20 Template Web Gratis WordPress Keren yang Wajib Dicoba

20 Template Web Gratis WordPress Keren yang Wajib Dicoba

Template web gratis banyak dicari oleh pengguna yang hendak membangun website WordPress. Sebenarnya ada banyak web template gratis yang bisa kamu pilih untuk desain website, namun seringkali pengguna belum tahu apa saja template tersebut.

Pada artikel ini Dewaweb akan memberi rekomendasi puluhan template web gratis WordPress dari segala kategori dengan desain yang menarik. Apa saja itu? Yuk, simak terus penjelasannya sampai akhir!

1. OnePress

template wordpress - onepress

Template web gratis pertama yaitu OnePress, merupakan desain single page yang cocok untuk berbagai kategori situs mulai dari bisnis, landing page, portofolio, hingga web pribadi.

Pengguna aktif OnePress sampai saat ini kurang lebih mencapai 90 ribu orang dan sudah mendapatkan rating hingga 4,5. 

OnePress menggunakan desain yang modern, responsif, serta menawarkan visual yang menarik. Tidak hanya itu, template ini telah kompatibel dengan berbagai plugin WordPress seperti Contact Form 7, Yoast SEO, dan banyak plugin lainnya.

2. ColorMag

Web template gratis ColorMag sering dijumpai pada situs-situs berita. ColorMag memang dirancang khusus untuk situs web berita, blog, atau majalah. Selain karena gratis ColorMag juga menawarkan berbagai opsi tata letak yang membuat konten kamu tetap mudah dibaca.

Tidak hanya dukungan artikel, melainkan gambar, video, dan banyak widget lain yang bisa kamu tambahkan. Tak heran jika sampai saat ini ColorMag berhasil digunakan oleh lebih dari 100 ribu pengguna dan mendapatkan rating 5 dari 1.250 ulasan pengguna.

3. Zerif Lite

zerif lite

Zerif Lite merupakan salah satu template website keren yang cocok digunakan untuk situs portofolio, agensi, hingga bisnis. Template ini merupakan versi gratis dari Zerif Pro, sehingga siapapun bisa mengunduhnya. Sampai saat ini Zerif Lite telah diunduh oleh lebih dari 100.000 pengguna aktif.

Selain itu, Zerif Lite dilengkapi dengan halaman yang berisikan profil anggota, testimoni, hingga formulir seperti newsletter. Kelengkapan ini yang membuat Zerif Lite cocok digunakan untuk mempromosikan bisnis, layanan, beserta anggota timnya.

Sedangkan untuk kompatibilitas, kamu tidak perlu meragukan Zerif Lite karena template ini bahkan kompatibel dengan plugin WooCommerce dan banyak plugin menarik lainnya.

Baca Juga: Cara Download Template dan Plugin WordPress Premium, Mudah!

4. Hestia

template wordpress - hestia

Rekomendasi template berikutnya yaitu Hestia, Hestia adalah template desain yang modern, responsif, dan serbaguna yang dirancang untuk membuat situs web bisnis, portofolio, atau toko online yang menarik. 

Template ini dilengkapi dengan customizer yang intuitif, memungkinkan pengguna untuk mengedit tampilan situs web secara real-time. Pengguna dapat mengatur tata letak halaman, memilih dari berbagai pilihan tema, mengubah warna, menyesuaikan font, dan mengatur elemen desain lainnya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Kemudian Hestia juga terintegrasi kuat dengan Parallax Slider WordPress, Elementor Page Builder, Photo Gallery, dan masih banyak yang lain.

5. Shapely

Shapely adalah salah satu web template gratis yang dilengkapi dengan berbagai widget beranda yang memungkinkan kamu menambahkan portofolio, testimonial, parallax sections, informasi produk atau layanan, call to action, dan banyak lagi.

Selain itu ia juga kompatibel dengan sebagian besar plugin WordPress gratis dan premium seperti WooCommerce, Jetpack, Kali Forms, Gravity Forms, Contact Form 7, Yoast SEO, Google Analytics by Yoast, dan lainnya.

6. Sneaky

Sneaky merupakan template web gratis yang cocok untuk website yang bergerak di bidang kuliner. Sneaky dilengkapi dengan elemen visual yang menarik sehingga cocok untuk menampilkan gambar-gambar kuliner masakan kamu. 

Selain itu, ia juga memiliki fitur split screen header sehingga display foto ukurannya dapat mencapai separuh halaman, sehingga akan terlihat lebih jelas. Tidak ketinggalan pula fitur formulir reservasi, display menu, hingga tombol CTA.

Baca Juga: 20+ Template WordPress Premium Terbaik dan Terpopuler

7. Winter

Winter adalah salah satu desain web template gratis bagi kamu para pemilik bisnis yang ingin membuat toko online. Sebagai penjual produk, memiliki situs dengan tampilan menarik adalah salah satu faktor penting, dan Winter dapat menjadi solusinya.

Winter memiliki tampilan user interface yang menarik namun tetap friendly serta dilengkapi dengan fitur utama toko online seperti preview produk, checkout, keranjang belanja, dan masih banyak lagi. Sehingga template ini sangat cocok bagi kamu yang hendak membangun website toko online.

8. Evento

Evento adalah pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan desain web bagi para penyelenggara event besar. Template web gratis ini memiliki desain yang difokuskan untuk satu jenis event dengan halaman depan yang menyajikan informasi lengkap seputar acara tersebut. 

Pada bagian atas halamannya terdapat keterangan tentang penyelenggaraan acara, fitur hitung mundur menuju acara, deskripsi, profil pengisi, hingga harga tiket. Evento dapat menyediakan semua informasi yang dibutuhkan untuk ditampilkan pada sebuah event.

9. Bato

Bagi kamu yang mencari desain web yang clean dan super simple, Bato adalah solusi yang terbaik. Template desain ini didominasi oleh sebuah slider yang sesuai dengan ukuran layar sehingga kamu bisa melihat seluruh konten tanpa perlu melakukan scroll.

Terdapat 3 jenis desain halaman, pertama yaitu halaman portofolio untuk menampilkan preview dalam ukuran layar yang besar, kedua yaitu halaman khusus blog atau konten yang bisa kamu publish, terakhir adalah halaman about me. 

Baca Juga: 10 Template WordPress Company Profile yang Populer

10. Louie

louie

Louie merupakan template web gratis fotografi gratis yang cocok digunakan para  Fotografer. Louie dibangun menggunakan Bootstrap 4 dengan desain yang minimalis, galeri gambar dengan tampilan modern.

Template ini sudah kompatibel dengan berbagai jenis browser dan responsif. Selain itu juga telah dilengkapi sidebar menu yang muncul secara statis di semua halaman website. Sidebar ini tidak hanya berfungsi sebagai navigasi menu ke halaman lain, tetapi juga menampilkan foto profil dan formulir newsletter.

Selain cocok digunakan untuk fotografi Louie juga cocok digunakan para desainer.

11. Ideal

Ideal adalah template web gratis yang dirancang khusus untuk desain interior. Template ini memiliki desain yang bersih, minimalis, dan kreatif untuk menonjolkan konten berupa ilustrasi desain interior.

Halaman depan template ini menampilkan slider full-width yang elegan. Kamu dapat menampilkan konten unggulan pada slider tersebut.

Beberapa fitur unggulan dari template ini meliputi slider full-width untuk melihat konten dengan resolusi gambar HD, testimonials untuk menampilkan ulasan pelanggan, dan ikon media sosial untuk memudahkan berbagi konten ke media sosial.

12. Unapp

Rekomendasi web template gratis selanjutnya adalah Unapp. Unapp memiliki tata letak yang memudahkan pengunjung untuk memahami tentang apa sebenarnya website ini. Karena pada tampilan utama Unapp, terdapat headline dan subheadline yang diikuti dengan tombol call to action (CTA). 

Untuk menjelaskan informasi produk dengan lebih jelas, ia menyediakan beberapa desain tampilan yang siap digunakan.  Selain tampilan visual yang menarik, Unapp juga dilengkapi dengan fitur pemutar video, blog, dan toko online untuk memperluas fungsionalitas website kamu.

Baca Juga: 15 Template WordPress eCommerce Terbaik

13. Etrain

etrain

Etrain adalah template web yang dibangun berbasis Bootstrap Framework dan dibuat khusus untuk website edukasi atau platform online. Jika situs kamu adalah sebuah tempat belajar online, Etrain memiliki desain khusus untuk pembuatan kursus-kursus.

Halaman depannya akan menampilkan headline dan ilustrasi menarik. Selanjutnya, tambahkan CTA untuk mengarahkan pengunjung ke halaman yang kamu inginkan.

Tidak hanya itu, Etrain juga dilengkapi dengan berbagai elemen desain yang memudahkan kamu dalam membuat konten web. Diantaranya seperti elemen teks, tombol, tata letak tiga kolom, blok kutipan, tabel, grafik persentase, dan banyak elemen lainnya.

14. Trainer

Trainer merupakan web template gratis yang cocok digunakan sebagai media personal branding. Template ini menyediakan header dengan tampilan foto, nama trainer, profil singkat, visi misi, info event, dan berbagai informasi lain.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki template inni yaitu jQuery carousel untuk menampilkan gambar dengan efek 3D, parallax effect untuk menambahkan efek gambar pada bagian belakang website, dan image pop up untuk menonjolkan gambar. 

Bagian header template ini menampilkan foto, nama trainer, dan gelarnya. Di bagian bawah header, terdapat perintah untuk melakukan scroll ke bawah. Di bawahnya, terdapat profil singkat trainer, diikuti oleh visi, misi, dan informasi tentang event terbaru yang ditampilkan dalam satu kolom. Juga terdapat informasi tentang berbagai program yang ditawarkan, yang juga ditampilkan dalam satu kolom.

15. Realtors

Untuk kamu yang sedang mencari template untuk bisnis properti, Realtors mungkin adalah pilihan yang tepat. 

Realtors memiliki 7 elemen konten dan 5 diantaranya khusus untuk promosi properti. 

Beberapa fitur unggulan dari template ini seperti kompatibilitas dengan berbagai browser,  dapat menampilkan tampilan web yang sama pada berbagai browser, fitur pencarian properti yang canggih, dan testimoni slider untuk menampilkan ulasan pelanggan.

Baca Juga: 10 Template WordPress Untuk Website Portofolio

16. Sydney

 

Template web keren berikutnya yaitu Sydney yang dikembangkan oleh Athemes. Template Sydney saat ini telah diinstal oleh lebih dari 200.000 pengguna dan memiliki rating bintang 5. Sydney dirancang khusus untuk tema bisnis, perusahaan, dan freelancer.

Selain itu, template ini telah mendukung penggunaan plugin Elementor, Google Font, kontrol tata letak, pengunggahan logo, slider, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

17. Storefront

Storefront merupakan tema ideal untuk kamu yang ingin menggunakan WooCommerce. Tema ini dikembangkan oleh Core Developer WooCommerce, sehingga terdapat integrasi yang baik antara template dan plugin tersebut.

Pada Storefront, kamu dapat menyesuaikan warna, widget, header, footer, dan tata letak, sehingga kamu dapat membangun toko online sesuai dengan preferensi.

Saat ini, tema Storefront telah diinstal oleh lebih dari 300.000 pengguna dengan rating 4.5 bintang.

18. Astra

Astra adalah salah satu template web gratis WordPress yang populer dan serbaguna. Template ini dikembangkan oleh Brainstorm Force dan dirancang dengan fokus pada kecepatan dan kustomisasi.

Kelebihan utama dari template Astra adalah performanya yang cepat, membuat situs web dapat dimuat dengan cepat juga. Template ini juga sangat responsif baik pada desktop, tablet, dan ponsel.

Baca Juga: 10 Template WordPress untuk Fashion Blog

19. OceanWP

Template website keren selanjutnya yaitu OceanWP yang dibangun oleh Nicolas Lecocq. OceanWP menawarkan berbagai fitur dan opsi kustomisasi yang memungkinkan kamu membuat situs web yang menarik dan fungsional.

Selain itu, OceanWP tentu sudah kompatibel dengan berbagai plugin populer seperti WooCommerce, Elementor, Yoast SEO, dan banyak lagi. Hal ini memberi kamu fleksibilitas untuk menambahkan fungsionalitas tambahan ke situs web sesuai kebutuhan.

Hingga saat ini, OceanWP telah diunduh lebih dari 6 juta kali, tak heran jika template tersebut menjadi salah satu yang banyak digunakan pengguna.

20. Twenty WordPress

Twenty merupakan salah satu tema bawaan dari WordPress. Template ini menonjolkan konten dengan tata letak yang luas dan minimalis.

Twenty Twenty juga kompatibel dengan block editor Gutenberg yang memungkinkan kamu untuk membuat tata letak yang menarik dan kompleks dengan mudah menggunakan blok-blok konten yang berbeda.

Tema ini dapat disesuaikan dengan menggunakan kustomisasi bawaan WordPress, seperti mengubah warna, mengatur tata letak, dan menambahkan header gambar yang menarik.

Baca Juga: Belajar Membuat Template WordPress Sendiri dari Nol

Kesimpulan

Sampai sini kamu sudah tahu rekomendasi template web gratis dari berbagai kategori tema, mulai dari bisnis, portofolio, berita, toko online, edukasi, personal branding, hingga properti.

Beberapa template yang disarankan antara lain OnePress, ColorMag, Zerif Lite, Hestia, Shapely, Sneaky, Winter, Evento, Bato, Louie, Ideal, Unapp, Etrain, Trainer, Realtors, Sydney, Storefront, Astra, OceanWP, dan Twenty WordPress.

Bagi kamu yang ingin membangun website, jangan lupa gunakan domain dan hosting terpercaya seperti Dewaweb yang sudah tersertifikasi ISO 27001 dan menggunakan proteksi Anti DDoS dari Cloudflare Magic Transit & Firewall. Tunggu apalagi, segera bergabung bersama pelanggan lainnya sekarang!