mu sudah tersedia secara online dan dapat diakses oleh pengunjung.

Baca Juga: Cara Membuat Website dan Blog di HP, Gak Perlu Komputer!

Kesimpulan

Weebly adalah salah satu opsi terbaik bagi kamu yang minim pengetahuan coding, namun ingin membuat website sendiri. Platform ini menyediakan template, fitur SEO, elemen, dan tools pendukung lainnya untuk mendukung website impianmu.

Terlepas dari itu, jika kamu mencari solusi terbaik untuk mengoptimalkan website, jangan lupa gunakan layanan hosting dan domain andal dari Dewaweb.

Dewaweb menawarkan performa dan keamanan tingkat tinggi untuk memastikan website berjalan lancar dan aman dari serangan siber. Sudah siap membangun website yang cepat, andal, dan aman? Yuk, beli hosting dan domain Dewaweb sekarang!