Domain XYZ: Arti, Kelebihan, Kekurangan, & Cara Mendapatkan

Domain XYZ: Arti, Kelebihan, Kekurangan, & Cara Mendapatkan

Pernah melihat sebuah website yang berakhiran domain .XYZ? Cukup asing bukan? Tapi ternyata, domain seperti ini sama seperti .com atau .net namun namanya lebih unik dan sangat fleksibel untuk segala jenis website.

Untuk mengetahui lebih dalam, langsung simak artikel ini. Kamu akan mengetahui arti XYZ, kelebihan, kekurangan, hingga cara mendapatkannya.

Apa Itu XYZ?

Domain .xyz adalah domain yang diciptakan oleh Daniel Negari dan mulai digunakan oleh publik pada Juni 2014. Domain ini dibuat sebagai alternatif pengganti dari .com. Menurutnya, ekstensi .com sudah terlanjur diasosiasikan dengan generasi tua atau boomer (generasi X) di mana saat itu internet baru pertama kali muncul.

Adapun ekstensi domain yang cukup unik ini hanya terdiri dari tiga huruf terakhir dalam susunan alfabet, yakni X, Y, dan Z. Maksud dari huruf-huruf tersebut mewakili tiga generasi, yakni generasi X (tua), Y (milenial), dan Z. Menurut Negari, begitu banyak inovator digital yang muncul dari tiga generasi tersebut.

Domain ini dapat digunakan untuk mewakili berbagai jenis situs web karena merupakan salah satu TLD paling fleksibel dan serbaguna. Artinya, domain xyz dapat digunakan oleh berbagai jenis organisasi, perusahaan teknologi, toko online, atau bahkan blog pribadi.

Lalu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah domain xyz itu aman? Sebenarnya, semua ekstensi domain itu aman-aman saja. Sebab, aman atau tidaknya sebuah domain berasal sumber daya dan penggunaan domain tersebut, bukan semata-mata dari ekstensi yang digunakan.

Jika domain tersebut sudah memiliki sertifikat SSL yang valid untuk menjamin keamanan komunikasi antara pengguna dan situs web, maka dapat dipastikan website tersebut aman. Pengguna juga harus memerhatikan reputasi dan sejarah domain tersebut, apakah pernah terdapat laporan perilaku jahat atau penipuan sebelumnya yang melibatkan ekstensi xyz atau tidak.

Baca Juga: Hati-Hati Scam! Ini Cara Mudah Mengecek Website Penipuan

Kelebihan Domain .XYZ

Berikut ini adalah daftar beberapa kelebihannya untuk bahan pertimbanganmu:

1. Mudah diingat karena unik

Mengingat penggunaan nama domain jenis ini masih terbilang sedikit, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendaftarkan nama domain unik sesuai keinginanmu. Ditambah lagi, jika nama domain pilihanmu diakhiri dengan ekstensi yang unik, para pengunjung bisa mengingatnya dengan mudah!

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

2. Harga lebih murah

Harga domain ini bahkan berkali-kali lipat lebih murah dari domain lainnya karena usianya yang masih baru, terlebih jika dibandingkan dengan .com atau .net.

3. Sudah terindeks Google

Kelebihan selanjutnya yaitu situs web yang menggunakan domain ini sudah terindeks oleh Google. Ini berarti bahwa situs web tersebut akan muncul di hasil pencarian ketika pengguna menggunakan mesin telusur Google.

Hal ini sangat penting bagi SEO website karena akan meningkatkan visibilitas dan traffic website. Namun, hanya memiliki situs web yang terindeks oleh Google saja belum cukup. Jika ingin muncul di peringkat teratas hasil pencarian, SEO website-mu harus dioptimalkan, baik itu secara on-page maupun off-page.

Baca Juga: Mengenal Apa itu SEO & Manfaatnya untuk Traffic Website

4. Tersedia banyak nama domain

Mengingat ekstensi ini belum banyak digunakan, maka tidak heran jika kamu akan mudah menemukan nama domain yang belum dipakai oleh orang lain. Jadi, kamu bisa lebih leluasa untuk mendapatkan exact match domain, yaitu nama alamat website yang sesuai dengan topik website yang diinginkan.

Baca Juga: Apa Itu Exact Match Domain dan Pengaruhnya untuk SEO?

5. Fleksibel untuk berbagai keperluan

Beberapa ekstensi domain mempunyai fungsinya masing-masing, misalnya .com yang digunakan untuk korporat atau komunitas, .org untuk organisasi, sampai .ac.id untuk instansi pendidikan di Indonesia. Namun, jika kamu melihat daftar website yang menggunakan ekstensi xyz, kamu akan melihat berbagai jenis website untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: Rekomendasi Ekstensi Domain untuk Keperluanmu

Kekurangan Domain .XYZ

Tak hanya kelebihan, ada pula beberapa kekurangan yang dimiliki ekstensi domain yang satu ini. Berikut beberapa kekurangannya:

1. Cenderung masih asing

Oleh karena penggunanya jauh lebih sedikit dari domain .com, ekstensi ini cenderung masih asing. Kendati demikian, karena penggunaan ekstensi domain yang masih sedikit ini kamu bisa mendaftarkan nama exact match domain sesuai niche dan topik website kamu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Niche Blog yang Populer & Menguntungkan

2. Murah di tahun pertama

Ekstensi domain ini memang ditawarkan dengan harga murah (berkisar Rp 25.000–Rp 75.000). Namun, harga tersebut hanya berlaku di tahun pertama, untuk tahun selanjutnya akan menjadi harga normal seperti harga domain lainnya.

Contoh Website dengan Domain XYZ

Yap, dare to be creative and unique sudah diterapkan oleh beberapa website berikut yang tidak takut menggunakan ekstensi domain .XYZ untuk berbagai keperluan website sesuai tujuan mereka masing-masing.

1. Daniel Negari – Blog Pribadi

website milik daniel negari

Tentu saja, Daniel Negari sebagai pendiri domain ini memiliki website dengan domain .XYZ, yaitu ceo.xyz. Adapun jenis website-nya adalah blog pribadinya yang menjelaskan perjalanan bagaimana dirinya mendirikan domain tersebut serta berbagai opini dirinya tentang sesuatu.

2. Emma Lewis – Portfolio

contoh website - emma lewis

Kamu bisa menjadikan website milik Emma Lewis sebagai inspirasi. Fotografer asal Britania Raya ini menggunakan domain XYZ sebagai akhiran pada website-nya. Tak hanya unik, tapi harga yang dibandrol juga terbilang murah untuk ukuran individu.

3. Alphabet – Brand  milik Google

contoh website - alfabet

Bahkan, Alphabet yang merupakan perusahaan bagian dari Google saja menggunakan ekstensi domain ini lho! Terbukti kredibel bukan? Website Alphabet ini dapat dikatakan memiliki nama website dan domain yang paling unik. Yap, alamat websitenya adalah abc.xyz yang merupakan penggabungan tiga alfabet awal dan akhir. Keren!

4. Organic Culture – Bisnis

contoh website domain xyz - organic culture

Berasal dari Bali, Organic Culture merupakan bisnis yang menjual acar timun organik. Bisnis ini telah berdiri sejak tahun 2015. Selain membudidayakan pertanian Indonesia, Organic Culture juga memanfaatkan website untuk memperluas bisnisnya menggunakan domain XYZ.

5. Dare 2 Dream – Organisasi

contoh website domain xyz - d2d

Selain digunakan sebagai profil atau bisnis, tak menutup kemungkinan kamu bisa menggunakan domain XYZ untuk membuat organisasi sosial seperti yang dilakukan oleh seorang pemain basket sekaligus motivator, Harold Lefty Williams. Bersama istrinya, Lefty membuat website amal yang difokuskan bagi pendidikan untuk anak-anak. website ini telah membuktikan, bahwa ekstensi domain untuk organisasi tidak terbatas pada .org saja. Kamu setuju nggak?

6. Social News – Portal Berita

Asset Blog Dewaweb

Social News merupakan website asal India yang membagikan berita dari dalam dan luar negeri. Sama seperti portal berita pada umumnya, artikel atau berita yang terkumpul dalam website ini dibagikan ke beberapa rubrik berbeda. Namun, website ini terlihat lebih banyak membahas topik mengenai film, baik lokal maupun internasional.

Cara Mendapatkan Domain XYZ

Pengertian, kelebihan, dan kekurangan xyz sudah kamu ketahui, sekarang saatnya untuk mengetahui cara mendapatkannya. Ketika hendak membeli domain pastikan pilih layanan yang andal dan terbukti terpercaya seperti Dewaweb. Berikut ini caranya:

  1. Kunjungi halaman Dewaweb kemudian buat akun registrasi terlebih dahulu.
  2. Kemudian masukkan nama domain yang ingin kamu pakai, contohnya seperti berikut. Apabila domain tersebut masih tersedia langsung saja pilih Order.cara mendapatkan domain xyz
  3. Langkah berikutnya lakukan konfigurasi pada halaman berikut lalu pilih Lanjutkan.konfigurasi domain
  4. Setelah itu muncul halaman yang berisikan detail pesanan kamu. Apabila sudah sesuai kamu bisa pilih Checkout.checkout pembelian domain
  5. Kemudian isi data secara lengkap dan selesaikan pesanan.
  6. Lalu pilih metode pembayaran yang ingin digunakan.
  7. Selesai! Selamat kamu sudah punya domain untuk website-mu.

Baca Juga: Tips dan Cara Membeli Domain untuk Pemula

Tertarik Menggunakannya?

Domain .XYZ ini memang tergolong cepat naik daun karena namanya yang unik dan mudah diingat. Hanya satu tahun setelah go public, yaitu pada 2015, penggunanya langsung mencapai 1,5 juta nama domain.

Selain itu, masih banyak juga pilihan nama domain yang bisa kamu dapatkan dengan ekstensi ini karena penggunanya belum sebanyak .com. Jika menggunakan domain .com biasanya tidak banyak nama domain yang tersisa, apalagi exact match domain.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya untuk websitemu? Jika kamu menjatuhkan pilihanmu pada domain .XYZ dengan segala kelebihan yang dimilikinya, kamu bisa langsung membelinya di Dewaweb. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah di atas saja!

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat untukmu. Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb serta mengikuti webinar seputar dunia digital di Dewatalks. Salam sukses online!

Asset Blog Dewaweb
Tristin Hartono

Tristin is one of Dewaweb Team, a writer who's into philosophy, movies, and series. She's formerly a communication student with 'broadcasting' as her interest sub-major. She is now encouraging people to succeed online through her writings on Dewaweb.