Pentingnya Website Marketing bagi Bisnis, Ini Strateginya!

Pentingnya Website Marketing bagi Bisnis, Ini Strateginya!

Website marketing adalah strategi pemasaran yang sangat penting bagi bisnis saat ini. Melalui strategi ini, bisnis dapat lebih berkembang karena mampu menjangkau jutaan pengguna internet di seluruh dunia. Terlebih di era digital yang serba teknologi ini, memiliki kehadiran online yang kuat sangatlah krusial untuk mampu bertahan dalam persaingan bisnis.

Dengan memahami pentingnya website marketing, bisnismu dapat berkembang dengan maksimal serta mencapai kesuksesan yang lebih besar. Nah, di artikel ini, kita akan bahas strategi-strategi kunci yang dapat digunakan dalam website marketing untuk membantu bisnis mencapai kesuksesan online. Yuk simak!

Baca Juga: Mengenal Pengertian Website, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Website Marketing?

Website marketing adalah teknik promosi produk atau layanan yang dilakukan melalui website dengan tujuan mengubah pengunjung website menjadi pelanggan bisnis. Tujuan utama dari pemasaran website adalah untuk meningkatkan visibilitas dan popularitas website, sehingga dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung, meningkatkan penjualan atau konversi, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Adapun beberapa fungsi website marketing untuk memperkenalkan website kepada khalayak luas, mempromosikan produk atau layanan melalui website, meningkatkan jumlah pengunjung dan pengguna aktif, meningkatkan penjualan atau transaksi di website, mengumpulkan data atau informasi tentang perilaku dan preferensi pengguna, dan banyak lagi.

Manfaat Website Marketing

Tidak hanya dapat menjangkau target yang lebih luas, metode ini memiliki segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan. Lebih lanjut, berikuy beberapa manfaat teknik pemasaran website.

1. Meningkatkan visibilitas bisnis di internet

Dalam era digital ini, memiliki keberadaan online sangat krusial untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Dengan menggunakan pemasaran website yang efektif, bisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen potensial dan memperluas jangkauan pasar.

Pemasaran melalui website memungkinkan bisnis untuk menampilkan produk dan layanan mereka kepada audiens yang lebih luas, serta memberikan informasi yang bermanfaat tentang bisnis. Dengan meningkatnya visibilitas bisnis di internet, peluang untuk mendapatkan kesuksesan dan pertumbuhan yang lebih besar juga semakin meningkat.

2. Menambah kepercayaan calon konsumen

Dengan memanfaatkan pemasaran melalui website, calon konsumen akan lebih percaya dengan bisnis kita karena terlihat lebih kredibel.  Sebab, memiliki website dengan tampilan yang profesional dan fitur yang lengkap dapat memberikan kesan bahwa bisnis kita memiliki keberadaan yang resmi dan serius dalam menyediakan produk atau layanan.

Selain itu, melalui website kita dapat menyajikan informasi secara lengkap dan transparan mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Calon konsumen dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut kapan saja dan di mana saja. Dengan adanya informasi yang jelas dan terperinci, calon konsumen akan merasa lebih yakin dan percaya terhadap bisnis kita.

3. Menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas

Pemasaran melalui website dapat memperluas jangkauan pasar dan konsumen dengan beberapa cara:

  1. Tidak terbatas ruang dan waktu: Website dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja secara online tanpa batasan geografis. Dengan demikian, perusahaan dapat menjangkau konsumen di seluruh dunia tanpa harus memiliki cabang fisik di setiap tempat.
  2. Aksesibilitas yang mudah: Website dapat diakses oleh siapa saja dengan perangkat yang memiliki koneksi internet, seperti laptop, smartphone, atau komputer tablet. Tidak ada keterbatasan fisik yang dapat menghambat konsumen untuk mengakses informasi atau melakukan pembelian.
  3. Interaksi dengan konsumen: Website juga membuka peluang untuk berinteraksi langsung dengan konsumen melalui berbagai fitur seperti live chat, formulir kontak, atau komentar di blog. Perusahaan dapat dengan cepat merespon pertanyaan atau masukan konsumen, yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun hubungan yang lebih kuat.

Secara keseluruhan, pemasaran melalui website dapat menghasilkan efek yang lebih luas dan efektif, karena dapat menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas, tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

4. Mempermudah proses marketing

Website marketing berfungsi untuk meringankan proses marketing, karena kamu dapat melakukan strategi digital marketing secara terpusat di website. Sebagai contoh, meningkatkan traffic website melalui blog, menggunakan PPC agar mendatangkan pelanggan ke website kamu, dan berbagai strategi lainnya. Dengan demikian proses pemasaran dapat dilakukan lebih ringan cukup melalui website.

Baca Juga: 9+ Contoh Digital Marketing yang Bisa Sukseskan Bisnismu

5. Membantu menekan biaya promosi

Pemasaran melalui website cenderung lebih efisien dalam hal biaya dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Perusahaan dapat menghemat biaya untuk iklan cetak, materi marketing, dan penyewaan ruang ritel. Dengan menggunakan website, perusahaan dapat mencapai konsumen secara lebih luas tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk promosi.

Selain itu, dengan adanya website, perusahaan juga dapat menjalankan program promosi secara online yang cenderung lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, perusahaan dapat mengalokasikan dana promosi untuk pengembangan produksi atau menurunkan harga jual produk.

6. Meningkatkan konversi dan penjualan

Untuk meningkatkan konversi dan penjualan, pemasaran melalui website dapat menjadi strategi yang efektif. Dengan adanya website, perusahaan dapat menjangkau calon konsumen potensial dengan lebih mudah. Hal ini dapat dilakukan melalui penggunaan teknik pemasaran online seperti iklan digital, optimisasi mesin pencari, dan pemasaran media sosial.

Dengan memaksimalkan efektivitas pemasaran melalui website, perusahaan dapat memperluas jangkauan produk atau layanan yang ditawarkan, meningkatkan akuisisi pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan konversi dan penjualan secara signifikan.

Jenis Konten Website Marketing

Supaya kinerja web marketing lebih maksimal, kamu bisa memaksimalkannya melalui konten pada website baik melalui blog maupun di luar blog. Di bawah ini terdapat beberapa jenis konten website marketing yang bisa kamu buat.

1. Konten Product Knowledge

Bagi kamu yang menawarkan produk berupa barang maupun jasa lewat web marketing, sebaiknya kamu juga perlu menyediakan konten product knowledge. Konten ini berisi detail produk agar pengunjung bisa memahami dengan baik produk yang kamu jual. Konten tersebut tidak hanya artikel, kamu juga bisa membuat dalam bentuk video.

konten product knowledge - website marketing

2. Konten Hard Selling

Apabila strategi web marketing kamu sudah berjalan dengan lancar, kamu bisa mencoba membuat konten hard selling. Konten ini murni dibuat untuk jualan atau promosi, maka dari itu disarankan jangan membuat konten ini terlalu banyak.

Di bawah ini terdapat contoh konten hard selling yang menawarkan cara pembelian hosting di Dewaweb.

konten hard selling

Baca Juga: Pentingnya Blog untuk Bisnis Online

3. Konten Tips

Jenis konten selanjutnya untuk web marketing adalah konten tips. Jenis ini sudah banyak dibuat oleh berbagai situs baik milik pribadi maupun bisnis. Dalam membuat konten tips ini kamu bisa mengaitkan dengan produk yang kamu jual.

Misalnya seperti Dewaweb yang menawarkan produk domain. Salah satu contoh konten tips-nya seperti di bawah ini.

konten tips - website marketing

4. Konten Tutorial

Jika konten tips hanya sebatas teorinya saja tanpa caranya, maka berbeda dengan konten tutorial. Selain tips, konten tutorial juga menjadi salah satu yang banyak dicari oleh pengguna. Biasanya mereka mencari konten ini ketika baru pertama kali atau kesulitan menggunakan produk.

Konten tutorial bisa kamu buat dalam bentuk artikel seperti di bawah maupun bentuk video yang ditautkan ke Youtube.

konten tutorial

5. Konten Storytelling

Jenis konten web marketing yang terakhir yakni storytelling. Konten ini seringkali dibuat agar pelanggan bisa merasa lebih dekat dengan brand, selain itu mereka juga bisa lebih tahu dari mana asal bisnis tersebut.

Baca Juga: Jenis-jenis Iklan dan Contoh Penerapannya

Langkah Strategi Pemasaran Website untuk Bisnis

Setelah mengerti jenis konten apa saja yang bisa dibuat untuk web marketing, selanjutnya terdapat strategi pemasaran website yang dapat kamu lakukan agar lebih efektif.

1. Membangun website yang responsif dan user friendly

Membangun website yang responsif dan user friendly merupakan langkah penting dalam strategi pemasaran website. Hal ini karena pengguna internet saat ini semakin membutuhkan akses yang mudah dan cepat ke informasi yang mereka cari. Caranya adalah dengan memilih hosting terbaik saat membuat website.

Baca Juga: 15 Kriteria Website yang Baik & User Friendly Beserta Contohnya

Nah, untungnya Dewaweb menyediakan layanan hosting yang kecepatannya tidak perlu diragukan lagi. Yap, berspesifikasi webserver LiteSpeed Enterprise, LiteSpeed Cache, dan storage NVMe SSD, website kamu dijamin cepat saat diakses dari mana saja! Tidak hanya cepat, website kamu juga akan dilengkapi dengan SSL dijamin aman dan terlindungi dari serangan hacker, malware, ataupun virus lainnya, lho!

spesifikasi hosting dewaweb

Di samping responsif, pastikan website sudah user friendly dengan desain yang intuitif dan navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung. Dengan membangun website yang responsif dan user friendly, kita dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mendapatkan lebih banyak kunjungan serta konversi.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa website yang dibangun harus mobile friendly, yaitu memiliki tampilan yang baik dan fungsional di berbagai perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Hal ini penting karena semakin banyak pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses website.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Website Mobile Friendly untuk Tingkatkan SEO

2. Buat konten yang relevan dan menarik

Sebelum membuat konten, kamu harus menentukan target audiens bisnismu terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu bisa membuat konten dan mengemasnya dengan bahasa yang sesuai dengan target audiens. Selanjutnya, buatlah konten yang relevan, menarik, dan bermanfaat. Ini adalah kunci sukses dalam strategi digital marketing.

Konten yang relevan akan menarik minat audiens target dan membantu membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Konten yang menarik akan membuat audiens terlibat dan terus datang kembali untuk informasi lebih lanjut. Sedangkan konten yang bermanfaat akan memberikan nilai tambah bagi audiens, memberikan solusi atau wawasan yang mereka cari. Dengan menciptakan konten seperti ini, brand dapat meningkatkan visibilitasnya, menyebarkan pesan-pesan mereka dengan efektif, dan membangun kepercayaan dengan audiens.

Baca Juga: 11 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Sukseskan Bisnis

3. Tingkatkan traffic website dengan SEO

Untuk memastikan agar traffic pengunjung bertahan pada posisi tersebut atau bahkan naik, kamu dapat menggunakan teknik SEO. Teknik SEO dapat membantu halaman situs atau konten kamu muncul di pencarian teratas mesin pencari, sehingga potensi kenaikan traffic website juga akan lebih besar.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu SEO & Manfaatnya untuk Traffic Website

4. Kolaborasi dengan social media marketing

Mengandalkan website marketing saja tidaklah cukup, kamu juga perlu mengombinasikan dengan social media marketing seperti Instagram marketing atau TikTok marketing, atau karena bagaimanapun pengguna juga menggunakan media sosial untuk mencari informasi produk. Kolaborasi dengan konten-konten yang berkualitas akan membantu bisnis kamu semakin dilirik pengguna.

Baca Juga: 8 Strategi Social Media Marketing Paling Jitu untuk Bisnismu

5. Manfaatkan email marketing

Semakin tinggi traffic website maka semakin banyak orang yang mengunjungi situs kamu, hal tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mengajak pengguna menuliskan email mereka pada sebuah formulir website.

Ketika kamu sudah memiliki data email mereka, sekarang kamu bisa menjalankan strategi email marketing. Dalam email tersebut kamu bisa menawarkan produk maupun promo diskon yang sedang berlangsung pada bisnis kamu.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Email Marketing yang Sukses Menarik Pembaca

Siap Lakukan Website Marketing?

Jadi, apakah bisnismu sudah memanfaatkan kekuatan website marketing? Jika belum, sekaranglah saat yang tepat untuk mulai melakukannya! Yap, pemasaran melalui website adalah salah satu kunci keberhasilan bagi bisnis. Terlebih dalam dunia digital yang terus berkembang, memiliki kehadiran online yang kuat sangatlah penting.

Melalui pemasaran website, bisnismu dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas, dan memperluas peluang untuk mendapatkan pelanggan baru. Semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan bisnismu, semakin besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Yuk mulai sekarang!

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!

Asset Blog Dewaweb
Aorinka Anendya

Gemar menulis tentang teknologi, bisnis, digital marketing, dan banyak topik lain. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.