Cara Pasang SSL di Cloudflare dengan Mudah

Cara Pasang SSL di Cloudflare dengan Mudah

Cara pasang SSL di Cloudflare saat ini banyak dicari para pengguna yang ingin memasang pada website mereka. Menurut BuiltWith, penggunaan SSL Cloudflare menjadi salah satu pilihan utama untuk mengamankan situs, setidaknya terdapat 4 juta website yang menggunakan SSL Cloudflare, 24 ribu website di antaranya adalah web di Indonesia.

Begitu banyak manfaat SSL Cloudflare bagi situs sehingga banyak pengguna yang menggunakannya, mulai dari lapisan keamanan tambahan, perlindungan serangan DDoS, dan berbagai manfaat lain.

Bagi kamu yang juga berniat menggunakannya, cari tahu cara pasang SSL di Cloudflare pada artikel Dewaweb kali ini. Simak terus sampai akhir ya!

Baca Juga: Pentingnya SSL untuk Memaksimalkan Kinerja Website

Keuntungan Menggunakan SSL di Cloudflare

Sebelum membahas langkah-langkah pemasangan SSL di Cloudflare, sebaiknya ketahui dulu apa saja keuntungan menggunakan SSL di Cloudflare pada penjelasan berikut ini.

1. Keamanan data

SSL (Secure Socket Layer) memungkinkan dalam melakukan enkripsi informasi yang dikirimkan antara pengguna dan server sehingga menciptakan lapisan perlindungan tambahan yang kuat untuk data sensitif seperti nomor kartu kredit, kata sandi, dan informasi pribadi lainnya.

Dengan demikian, informasi ini tetap aman dari potensi serangan peretasan dan akses yang tidak sah. 

Baca Juga: Pentingnya Keamanan Data di Internet dan Cara Menjaganya

2. Kepercayaan dan reputasi

Menggunakan SSL adalah salah satu langkah penting dalam membangun kepercayaan dan reputasi situs web. Kebanyakan pengguna yang melihat URL dengan awalan “https” dan ikon gembok hijau atau peluit biru pada alamat browser cenderung merasa lebih aman. 

Keamanan yang ditawarkan oleh SSL meningkatkan kepercayaan pengguna, membuat mereka lebih cenderung untuk berinteraksi dengan konten dan melakukan transaksi di situs kamu.

3. Peningkatan SEO

Mesin pencari seperti Google memberikan peringkat lebih tinggi pada situs yang menggunakan HTTPS. Di samping itu aktivasi SSL melalui Cloudflare mampu mengubah URL situs menjadi “https”. Hal ini berarti akan mempengaruhi peringkat situs dalam hasil pencarian dan mengarah pada peningkatan lalu lintas organik.

Dengan demikian, penggunaan SSL di Cloudflare tidak hanya memberikan perlindungan keamanan yang lebih baik tetapi juga memberikan dorongan signifikan pada SEO dan meningkatkan traffic website.

Baca Juga: Mengetahui Fungsi SSL untuk SEO dan Keamanan Website

4. Perlindungan terhadap serangan DDoS

Cloudflare mampu memberikan perlindungan yang tangguh terhadap serangan DDoS yang membanjiri server situs dengan traffic palsu, serangan ini seringkali mengganggu kinerja situs web.

Dengan teknologi DDoS mitigation yang canggih, Cloudflare dapat mendeteksi dan menyaring lalu lintas yang tidak wajar saat serangan terjadi, kemudian menjauhkannya dari server situs kamu.

Dengan perlindungan ini, situs web tetap dapat diakses oleh pengguna tanpa gangguan, bahkan saat serangan DDoS sedang berlangsung.

5. Pembaharuan otomatis

Pembaruan sertifikat SSL secara otomatis merupakan salah satu keuntungan utama ketika menggunakan Cloudflare untuk mengamankan situs web kamu. Sertifikat SSL adalah komponen penting dalam menjaga keamanan koneksi antara pengguna dan server, namun pembaruan manual bisa jadi tugas yang rumit dan memakan waktu.

SSL Cloudflare tidak hanya menyediakan sertifikat SSL gratis yang mudah diintegrasikan dengan situs web, tetapi juga secara otomatis memperbarui sertifikat tersebut ketika mendekati masa kadaluwarsa.

Hal ini memastikan bahwa sertifikat SSL selalu valid dan berfungsi dengan baik, hal ini membuat penggunaan dan pemeliharaan SSL di situs web menjadi lebih sederhana dan efisien.

Baca Juga: Cara Mudah Memperbarui Sertifikat SSL di cPanel

6.  Penyampaian konten yang lebih cepat

Cloudflare sebagai CDN (Content Delivery Network) mempercepat waktu muat situs web dengan mendistribusikan konten melalui server mereka yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh dunia.

Sehingga mampu mengurangi jarak fisik antara pengguna dan server dan situs web dapat dimuat lebih cepat. Penggunaan SSL di Cloudflare juga memberikan manfaat tambahan dengan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap situs kamu.

Baca Juga: Memperbaiki Masalah Email di CloudFlare CDN

Cara Pasang SSL di Cloudflare

Sekarang kamu sudah tahu apa saja keuntungan menggunakan SSL di Cloudflare, selanjutnya adalah langkah setting SSL di Cloudflare. Tapi sebelum itu, pastikan kamu telah mendaftarkan domain di Cloudflare dengan mengikuti langkahnya di Cara Setting Domain di Cloudflare.

Berikut poin-poin cara pasang SSL di Cloudflare.

  1. Login ke akun Cloudflare
  2. Pilih menu SSL/TLS
  3. Aktifkan SSL/TLS Recommender
  4. Pilih “Always Use HTTPS”
  5. Cek SSL

Langsung simak pembahasan dengan rinci berikut ini.

1. Login ke akun Cloudflare

Langkah pertama login ke akun Cloudflare yang sudah kamu miliki dengan memasukkan username dan password. Jika belum, kamu bisa mendaftar terlebih dulu.

login ke cloudflare

2. Pilih menu SSL/TLS

Berikutnya pilih menu SSL/TLS di bagian kiri lalu pada Overview pilih “Your SSL/TLS encryption mode” dan klik “Full”. Kemudian, aktifkan opsi “SSL/TLS Recommender” seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

cara pasang ssl di cloudflare - pilih menu ssl tls

Sebenarnya terdapat 3 opsi yang dapat kamu pilih salah satu, diantaranya yaitu.

  • Off: pengunjung hanya dapat mengakses situs web melalui protokol HTTP. Setiap upaya untuk mengakses melalui HTTPS akan mengarahkan pengguna ke HTTP yang tidak dienkripsi.
  • Flexible SSL: Fleksibel SSL memanfaatkan SSL dari Cloudflare dan juga SSL dari layanan server situs web. Dengan konfigurasi ini, kamu tidak perlu memiliki sertifikat SSL di server, tetapi pengunjung akan tetap melihat protokol HTTPS saat mengakses situs kamu. Fleksibel SSL sebaiknya tidak digunakan jika situs web mengandung informasi sensitif. Opsi ini disarankan hanya sebagai pilihan terakhir jika kamu tidak dapat mengatur SSL di layanan server.
  • Full: Pilihan SSL ini memastikan koneksi yang aman antara pengunjung dan domain Cloudflare. Namun, pilihan ini tidak memvalidasi sertifikat SSL di layanan server, sehingga hanya menggunakan sertifikat SSL dari penyedia Cloudflare.
  • Full (strict): opsi ini memastikan koneksi yang aman antara pengunjung dan domain cloudflare serta antara cloudflare dan server hosting. Hanya saja opsi ini harus divalidasi oleh Certificate Authority (CA) yang dipercaya publik atau CA asal Cloudflare.

Baca Juga: Mau Website Aman? Yuk, Kenalan dengan Certification Authority

3. Aktifkan SSL/TLS Recommender

Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan bagian SSL/TLS Recommender, aktifkan opsi tersebut untuk memeriksa apakah website kamu dapat menggunakan mode SSL/TLS yang lebih aman sesuai rekomendasi Cloudflare.

cara pasang ssl di cloudflare - aktifkan ssl tls recommender

4. Pilih “Always Use HTTPS”

Kemudian silahkan pilih menu SSL/TLS > Edge Certificates. Setelah itu aktifkan opsi “Always Use HTTPS”.

aktifkan always use https

Sampai sini kamu telah berhasil mengaktifkan SSL di Cloudflare. Sekarang silahkan akses situs web melalui tautan HTTPS pada domain kamu.

Jika kamu melihat situs web dapat diakses dengan aman dan tampilan secure, ini menunjukkan bahwa SSL telah terpasang dengan benar.

5. Cek SSL 

Terakhir, kamu juga dapat memeriksa lebih lanjut melalui SSL Hopper. Kunjungi situs tersebut kemudian masukkan domain yang sudah kamu pasang SSL-nya. Apabila berhasil dipasang, maka tampilannya akan seperti ini.

periksa instalasi ssl

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis SSL (Secure Socket Layer)

Amankan Website dengan SSL Terbaik!

Bagaimana, mudah ‘kan cara pasang SSL di Cloudflare? Memasang SSL di Cloudflare mampu memberikan sejumlah keuntungan mulai dari keamanan data, memberikan kepercayaan dan reputasi, perlindungan dari DDoS, hingga pembaruan otomatis.

Untuk kamu yang ingin memiliki situs yang andal dan tentunya aman, beli SSL murah namun tetap berkualitas. Dewaweb menawarkan solusi SSL tepat bagi kamu yang mencari keamanan SSL terbaik.

keuntungan beli ssl murah dewaweb

Dewaweb bermitra dengan merek SSL ternama seperti DigiCert, GeoTrust, Thawte, dan Sectigo SSL yang mampu memberikan kualitas terbaik. Kamu juga akan mendapatkan layanan instalasi SSL gratis, sehingga dapat dengan mudah mengamankan situs web tanpa kesulitan. Jika nantinya terdapat kendala, tim Ninja Support siap membantu 24/7. 

Beli Sekarang

 

Begitu juga apabila kamu tidak puas dengan perlindungan keamanan situsnya, maka kami siap memberikan garansi uang kembali selama 30 hari! Yuk, beli SSL Dewaweb dan pasang di Cloudflare sekarang!

Asset Blog Dewaweb
Aorinka Anendya

Gemar menulis tentang teknologi, bisnis, digital marketing, dan banyak topik lain. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.