Market Share: Arti, Cara Menghitung, & Cara Meningkatkannya

Market Share: Arti, Cara Menghitung, & Cara Meningkatkannya

Market share adalah salah satu tolok ukur seberapa berkuasanya sebuah perusahaan. Maksud dari berkuasa di sini yaitu lebih unggul dibandingkan kompetitor dengan jenis produk yang sama. Adapun ukuran seberapa berkuasanya sebuah perusahaan dapat dihitung dari hasil pendapatan perusahaan sendiri. Makin besar angkanya maka perusahaan itu kemungkinan sudah berkuasa dalam market share atau pangsa pasar.

Untuk mengetahui apakah perusahaan kamu berhasil menjadi penguasa (leader) atau tidak, kamu dapat mengukurnya lewat hasil market share selama periode waktu tertentu. Nah, bagaimana cara menghitung market share? Kemudian bagaimana cara meningkatkan market share itu sendiri? Yuk langsung simak di sini!

Apa Itu Market Share?

Market share adalah hasil persentase penguasaan pasar sebuah perusahaan, yang diambil dari total penjualan industri tersebut. Market share ini sama artinya dengan pangsa pasar. Pangsa pasar adalah total penjualan perusahaan bila dibandingkan dengan penjualan di pasar.

Cara menghitung market share atau pangsa pasar yaitu persentase dari total penjualan perusahaan dalam periode tertentu, kemudian dibagi dengan total penjualan industri pada periode yang sama. Semakin besar hasil persentase market share perusahaan kamu, maka semakin besar pula kemungkinan menjadi leader dalam industri tersebut.

Selain itu, semakin banyak perusahaan yang ada pada industri maka semakin tinggi persaingannya. Agar kamu bisa mendapat gambaran yang lebih jelas, simak contoh berikut.

Dalam sebuah industri makanan, terdapat tiga perusahaan yaitu A, B dan C. Dalam satu tahun terakhir perusahaan A mendapat persentase 30%, perusahaan B 50%, dan C 20%.

Dari contoh tersebut, maka kamu bisa melihat bahwa hasil market share terbaik didapat oleh perusahaan B. Jadi, perusahaan B menjadi market leader atau perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar.

Setelah mengetahui pengertian market share dan seperti apa contohnya dalam bisnis. Selanjutnya, yuk ukur berapa hasil persentase market share perusahaan kamu.

Jenis-Jenis Market Share

Setelah membahas apa itu market share, kali ini kita akan membahas jenis-jenisnya antara lain sebagai berikut:

1. Value Market Share

Di dalam value market share, penghitungan persentase dilakukan berdasarkan pada total segmen penjualan. Ini berarti perusahaan menghitung persentase berdasarkan capaian harga. Angka value market share ini tidak selalu berbanding lurus dengan volume market share. Jadi, meski value market share bisnismu tinggi, tetapi belum tentu volume market share-nya juga tinggi.

2. Volume Market Share

Volume market share mengacu pada penghitungan jumlah total produk yang terjual di pasaran. Biasanya, seringkali volume market share lebih rendah daripada value market share-nya.

3. Revenue Market Share

Revenue market share adalah jenis pangsa pasar yang perhitungannya berdasarkan pada pendapatan kemudian dibandingkan dengan kompetitor. Artinya, revenue market share lebih fokus pada total uang yang dihasilkan dari penjualan produk. Angka revenue market share ini bisa menjadi persentase market share produkmu secara individu.

4. Customer Market Share

Customer market share adalah rasio jumlah pelanggan dibandingkan dengan jumlah seluruh pelanggan di sektor bisnismu. Jenis yang satu ini lebih banyak digunakan di sektor pekerjaan yang jumlah konsumennya benar-benar diperhatikan.

Cara Menghitung Market Share

Sebagai pemilik perusahaan, penting untuk mengetahui dan memantau persentase market share pada setiap periode. Karena hal ini akan berpengaruh pada kinerja dan pertumbuhan perusahaan. Cara menghitung market share adalah membagi jumlah penjualan perusahaan dalam satu periode dengan total penjualan pada industri tersebut.

Periode di sini bisa berupa kuartal, satu tahun atau beberapa tahun. Selain itu, untuk informasi terkait total penjualan dalam industri, kamu bisa mendapatkannya dari sumber yang kredibel seperti badan perdagangan atau langsung dari industri tersebut. Selanjutnya tinggal kamu langsung hitung saja.

Misalnya, kamu hendak menghitung market share perusahaan selama periode satu tahun dengan total penjualan perusahaan sebesar Rp50.000.000 dan total penjualan industri sebesar Rp150.000.000.

Maka cara menghitung market share seperti berikut.

Market share = (total penjualan perusahaan/total penjualan industri) x 100%

Dengan demikian, penghitungan market share perusahaan kamu adalah sebagai berikut:

Market share = (Rp50.000.000 : Rp150.000.000) x 100%
Market share = 33,3%

Jadi, persentase market share perusahaan selama satu tahun terakhir yaitu 33,3%. Artinya, perusahaan kamu menguasai 33,3% pangsa pasar industri tersebut.

Setelah mengetahui hasilnya, kamu bisa coba bandingkan dengan hasil kompetitor. Apakah sudah cukup besar atau belum, jika belum maka perusahaan perlu melakukan sesuatu untuk meningkatkan pangsa pasar.

Cara Meningkatkan Market Share Bisnismu

Apabila sebelumnya kamu sudah coba menghitung market share bisnis namun hasilnya masih rendah dan jauh dari target, maka sudah seharusnya kamu melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan persentasenya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan market share sebuah bisnis:

1. Memiliki unique selling point (USP)

Untuk memenangkan persaingan, produk yang kamu tawarkan harus lebih unggul dari kompetitor. Caranya bisa dengan menetapkan Unique Selling Point (USP) dari produkmu.USP sendiri merupakan hal yang membedakan produk kamu dengan produk kompetitor sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk kamu daripada milik kompetitor.

Baca Juga: Mengenal Unique Selling Point (USP) dan Contohnya bagi Bisnis

2. Inovasi dengan produk baru

Ketika bisnis atau perusahaan kamu mulai besar dan banyak pelanggan yang menggunakan. Maka coba untuk inovasi ke produk yang baru, jangan hanya berfokus pada produk sebelumnya saja.

Contohnya seperti perusahaan Gojek, awalnya mereka hanya berfokus pada jasa ojek online-nya saja. Sekarang, mereka terus memperluas produknya dengan kemunculan GoTix untuk pembelian tiket online, Go-Pulsa untuk pembelian pulsa dan masih banyak lagi. Dengan inovasi baru tersebut, pangsa pasar yang dapat mereka raih tentu lebih besar dan luas lagi.

3. Berikan pelayanan terbaik

Menjangkau konsumen yang baru memang penting, namun memastikan konsumen menjadi pelanggan juga harus tetap diperhatikan. Untuk mewujudkannya kamu harus memberikan pelayanan terbaik serta menjaga hubungan yang baik dengan konsumen.

Pelanggan yang setia bisa menjadi peluang untuk memperbesar market share karena mereka akan mempromosikan produk milikmu kepada teman, keluarga, tetangga, rekan kerja, bahkan hingga ke media sosial. Jadi, pastikan kamu sudah memberikan pelayanan terbaik.

4. Strategi marketing

Memanfaatkan strategi yang efektif bisa memudahkan bisnis untuk menjangkau konsumen, karena itu seorang pebisnis harus pandai menyusun strategi marketing. Misalnya menggunakan influencer atau seorang Key Opinion Leader (KOL) untuk menjadi brand ambassador. Kamu juga bisa memanfaatkan strategi promosi terbaik untuk membantu meningkatkan penjualanmu.

Baca Juga: Mengenal Strategi Cross Selling yang Mendatangkan Cuan

5. Perluas bisnis dengan digital marketing

Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas namun bisnismu belum juga berkembang, maka sudah saatnya melakukan pemasaran digital atau digital marketing yang sepenuhnya memanfaatkan saluran digital. Dengan begitu, biaya pemasaran seperti brosur, baliho, atau banner dapat dipangkas. Jadi, biaya pemasaran cenderung kecil namun untung yang didapat lebih besar.

Salah satu pemasaran digital yang paling umum dilakukan seperti membuat website khusus untuk berjualan dan strategi social media marketing. Adapun fungsi website untuk perusahaan sangatlah besar, salah satunya sebagai identitas. Dengan adanya website perusahaan, orang awam akan percaya bahwa brand kita resmi dan bukan abal-abal.

Jadi, secara tidak langsung ini akan membantu meningkatkan pangsa pasar perusahaan kamu. Sekarang, hampir semua perusahaan memiliki website bisnis, salah satunya perusahaan fintech bibit.id berikut ini.

website perusahaan bibit

Nah, apabila menjual sebuah produk, memiliki website toko online adalah jalan terbaik untuk meningkatkan market share. Jadi, ketika ada pelanggan yang sedang melihat website toko online kamu, mereka bisa langsung melakukan transaksi saat itu juga. Berikut adalah contoh website toko online berikut, yaitu milik Berrybenka.

website toko online Berrybenka

Mereka memberikan fitur website sedemikian rupa agar para pelanggan dapat bertransaksi dengan mudah dan nyaman. Hal ini akan mendatangkan lebih banyak konsumen dan semakin memperbesar market share.

Selain website, media sosial juga merupakan salah satu alternatif terbaik yang dapat membantu meningkatkan market share. Media sosial yang dapat digunakan juga beragam, di antaranya seperti yang saat ini sangat ramai digunakan yaitu Instagram, Twitter, dan Tiktok.

Ada banyak hal yang bisa perusahaan lakukan jika mereka memiliki akun resmi di media sosial. Contohnya seperti membagikan konten yang menarik dan related dengan produk, mengadakan giveaway dan masih banyak aktivitas lain.

Dari aktivitas tersebut, perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas lagi dan membangun engagement dengan konsumen. Intinya, jika kamu ingin mengembangkan usaha maupun meningkatkan pangsa pasar, digital marketing adalah kuncinya.

Baca Juga: 9+ Contoh Digital Marketing yang Bisa Sukseskan Bisnismu

Yuk Hitung dan Tingkatkan Market Share-mu!

Jadi, pangsa pasar atau market share adalah hasil persentase dari total penjualan perusahaan kamu dibagi dengan total penjualan industri pada periode waktu yang sama. Hasil perhitungan ini biasanya menjadi tolok ukur seberapa “berkuasanya” sebuah perusahaan dibandingkan kompetitor di industri sejenis.

Dengan menghitung market share kamu bisa menentukan apakah perusahaan atau bisnismu sudah cukup bersaing dengan kompetitor. Jika belum, kamu bisa mulai mempertimbangkan cara meningkatkan market share dengan beberapa cara di atas. Terpenting, pastikanlah untuk memanfaatkan digital marketing untuk memperluas jangkauan bisnismu.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!