dewaweb-blog-belajar-cara-buat-toko-onlinemu-sendiri

Pusat-pusat perbelanjaan mungkin masih saja dikunjungi orang-orang. Namun bagaimana dengan penjualannya? Di era perkembangan pesat teknologi, kini orang mulai beralih ke pembelian online. Berbelanja di toko online (online shop) kerap dianggap lebih praktis dan hemat biaya. Bahkan sudah banyak toko fisik di pusat-pusat perbelanjaan yang juga menyediakan sebuah website sebagai toko online.

Apakah Anda juga tertarik membuat toko online sendiri? Berikut kami akan memberikan panduan lengkap bagi pemula agar Anda bisa mendirikan online shop sendiri!

Jenis Medium untuk Membuat Toko Online

Panduan Toko Online Lengkap dari Dewaweb

Ada berbagai medium yang bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan toko Anda di internet. Kami akan memberikan berbagai pilihannya pada Anda. Anda bisa menimbang sendiri mana medium yang paling pas dengan kebutuhan Anda sebagai pebisnis. Berikut adalah jenis-jenisnya!

  • Numpang Jualan Online Lewat e-Commerce

Anda bisa menumpang pada e-Commerce besar yang sudah ada. Apa saja? Ada banyak sebenarnya, beberapa di antaranya adalah JD.id, Tokopedia dan Lazada. Mengenai caranya, pada dasarnya semua aplikasi/website e-Commerce sama. Anda tinggal mendaftar dengan akun Google/ mendaftar baru lewat nomor telepon maupun email. Jika telah mendaftar, Anda bisa langsung mulai berjualan. Kelebihannya adalah, kegiatan menumpang berjualan ini tidak terlalu susah dikerjakan. Tetapi tentu saja ada juga kerugiannya. Anda tidak punya kendali penuh atas bisnis Anda. Jika platform di mana Anda menumpang ternyata mengalami masalah teknis misalnya, Anda tentu tak bisa melakukan apa-apa selain menunggu kejelasan dari pihak e-Commerce tersebut.

  • Jualan Online dengan Social Media

Untuk berjualan di social media, Anda bisa memakai akun biasa selayaknya akun pribadi Anda. Namun, jika Anda menginginkan fitur-fitur khusus pada akun jualan Anda silakan manfaatkan penawaran akun bisnis. Pada Instagram terdapat pilihan Business Account sementara pada Facebook ada Business Page. Mengenai caranya, silakan mencari referensi terkait atau langsung menuju ke menu di akun Anda dan ikuti petunjuknya. 

  • Jualan Online Sendiri Lewat Website

Nah, untuk berjualan lewat website sendiri, Anda perlu melakukan beberapa hal. Pertama, Anda dapat mengatur platform yang bisa digunakan. Anda bisa pakai platform yang populer dipakai orang untuk berjualan, semacam WooCommerce dari WordPress. Mengenai caranya, kami sudah membuat panduan lengkap yang mudah dipraktikkan. Dalam artikel tersebut, Anda bisa mendapatkan tutorial membuat toko online mulai dari instalasinya hingga penempatan produk. Semuanya telah kami ulas lengkap termasuk fitur-fitur yang ada. Silakan disimak ya!

Berikut adalah artikelnya:

Tutorial WooCommerce: Cara eCommerce WordPress Sukseskan Toko Online

Anda juga bisa menggunakan Prestashop dalam membangun online shop. Bagi Anda yang ingin menggunakan Prestashop, bisa menonton tayangan dari kami berikut:

Website Sendiri Sebagai Pilihan Terbaik

Mengapa website sendiri menjadi pilihan terbaik dalam membangun online shop? Ini tentunya karena pembeli kini telah lebih cerdas dalam berbelanja. Dengan menumpang berjualan pada e-Commerce yang sudah ada, Anda akan dengan mudah tersingkirkan bila tidak memasang harga yang murah.

Mengapa hal tersebut terjadi? Ada fitur penyaringan pada Web App e-Commerce umumnya, di mana pengguna/calon pembeli bisa memilih agar tampian jajaran produk di layarnya diurutkan mulai dari barang dengan harga yang paling murah. Hal ini tentu saja bisa jadi cukup sulit untuk ditangani. Apalagi jika Anda baru memulai bisnis. Rating Anda sebagai penjual di e-Commerce tersebut belum tentu membuat pembeli yakin dan percaya untuk bertransaksi.

Jika Anda adalah seorang pebisnis serius yang tak hanya ingin berjualan, tetapi juga ingin mengembangkan bisnis dalam jangka waktu panjang, sebaiknya pertimbangkan untuk mengelola website Anda sendiri.

Dengan memiliki website sendiri, dengan domain bernama unik khas brand Anda, Anda akan lebih mudah meraih kepercayaan pengguna internet yang bisa jadi customer potensial Anda. Bahkan kini, orang cenderung menanyakan “Apa website-nya?” atau “Ada website-nya?” ketika melihat postingan jualan di Instagram maupun media sosial lain. Mereka cenderung memilih bertransaksi dari Web App yang Anda kelola dibanding lewat jalur pribadi semacam LINE dan WhatsApp. Mengapa hal ini terjadi? Mereka pengguna internet yang cerdas tentu tahu risiko ancaman cyber crime yang ada, semacam penipuan dan lain-lain.

Ketika mereka mengakses website Anda, mereka akan meninjau kemudahan navigasi pada website Anda, jika tampilan website Anda menarik dan meyakinkan maka mereka akan coba bertransaksi. Kemudian jika transaksi berjalan lancar, mereka sangat mungkin untuk kembali lagi ke website Anda untuk melihat produk-produk lain. Orang-orang lebih suka bertransaksi dengan website karena cenderung lebih aman dan mudah dalam melihat-lihat produk sesuai kategori yang diinginkan.

Dewaweb cashback 30%

Tapi, ada lagi yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda memakai jasa web hosting di tempat yang tidak profesional, mereka tidak bisa menjamin keamanan website Anda. Pengunjung website/calon customer juga bisa mengetahuinya dari label “secure” di sebelah alamat website pada kolom browser. Mereka tahu rentannya pencurian identitas kartu kredit dan ancaman lain yang mungkin terjadi jika mereka bertransaksi pada website yang tidak “secure”.

Bacalah panduan memilih web hosting berikut:

Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Inilah mengapa kami mengutamakan aspek keamanan pada semua layanan web hosting kami. Kami memiliki motto “secure, fast and reliable”. Jika Anda telah mempercayakan website Anda pada kami, kami bersedia membantu Anda 24/7 dengan layanan IT Customer Support yang ramah dan tanggap.

Tips Agar Bisnis Online Makin Menguntungkan

Jika Anda memiliki website sendiri, Anda bisa mengoptimasinya agar mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang melakukan penelusuran di Google. Untuk itu, Anda perlu melakukan teknik Search Engine Optimization (SEO). Kami pernah membuat panduan lengkapnya di awal tahun. Anda bisa mempelajarinya lebih dalam. Tenang, kami membuatnya dalam bahasa yang cukup mudah untuk dimengerti dan dapat langsung dipraktikkan.

Berikut adalah artikelnya:

Panduan Lengkap SEO 2018

Simpulan

Apakah Anda telah siap menjalankan bisnis Anda dan meraih keuntungannya? Memulai bisnis online sendiri ternyata sangat mungkin untuk dilakukan dan tidak terlalu sulit untuk dikerjakan. Manfaatkanlah kemudahan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi yang ada. Sekali lagi, saran kami, buatlah website Anda sendiri sebagai medium bisnis yang maksimal di era digital. Giringlah para pengguna internet ke toko online Anda dengan berbagai tips yang telah kami bagikan.

Sebagai provider hosting murah dan VPS profesional dari Indonesia yang telah bersertifikat kualitas internasional, kami berkomitmen untuk membantu kesuksesan online Anda. Artikel ini adalah bentuk dari komitmen kami tersebut. Jangan lupa tinggalkan komentar, subscribe dan bacalah juga berbagai tips pengembangan bisnis terkini lainnya pada blog Dewaweb. Selamat berusaha, semoga berhasil ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia