Tutorial Membuat Toko Online dengan WooCommerce [Terbaru 2022]

Tutorial Membuat Toko Online dengan WooCommerce [Terbaru 2022]

Mau membuat website toko online, tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang saja, di artikel ini kamu akan mengetahui tutorial WooCommerce terlengkap untuk membuat website toko online.

WooCommerce adalah plugin e-commerce untuk WordPress. Dengan mengaktifkan plugin ini, kamu bisa menyulap website menjadi situs toko online hanya dalam beberapa langkah saja. Mau tahu caranya? Simak tutorial lengkap cara membuat toko online dengan WooCommerce berikut ya!

Apa itu WooCommerce?

Sebelum masuk ke tutorial, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu WooCommerce dan fitur yang ditawarkannya.

WooCommerce adalah sebuah plugin toko online gratis untuk WordPress. Dengan WooCommerce, kamu bisa membuat website online shop dengan mudah, bahkan tanpa pengetahuan coding sekalipun. Kamu bisa menampilkan produk yang dijual dan melakukan kustomisasi di website jualan online sesuai keinginan kamu.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaat Website yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagai plugin website toko online, WooCommerce memiliki sejumlah fitur untuk mendukung fungsi situs e-commerce. Beberapa fitur WooCommerce yang penting untuk toko online yakni:

  • Product management: bebas menambahkan produk dan melakukan kustomisasi produk tersebut dengan pengaturan atribut, jenis, ukuran, warna produk sesuai keinginan.
  • Payment gateway: sistem pembayaran yang fleksibel melalui transfer bank, Cash on Delivery, dan pembayaran digital lainnya.
  • Laporan penjualan: ringkasan penjualan yang terjadi di website toko online, misalnya laporan stok barang, konsumen, dan pesanan. Data dapat diekspor dalam format Excel atau CSV.
  • Membuat kupon: mengelola kupon untuk memberikan harga khusus produk yang dijual.
    Integrasi tools lain: situs toko online bisa diintegrasikan dengan Google Ads, Mailchimp, Facebook, dan sebagainya.

Platform toko online WooCommerce bersifat open-source dan bisa digunakan secara gratis. Namun apabila membutuhkan fitur yang lebih lengkap untuk online shop kamu, ada biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli fitur tambahan tersebut.

Baca juga: 10 Contoh Footer Website Dengan Desain Menarik

Kenapa WooCommerce?

Masih belum yakin kenapa harus menggunakan WooCommerce sebagai platform toko online-mu? Eits, simak dulu beberapa alasan kenapa perlu mencoba WooCommerce untuk membuat toko online berikut ini ya!

Kompatibel dengan WordPress

Keunggulan pertamanya, WooCommerce dapat digunakan oleh pemula tanpa perlu kemampuan teknis. WooCommerce dikembangkan oleh WordPress dan penggunanya dapat langsung mengakses melalui platform CMS tersebut. Hanya tinggal menginstall plugin dan mengaktifkannya di website kamu.

Tingkat keamanan yang baik

Adanya transaksi finansial membuat keamanan adalah hal mutlak bagi sebuah toko online. Keamanan data pelanggan juga menjadi harga mati. Kamu perlu memilih platform yang memiliki tingkat keamanan yang baik agar transaksi pelanggan berlangsung dengan aman.

Baca Juga: 13 Cara Jualan Online yang Akan Bikin Dagangan Ludes! [Update 2022]

Gratis

WooCommerce dapat digunakan secara gratis, jadi bagi kamu yang baru merintis toko online, tak perlu mengeluarkan budget lebih. Meski begitu, WooCommerce menyediakan tambahan fitur berbayar yang bisa kamu beli agar situs jualan online kamu makin optimal.

Pilihan tema berlimpah

Tampilan website merupakan salah satu faktor utama untuk menarik pelanggan. Dengan WooCommerce, kamu tak perlu khawatir soal tampilan website online shop kamu nantinya. WooCommerce menyediakan banyak pilihan tema yang kompatibel dengan pluginnya. Beberapa tema toko online yang bisa kamu coba:

  • Open Shop: desain multipurpose dengan fitur pencarian
  • GeneratePress: tema minimalis, ringan dan cepat diakses
  • Gutenshop: desain sederhana dan mudah dikustomisasi

Pilihan tema website toko online lainnya bisa kamu cek di Tema Toko Online WordPress Gratis Terbaik.

Tutorial Membuat Toko Online dengan WooCommerce

Sebelum masuk ke tutorial WooCommerce untuk membuat toko online, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, di antaranya:

Baca Juga: Apa Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

  • Hosting

Layanan yang menyediakan penyimpanan data website dan memungkinkanmu untuk mempublikasikan website di internet. Hosting menyimpan semua file website di sebuah server yang bisa diakses secara online.

Supaya situs jualan online kamu berfungsi optimal, gunakan paket cloud hosting Warrior dari Dewaweb yang cocok untuk optimasi website toko online menggunakan WooCommerce. Jangan lupa gunakan kode promo untuk mendapat potongan harganya ya!

  • Domain

Domain adalah alamat website yang diakhiri dengan ekstensi .com, .co.id, dan sebagainya. Kamu perlu mengetik nama domain di kolom browser ketika membuka suatu situs.

Hosting di Dewaweb dapat gratis domain selamanya sepanjang kamu berlangganan di Dewaweb. Cek sekarang dengan klik tombol di bawah ini ya!

  • WordPress

WordPress adalah platform CMS untuk pembuatan website yang kamu butuhkan untuk membangun situs toko online. Dari WordPress, kamu bisa menginstall plugin WooCommerce yang akan membantu kamu membuat website dalam bentuk situs e-commerce.

Jika menggunakan cloud hosting Dewaweb, kamu bisa menginstall WordPress dengan mudah melalui cPanel. Caranya, login melalui namadomain.com/cpanel, buka Softaculous App Installer dan Install, pilih domain yang ingin diinstall dengan WordPress, kemudian atur detail nama dan deskripsi website Atur username dan password WordPress, lalu tunggu proses instalasi hingga selesai.

Baca Juga: Tips Memilih Layanan Hosting untuk Toko Online Anda

Setelah selesai mempersiapkan hal-hal di atas, kamu sudah bisa memulai membuat toko online. Kamu bisa menyimak video tutorialnya berikut ini:

Secara umum, ada 6 langkah yang harus kamu tempuh ketika membuat toko online dengan WooCommerce:

  1. Instal WooCommerce
  2. Menyesuaikan pengaturan toko online
  3. Mengubah tema toko online
  4. Menambahkan produk
  5. Mengelola toko online
  6. Instalasi plugin WooCommerce

Berikut penjelasan setiap langkahnya:

1. Instalasi WooCommerce

Tutorial membuat toko online menggunakan WooCommerce pertama-tama diawali dengan menginstall pluginnya. Berikut langkah-langkah menginstall plugin di WordPress:

  1. Buka dashboard WordPress
  2. Pada bagian Menu di sisi kiri dashboard, cari opsi Plugin
  3. Di menu plugin, ketik WooCommerce di bagian search box. Setelah ketemu, klik Install Nowtutorial woocommerce - install plugin
  4. Tunggu proses instalasi selesai, lalu klik Activate

Setelah berhasil diaktifkan, WooCommerce sudah siap digunakan untuk membuat toko online-mu. Ikuti langkah selanjutnya ya!

Baca Juga: Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce: Apa Bedanya?

2. Menyesuaikan pengaturan toko online

Setelah proses aktivasi plugin, kamu akan melihat Installation Wizard, dimana kamu harus memasukkan data-data tentang toko online. Beberapa informasi penting yang perlu kamu lengkapi di antaranya:

  • Detail bisnis

Yang pertama, kamu akan melihat bagian Store Details. Di bagian ini kamu perlu melengkapi alamat toko, negara, kota, dan kode pos. Setelah selesai, klik Continue.

tutorial woocommerce - lengkapi detail bisnis

  • Industri bisnis

Tahap selanjutnya, lengkapi industri bisnis kamu dengan mencentang kategori yang sesuai dengan produk-produk yang kamu jual. Kamu bisa memilih lebih dari satu industri bisnis. Setelah itu, klik Continue.

tutorial woocommerce - lengkapi industri bisnis

  • Tipe produk

Selanjutnya kamu perlu melengkapi tipe produk yang dijual pada toko online-mu. Apakah produk fisik, digital, atau keduanya. Kamu bisa memilih opsi seperti di bawah ini. Klik Continue jika sudah selesai.

tutorial woocommerce - lengkapi tipe produk

Setelah itu, kamu akan diminta mengisi detail toko dan produk yang dijual

tutorial woocommerce - lengkapi detail bisnis

  • Pilih tema

Setelah pengaturan detail toko, kamu akan diminta memilih tema untuk website toko online. Klik pada tema yang kamu inginkan. Terdapat pilihan tema gratis dan berbayar yang bisa kamu pilih. Bagi pemula, kamu bisa menggunakan pilihan tema gratis terlebih dahulu.

Baca Juga: 15 Template WordPress eCommerce Terbaik

pilih tema toko online

  • Pengaturan Payment & Shipping

Untuk mengatur jenis pembayaran dan pengiriman di toko online kamu, akses bagian menu di dashboard, kemudian pilih WooCommerce. Klik opsi Settings, lalu kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan situs. Klik bagian Payment dan Shipping untuk mengaturnya.

pilih jenis payment dan shipping

3. Menambahkan produk

Masuk ke tutorial WooCommerce tahap selanjutnya yakni menambahkan produk ke website toko online kamu. Berikut cara menambahkan produk ke website toko online menggunakan WooCommerce:

  1. Buka dashboard WordPress
  2. Pada menu, klik opsi Products > Add New
  3. Kamu akan diarahkan pada laman posting untuk mengisi informasi produk baru. menambahkan produk

Hal-hal yang perlu kamu lengkapi seperti:

  • Nama produk
  • Product description atau penjelasan lengkap tentang produk
  • Product types (simple, grouped, affiliate, variable)
  • Short description atau penjelasan singkat yang akan tampil di halaman produk
  • Product images/gallery
  • Product tags sebagai label produk
  • Product categories

4. Mengelola toko online

Setelah menambahkan produk-produk yang ingin kamu jual, langkah selanjutnya dalam tutorial membuat toko online WooCommerce adalah mengelola toko online. Agar toko online kamu berjalan optimal, dengan  kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Website Gratis, Tanpa Ribet!

Mengelola pesanan

Pesanan bisa kamu kelola dengan mudah lewat fitur Orders. Cara mengaksesnya, buka dashboard WordPress, lalu klik WooCommerce pada menu di sisi kiri dashboard. Pilih menu Orders, lalu kamu akan melihat halaman pesanan seperti gambar berikut.

Ketika konsumen melakukan pemesanan, maka data akan langsung tercatat di halaman ini. Kamu bisa melihat nama pemesan, tanggal, status pesanan, alamat pengiriman, dan total belanja pelanggan.

laporan pesanan

Mengatur kupon dan promo

Untuk menarik minat belanja pelanggan, kamu bisa membuat kupon di toko online-mu dengan WooCommerce. Plugin ini menyediakan fitur yang mengizinkanmu mengelola kupon promo. Berikut cara membuat kupon di website toko online WooCommerce:

  1. Pada dashboard, masuk ke menu WooCommerce
  2. Pilih Coupons
  3. Klik Create your first coupon
  4. Isi detail kupon seperti masa berlaku kupon, maksimal penggunaan kupon, dan produk apa yang mendapatkan kupon.

Mengelola konsumen

WooCommerce menyediakan fitur Customers yang memudahkan mengelola pelanggan di toko online kamu. Nantinya jika ada pesanan yang masuk, data konsumen tersebut akan langsung tercatat di halaman Customers. Cara membuka pengaturan Customers, kamu perlu masuk ke dashboard. Setelah itu, pilih menu WooCommerce > Customers. 

menu customer

Untuk mendapatkan data pelanggan, kamu perlu mengatur strategi agar pembeli perlu mau membuat akun untuk melakukan transaksi di tokomu. Strategi ini sangat baik dimanfaatkan untuk pemasaran karena kamu sudah mendapat detail mengenai pelanggan.

Mengelola laporan

Ingin tahu berapa jumlah penjualan di toko online kamu? Tak perlu khawatir, kamu juga bisa mengecek laporan penjualan mulai dari periode tahunan, bulanan, mingguan, hingga harian. Caranya, pada dashboard klik menu WooComerce, kemudian pilih Reports.

Di sana, kamu bisa melihat laporan penjualan dan stok produk. Berapa jumlah penjualan, total produk yang terjual, jumlah pesanan yang terkumpul, hingga jumlah pengembalian produk.

laporan penjualan

6. Instalasi plugin WooCommerce

Bukan hanya template toko online, WooCommerce menyediakan plugin yang bisa memberikan fitur-fitur menarik untuk website online shop kamu. Fitur ini nantinya bisa memudahkan pelanggan untuk berbelanja di tokomu. Mau tahu apa saja plugin yang bermanfaat untuk toko online kamu? Simak di bawah ini ya!

WooCommerce Currency Switcher

Plugin Currency Switcher bermanfaat untuk mengganti mata uang yang akan digunakan untuk membayar produk. Dengan bantuan plugin ini, pelanggan kamu dari berbagai negara akan dipermudah untuk berbelanja di toko online-mu. Plugin ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Baca Juga: Ini 8 Plugin eCommerce WordPress Terbaik untuk Website Toko Online Kamu!

WooCommerce Multilingual

WooCommerce Multilingual berfungsi sebagai plugin yang dapat menerjemahkan website toko online-mu ke berbagai bahasa. Plugin ini memungkinkan kamu menjalankan satu toko WooCommerce dengan banyak mata uang berdasarkan bahasa atau lokasi pelanggan. Kamu juga bisa mengaktifkan gateway pembayaran yang berbeda berdasarkan lokasi pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Website di HP, Gak Perlu Laptop!

WooCommerce Menu Cart

Plugin ini digunakan untuk memasang tombol cart/keranjang belanja pada navigantion bar. WooCommerce Menu Cart dapat menampilkan ikon keranjang sehingga pelanggan lebih mudah berbelanja di tokomu dengan memasukkan produk-produk yang diinginkan ke shopping cart mereka.

WooCommerce Product Filter

Product Filter WooCommerce akan membantu pelanggan kamu memfilter produk berdasarkann kategori, atribut, tag produk, dan harga. Dengan plugin ini, customer akan lebih mudah menemukan barang yang mereka cari berdasarkan filter yang dapat diatur sendiri.

Baca juga: 15 Jenis Blog Paling Populer di Internet [Update 2022]

YITH Wishlist

Memasukkan barang ke wishlist adalah salah satu fitur situs toko online yang wajib ada di website olshop kamu. Dengan plugin YITH Wishlist, pelanggan dapat menyimpan produk favorit mereka, yang nantinya akan lebih mudah ditemukan kembali di lain waktu.

Pelanggan juga dapat membagikan wishlist mereka dengan kerabat dan temannya lewat media sosial. Secara tidak langsung, hal ini bisa menjadi ajang untuk toko online kamu dipromosikan.

PayPal

Aktifkan plugin PayPal agar toko online kamu bisa menerima jenis pembayaran online menggunakan PayPal. PayPal memungkinkan online shop transaksi global dengan cakupan mata uang dan negara yang luas.

Baca juga: 25+ Contoh Website Bisnis dan Toko Online untuk Inspirasimu

Siap Wujudkan Toko Online-mu dengan WooCommerce?

Itu dia tutorial WooCommerce untuk membuat toko online yang bisa Dewaweb bagikan untuk kamu. Semoga website online shop kamu siap diluncurkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Dengan website toko online, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari mana saja.

Yuk, segera wujudkan website e-commerce kamu sendiri! Semoga artikel ini membantumu ya, selamat mencoba dan salam sukses online!