Pengertian Leads & Jenis-Jenisnya dalam Digital Marketing 

Pengertian Leads & Jenis-Jenisnya dalam Digital Marketing 

Leads adalah orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk kamu, istilah leads sering muncul dalam dunia digital marketing namun seringkali masih banyak yang belum tahu arti sebenarnya.

Padahal leads memiliki peran penting dalam keberhasilan penjualan produk kamu, semakin tinggi leads maka semakin tinggi potensi orang yang membeli produk. Oleh karena itu penting untuk mengetahui pengertian leads, manfaat, dan cara mendatangkannya pada artikel Dewaweb kali ini!

Apa Itu Leads?

Leads adalah setiap orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Keberadaan leads menjadi penting karena orang-orang inilah yang nantinya berpotensi dapat menjadi pelanggan atau pembeli produk kamu.

Biasanya mereka akan meninggalkan informasi atau identitas yang dapat dihubungi. Sehingga bisnis dapat dengan mudah menghubungi mereka untuk mengirimkan informasi tentang produk. Kamu bisa mengirim info berupa diskon produk, artikel, atau yang lainnya.

Untuk mendapatkan leads tidaklah mudah, maka dari itu kamu harus melakukan beberapa strategi yang mampu mendatangkan leads. Kamu bisa mulai dari pembuatan konten yang menarik di website atau sosial media agar mereka mulai tertarik dengan produk bisnis kamu.

Baca Juga: Panduan Jitu Membuat Product Page untuk Meningkatkan Conversion Rate

Jenis-Jenis Leads

Terdapat empat jenis leads yang perlu kamu ketahui, masing-masing leads tersebut memiliki kategori calon pelanggan yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis dari leads.

1. Sales Qualified Leads

Sales qualified leads adalah orang-orang yang tertarik dengan produk yang ditawarkan, sehingga mereka memiliki keinginan untuk membeli produk bisnis kamu. Jenis leads ini biasanya lebih siap untuk melakukan transaksi.

Baca Juga: Tingkatkan Sales dan Engagement dengan Push Notification

2. Marketing Qualified Leads

Marketing qualified leads adalah orang yang sudah pernah bersinggungan langsung dengan bisnis yaitu melalui promosi yang pernah kamu lakukan. Namun, mereka belum sampai pada tahap pembelian. Dibandingkan dengan jenis leads lainnya, leads inilah yang paling berpotensi menjadi pelanggan.

Mereka hanya perlu sedikit keyakinan lagi untuk akhirnya benar-benar melakukan transaksi pada bisnis kamu. 

3. Product Qualified Leads

Jenis leads ketiga yaitu product qualified leads, merupakan orang yang sudah pernah menggunakan produk kamu sebelumnya, biasanya mereka mencoba dari free trial atau tester-nya.

Setelah mencoba tester tersebut mereka memiliki ketertarikan untuk menggunakan lagi dan melakukan pembelian produk dengan jumlah yang lebih besar.

4. Service Qualified Leads

Service qualified leads adalah jenis yang mirip dengan sebelumnya, hanya saja orang-orang pada jenis ini telah menggunakan layanan yang kamu tawarkan dan mereka tertarik untuk menggunakan layanan atau produk lainnya secara lengkap.

Baca Juga: Impression: Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Reach

Manfaat Leads

Setelah mengerti apa saja jenis-jenis leads yang ada dalam dunia marketing, selanjutnya kita akan membahas apa saja manfaat leads untuk bisnis yang harus kamu tahu.

1. Dapat meningkatkan penjualan produk

Manfaat pertama dari leads adalah memungkinkan bisnis untuk mengkonversi leads menjadi pelanggan produk mereka. Dengan demikian, dapat meningkatkan penjualan produk sehingga pendapat juga akan meningkat secara signifikan.

2. Mengenalkan tren pasar yang ada

Data leads mampu memberikan informasi tentang tren pasar serta kebutuhan pelanggan pada perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam merumuskan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.

3. Meningkatkan efisiensi pemasaran

Pengolahan leads secara efektif mampu meningkatkan efisiensi pemasaran produk. Dengan begitu, perusahaan dapat mengirimkan tawaran produk yang relevan kepada pengguna. Selain itu, perusahaan juga terhindar dari pengiriman tawaran produk yang tidak sesuai dengan target pasar.

Baca Juga: Mengenal Content Marketing: Pemasaran Efektif untuk Bisnis

4. Meningkatkan hubungan dengan customer

Data leads mampu memberikan informasi akurat tentang kebutuhan pelanggan serta apa yang disukai dan tidak oleh mereka, sehingga perusahaan mampu membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka.

Hubungan baik dengan customer memungkinkan perusahaan mendapatkan pelanggan yang loyalitas dan selalu menggunakan produk-produk kamu.

Baca Juga: Customer Experience: Pengertian, Ciri-Ciri dan Strateginya

5. Membantu mengembangkan strategi pemasaran

Manfaat terakhir dari leads adalah membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang tepat mampu memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan reputasi yang baik pada perusahaan. 

Baca Juga: 8 Strategi Social Media Marketing Paling Jitu untuk Bisnismu

Cara Mendatangkan Leads

Leads mampu mendatangkan banyak manfaat bagi bisnis, maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana cara mendatangkan leads pada bisnis kamu. Di bawah ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

1. Membuat landing page pada website

Landing page adalah halaman khusus pada website yang berisi penawaran produk serta formulir yang dapat diisi oleh calon pembeli. Melalui formulir ini, calon pembeli dapat menginputkan data diri serta kontak yang dapat dihubungi.

Kontak inilah yang nantinya digunakan perusahaan untuk menghubungi mereka sehingga bisnis akan mendapatkan leads.

2. Memanfaatkan sosial media

Adanya beragam platform yang tersedia saat ini memberikan keuntungan bagi bisnis. Manfaat media sosial yaitu menjadi salah satu sarana yang berperan penting dalam meningkatkan visibilitas suatu produk.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau yang lain, jika dimanfaatkan dengan benar mampu membantu kamu menjangkau calon pembeli dengan efektif dan efisien. Perlu kamu tahu bahwa media sosial memiliki strategi tersendiri sebagai sarana promosi produk.

Baca Juga: 10 Platform Media Sosial Terbaik untuk Bisnis Kamu

3. Membuat konten yang berkualitas

Melalui website atau sosial media, kamu dapat membuat konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas mampu menarik perhatian pengunjung dan mendatangkan insight baru.

Setelah itu, pada konten-konten yang menghasilkan insight tinggi, kamu dapat menganalisis lebih dalam untuk memaksimalkan konten tersebut ke depannya.

4. Menerapkan teknik copywriting

Copywriting adalah strategi yang pembuatan pesan singkat yang menarik agar pengunjung tergugah untuk melakukan tindakan yang diinginkan. 

Contohnya, kamu dapat menggunakan kalimat ajakan atau menawarkan promosi pada produk tertentu. Dengan demikian, pengunjung akan merasa terlibat dan dapat berinteraksi dengan situs web kamu dengan pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga: 15 Contoh Copywriting Headline untuk Meningkatkan Minat Beli

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah mengerti apa itu leads. Leads adalah setiap orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan dan berniat untuk melakukan transaksi. Dalam sebuah bisnis, leads memiliki peranan penting karena mampu meningkatkan penjualan produk.

Bagi kamu yang bisnisnya belum memiliki leads, ikuti beberapa langkah di atas untuk mendatangkan leads salah satunya yaitu dengan landing page website.

Pastikan kamu menggunakan domain dan hosting terpercaya pada website seperti Dewaweb. Dewaweb sedang menawarkan diskon hingga 45% bagi kamu para pengguna baru, dengan web server LiteSpeed Enterprise mampu memberikan kecepatan 40x lebih tinggi dari Apache web server serta didesain untuk menangani traffic yang sangat tinggi. Tunggu apa lagi, segera bergabung bersama puluhan ribu pengguna lainnya!