Pengertian MySQL, Fungsi, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Pengertian MySQL, Fungsi, Cara Kerja, dan Kelebihannya

MySQL adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) berbasis SQL yang bersifat open source. Jika DBMS adalah sistem manajemen database secara umum, RDBMS merupakan sistem pengelolaan database berdasarkan data yang saling berkaitan (memiliki relasi) dalam satu kelompok.

Adapun sistem manajemen database (DBMS) ini sangat diperlukan untuk mengelola semua data-data website, seperti username, password, tema, script, dan sebagainya. Di antara relational DBMS lainnya seperti PostgreSQL, MariaDB, Oracle DB, dan MongoDB, MySQL menjadi salah satu sistem manajemen database yang terpopuler dan sering digunakan.

Pada artikel ini akan membahas secara spesifik apa itu MySQL, fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangan, hingga bedanya dengan SQL. Langsung simak, ya!

Baca Juga: Pengertian Database, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu MySQL?

MySQL (baca: MY-ES-KYOO-EL) adalah sebuah sistem manajemen database relasional (Relational Database Management System – RDBMS) bersifat open source yang dikembangkan berdasarkan Structured Query Language (SQL).

Lebih mudahnya, MySQL merupakan sebuah software yang berfungsi untuk membuat dan mengelola berbagai informasi yang ada pada database di dalam sebuah server dengan bahasa pemrograman SQL.

MySQL didirikan oleh tiga orang Swedia bernama David Axmark, Allan Larsson, dan Michael Widenius. Software ini dikembangkan oleh perusahaan asal Swedia bernama MySQL AB pada tahun 1994. Setelah kurang lebih satu tahun pengembangan, versi stabil pertama MySQL muncul pada tanggal 23 Mei 1995.

Hak milik MySQL kemudian dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 2008. Kemudian, raksasa teknologi Amerika Oracle membeli perusahaan Sun Microsystems. Singkatnya, hak cipta MySQL berada di bawah kepemilikan Oracle.

Saat ini, MySQL merupakan salah satu pilihan database populer untuk berbagai tujuan seperti membuat dan mengelola database, penyimpanan data, mengelola transaksi e-commerce, pencatatan data, dan yang paling populer adalah sebagai database untuk website.

Baca Juga: Cara Membuat Database MySQL di cPanel Hosting

Fungsi MySQL

Sebuah website pastinya memerlukan berbagai jenis data seperti script, gambar, username, password, dan sebagainya untuk bisa berjalan dengan baik. Semua data-data tersebut akan tersimpan di dalam server.

Nah, di sinilah fungsi MySQL sebagai sistem manajemen database (DBMS) sangat diperlukan, yaitu untuk memudahkan pemilik website mengelola data-data penting website yang sudah tersimpan rapi di server dengan menggunakan bahasa pemrograman SQL.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Database WordPress di MySQL

Cara Kerja MySQL

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi MySQL, kamu juga perlu tahu cara kerjanya. Secara teknis, ada banyak sekali proses komputasi yang terlibat dalam kinerja RDBMS. Tetapi secara sederhana, berikut adalah cara kerja MySQL dalam sistem manajemen database:

  • Software membuat database untuk menyimpan dan memodifikasi data serta menentukan keterkaitan antara tabel-tabel yang ada di dalamnya.
  • Client memberikan perintah dengan instruksi spesifik dengan bahasa pemrograman SQL.
  • Server akan menjalankan perintah yang diterima dan menampilkan informasi tersebut di layar client.

Ilustrasi berikut menggambarkan proses kerja MySQL secara sederhana.

cara kerka MySQL

Kelebihan MySQL

Jika kamu bertanya-tanya mengapa kita harus menggunakan MySQL? Jawabannya karena MySQL adalah RDBMS dengan banyak kelebihan dibanding RDBMS lainnya. Itulah mengapa MySQL mampu menjadi salah satu sistem manajemen database terpopuler di pasarnya. Berikut ini beberapa kelebihan MySQL:

apa itu mysql

1. Bersifat open source

Kelebihan pertama yaitu MySQL bersifat open-source atau dengan kata lain, gratis dan bebas dikembang-gunakan oleh siapa saja. Kendati gratis, MySQL memiliki performa yang tidak dapat diragukan lagi.

2. Keamanan transaksi

Transaksi finansial pada sebuah sistem berbasis MySQL bekerja sebagai satu unit. Artinya, semua tahapan verifikasi transaksi wajib diselesaikan sebelum proses transaksi dianggap selesai dan sukses. Jika satu tahapan dalam proses transaksi mengalami kegagalan, maka transaksi tersebut akan dianggap tidak valid.

3. Fleksibilitas tinggi

Sebagai software yang bersifat open source, MySQL dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri tanpa perlu membayar sepeserpun. Kebebasan penggunaan tersebut sangat memudahkan perusahaan dan pengembang website untuk memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Ketersediaan andal

Ketersediaan layanan yang konsisten adalah salah satu hal yang menjadi alasan di balik kepopuleran MySQL. Software ini menawarkan berbagai kelompok server dan pengaturan untuk memastikan kelancaran akses.

MySQL didesain untuk menerima jutaan perintah dan ribuan transaksi sehingga website toko online, e-commerce, atau sistem lainnya dapat mengandalkan software ini.

5. Proses pemasangan cepat

Proses instalasi MySQL juga sangat mudah dan cepat. Kamu dapat mengunduh dan memasang software dalam waktu kurang dari 15 menit, terlepas dari model dan jenis sistem yang kamu gunakan.

6. Keamanan data perusahaan

Perlindungan data dan informasi sensitif tentu menjadi salah satu prioritas sebuah bisnis. Salah satu keunggulan MySQL yaitu memiliki fitur keamanan data yang ketat dengan berbagai metode perlindungan.

Selain enkripsi kuat yang dapat mencegah akses data tanpa izin, software ini juga memiliki sistem SSH dan SSL untuk memastikan koneksi yang lebih aman.

Kamu akan mendapatkan fitur yang membatasi akses server ke pengguna yang sudah memiliki otorisasi dan dapat memblokir perangkat pengguna tanpa otorisasi yang mencoba mengakses server. Alhasil, mereka tidak dapat mencoba kembali dengan perangkat yang sama.

7. Mendukung banyak pengguna

MySQL adalah sebuah database dapat diakses oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa membuatnya crash atau berhenti bekerja. Hal ini tentunya memudahkan pengerjaan proyek kolaboratif yang memerlukan banyak pengguna mengakses data secara bersamaan.

8. Tipe data variatif

Kamu dapat menggunakan berbagai macam data seperti float, integer, date, char, text, double, timestamp, dan masih banyak lagi dalam sebuah database yang diatur oleh MySQL. Ketersediaan variasi yang luas ini dapat mempermudah pengembangan database untuk mencakup berbagai informasi.

9. Dapat digunakan dengan spesifikasi rendah

MySQL dapat dipasang dan berjalan dengan lancar pada server dengan spesifikasi rendah. Tentunya ini sangat berguna untuk website atau toko online yang masih merintis dan tidak memiliki dana besar untuk server dengan spesifikasi tinggi.

10. Integrasi dengan bahasa pemrograman lain

Karena software yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman SQL, tentu saja integrasi bahasa SQL adalah yang paling tepat untuk digunakan pada MySQL.

Tetapi sebuah website seringkali dikembangkan menggunakan beberapa bahasa pemrograman lain. Kamu dapat mengintegrasikan MySQL dengan berbagai bahasa pemrograman seperti C++, NET, ODBC, Python, Node.js, JavaScript, dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia

11. Software portable dan praktis

Kelebihan lain dari MySQL yaitu sifatnya yang portable. Artinya, sistem database di dalamnya dapat diambil dan dikelola dalam berbagai platform dan sistem operasi.

Portabilitas ini tentunya menjadi faktor tambahan yang meningkatkan popularitas MySQL di kalangan para developer. Dengan keterbukaannya terhadap berbagai platform, maka cakupan penggunanya juga akan semakin meluas.

Baca Juga: Ingin Jadi Software Developer? Kuasai Skill Berikut Ini

Kekurangan MySQL

Kendati banyak kelebihan bukan berarti MySQL sempurna tanpa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan MySQL, di antaranya:

1. Kurang efisien untuk database besar

Kekurangan MySQL yang pertama yaitu memiliki masalah efisiensi saat digunakan untuk mengatur dan memanipulasi data dalam sebuah database berukuran besar. Hal ini tentunya membatasi penggunaan MySQL pada website yang memiliki aset dalam jumlah besar.

2. Kurang cocok untuk aplikasi game dan mobile

Developer game maupun aplikasi mobile biasanya tidak menggunakan MySQL karena dinilai kurang bagus untuk mengembangkan sistem aplikasi tersebut. Untuk itu, bagi developer yang ingin mengembangkan aplikasi game dan perangkat mobile, ada baiknya mempertimbangkan lagi jika ingin menggunakan MySQL.

3. Keterbatasan dukungan teknis

Sebagai sebuah software open source, dukungan teknis mengenai masalah-masalah terkait MySQL hanya dapat diperoleh dari sesama pengguna. Hal ini tentunya dapat menjadi hambatan dalam penyelesaian masalah.

4. Masalah stabilitas

Beberapa masalah stabilitas dalam mengeksekusi beberapa perintah, terutama dalam database berukuran besar juga sering ditemukan. Hal ini tentunya patut menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin membangun database menggunakan sistem MySQL.

Apa Perbedaan dari MySQL dan SQL?

MySQL dan SQL adalah dua hal yang berbeda tetapi memiliki keterkaitan satu sama lain. SQL adalah sebuah bahasa pemrograman query, sedangkan MySQL merupakan software sistem manajemen database yang menggunakan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL).

SQL sendiri dikembangkan pada era 1970-an menggunakan model relasional dari IBM oleh seorang ilmuwan komputer bernama Ted Codd. Pada dasarnya, Ted Codd mengembangkan SQL untuk memberikan perintah kepada server untuk melakukan sesuatu terhadap data yang tersimpan didalamnya.

Baca Juga: Cara Membuat Database MySQL di cPanel

Sudah Tahu Apa Itu MySQL?

MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang digunakan untuk manajemen (mengelola) semua data-data dan informasi penting sebuah website yang sudah tersimpan pada server.

MySQL menawarkan berbagai keunggulan dan fitur menarik sehingga menjadikannya salah satu sistem manajemen database terpopuler di dunia. Ketersediaan MySQL sebagai program open source juga berperan besar dalam meningkatkan popularitasnya di kalangan developer dan programmer.

Berbagai fitur keamanan yang dimiliki oleh MySQL juga menjadi solusi transaksi dan perlindungan data yang menjanjikan untuk para pemilik toko online, e-commerce, dan website secara umum.

Nah, keamanan data dan transaksi di situs kamu juga harus diperhatikan sehingga wajib menggunakan layanan cloud hosting website yang cepat, aman, dan dapat diandalkan seperti Dewaweb. Berstandar internasional ISO/IEC 27001, Dewaguard siap melindungi website kamu dari gangguan cyber crime selama 24/7 non-stop! Yuk coba Dewaweb sekarang!

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!