Cara Mudah Membuat Website Bisnis, Pebisnis Wajib Punya!

Cara Mudah Membuat Website Bisnis, Pebisnis Wajib Punya!

Bagi para pebisnis, penting untuk mengetahui cara membuat website bisnis agar terlihat profesional. Terlebih di era digital seperti sekarang, di mana penggunaan situs web menjadi salah satu strategi terbaik untuk menjangkau pasar lebih luas.

Sayangnya, banyak pebisnis mengira bahwa membuat website itu rumit dan merepotkan. Padahal, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah tanpa pemahaman mendalam tentang pemrograman atau coding.

Lalu, bagaimana caranya? Di artikel ini, kamu akan belajar cara membuat situs bisnis profesional untuk mengoptimalkan pertumbuhan usahamu. Yuk, simak ulasannya sampai akhir!

Baca Juga: 7+ Manfaat Website untuk Bisnis: Makin Kredibel & Untung!

Cara Buat Website Bisnis untuk Pemula

Cara bikin website untuk bisnis tidak sesulit yang dipikirkan banyak orang. Adanya platform web builder yang user-friendly memungkinkan siapa pun membuatnya secara mudah, bahkan bagi pemula. Berikut langkah-langkahnya:

1. Rancang desain dan struktur website

Sebelum mulai membuat website, buatlah strukturnya terlebih dahulu berdasarkan preferensi bisnis dan target audiens. Hal ini penting karena berhubungan dengan karakter bisnis dan kenyamanan pengguna.

Rancang desain dan struktur website dalam bentuk sketsa terlebih dahulu, mulai dari navigasi, tata letak (layout), tipografi, warna, dan lain sebagainya. Jika tidak memiliki kemampuan web design, kamu dapat menggunakan template yang disediakan platform.

2. Tentukan konsep dan fitur website

Fitur website merupakan aspek penting yang tidak boleh dilewatkan ketika mengembangkan situs. Memasang fitur-fitur tambahan mampu mengoptimalkan search engine optimization (SEO) dan memudahkan pengguna saat mengakses website.

Oleh sebab itu, pahami preferensi target konsumen untuk mengetahui bagaimana cara website memenuhi kebutuhan mereka. Selanjutnya, kamu dapat menentukan fitur yang cocok untuk mencapai tujuan bisnis.

Misalnya, kamu membuat toko online untuk menjual berbagai produk, pastikan website tersebut memiliki fitur pendukung seperti keranjang belanja, sistem pembayaran, inventaris, membership, dan lain-lain.

3. Tentukan nama domain

Domain bisnis merupakan identitas website yang mempresentasikan bisnis, brand, atau perusahaan. Maka dari itu, nama domain mesti dibuat seprofesional mungkin, bukan asal-asalan.

Ketika menentukan nama domain, gunakanlah kata yang unik dan mudah diingat. Pastikan juga domain tersebut dapat mewakili bisnis atau perusahaan dengan memenuhi kriteria nama yang bagus, seperti mudah diketik, tidak sulit dieja, singkat, sesuai niche, dan sebagainya.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

4. Pilih hosting

Setelah menentukan domain yang cocok untuk bisnis, selanjutnya kamu perlu memilih web hosting terbaik untuk websitemu. Hosting adalah layanan yang digunakan untuk menyimpan data website, seperti teks, gambar, email, dan lainnya. Kamu wajib menggunakan layanan ini agar situs web bisa online dan diakses oleh pengguna di internet.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Hosting dan Domain

Nah, kamu perlu memilih layanan yang tepat untuk menunjang kebutuhan bisnis. Sebab, kualitas hosting berpengaruh besar terhadap performa dan kinerja website. Tapi tenang, Dewaweb menyediakan layanan hosting andal yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi segala keperluan website, lho! Dengan hosting Dewaweb, website kamu dijamin aman, cepat, dan minim gangguan.

Kabar baiknya lagi, Dewaweb punya promo paket beli hosting gratis domain dengan harga mulai dari Rp40 ribu saja! Yap, untuk pembelian paket Hunter ke atas selama minimal setahun, kamu bisa mendapatkan domain tertentu secara gratis, lho!

Baca Juga: Cara Membeli Hosting dan Domain di Dewaweb

5. Buat katalog produk

Katalog berperan sebagai etalase untuk memudahkan pengguna melihat produk yang dijual. Buatlah katalog berisi barang atau jasa yang kamu tawarkan disertai beberapa konten pendukung.

Jika produk fisik (barang), kamu dapat menambahkan deskripsi singkat, padat, dan jelas disertai foto produknya. Namun, jika produk berupa jasa, berikan penjelasan lengkap tentang bagaimana cara kamu memenuhi kebutuhan konsumen, tambahkan portofolio diperlukan.

6. Terapkan manajemen konten yang terencana

Cara membuat website bisnis selanjutnya adalah menerapkan manajemen konten yang terencana. Untungnya, beberapa platform web hosting telah menyediakan CMS sendiri untuk mempermudah pengerjaan tugas ini.

Misalnya WordPress, platform ini memiliki banyak pilihan plugin untuk mengatur dan mengelola konten. Beberapa plugin populer yang sering digunakan adalah WooCommerce, LiveChat, Beaver Builder, OptinMonster, dan WMPL.

7. Buat informasi kontak bisnis

Mencantumkan informasi kontak bisnis yang jelas bertujuan untuk membangun kepercayaan konsumen. Adanya informasi ini juga memungkinkan mereka menghubungi perusahaan atau bisnis kamu dengan mudah.

Jika sudah memiliki kantor atau tempat usaha, kamu dapat mencantumkan alamat, email, dan nomor telepon. Kamu juga bisa memanfaatkan plugin tambahan untuk mengintegrasikan website dengan WhatsApp atau media sosial.

contoh informasi kontak website bisnis

8. Hubungkan ke semua channel penjualan

Langkah terakhir dari cara membuat situs bisnis adalah menghubungkan website bisnismu ke semua channel penjualan yang kamu miliki. Kamu bisa mencantumkan link website-mu di bio Instagram atau membuatnya dalam satu linktree yang berisi link lainnya.

Setiap konsumen memiliki metode pembelian favorit yang berbeda, mulai dari marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, atau platform media sosial seperti TikTok, Facebook, dan Instagram. Artinya, website bukanlah satu-satunya media untuk berjualan.

Jika kamu memasarkan produk melalui berbagai platform, kamu dapat menghubungkan semuanya dengan website. Hal ini bertujuan agar konsumen mempunyai lebih banyak opsi dalam memilih metode pembelian yang paling nyaman bagi mereka.

Baca Juga: Pentingnya Web Hosting untuk Perluas Bisnis

Yuk Buat Website Bisnis Milikmu Sekarang!

Itulah cara membuat website bisnis yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya cara membangun sebuah website dapat dilakukan dengan langkah yang sama, apapun jenis website-nya. Untuk langkah yang lebih detail, kamu dapat melihatnya pada artikel 7 Cara Membuat Website Gratis & Tanpa Coding untuk Pemula. Tunggu apa lagi? Sekarang giliranmu untuk membangun situs web sendiri.

Untuk urusan hosting, kamu dapat mengandalkan layanan terpercaya dari Dewaweb. Kami menawarkan layanan hosting berstandar ISO 27001 untuk memastikan keamanan seluruh aset dan data website-mu.

Selain itu, Dewaweb dipersenjatai teknologi terbaru dari AMD EPYC dan Intel Xeon Gold untuk menghasilkan performa dan kecepatan super tinggi. Tunggu apalagi? Yuk, beli hosting Dewaweb sekarang!

Bagi yang ingin menambah wawasan seputar dunia digital, kamu dapat eksplor artikel informatif lainnya di blog Dewaweb atau mengikuti webinar gratis dari Dewatalks. Jika tertarik, kamu juga bisa bergabung di program afiliasi Dewaweb untuk mendapatkan uang tambahan melalui jaringan sosial. Semoga bermanfaat!