5 Kriteria User Friendly Website

Ada banyak hal yang hal yang harus dipertimbangkan untuk membuat sebuah user friendly website, karena semakin ramah situs website milikmu, maka semakin besar peluang untuk menjaring banyak pengunjung ke laman tersebut. Desain yang hebat dan konten yang terlihat sangat profesional tidak begitu saja membuat websitemu mudah ditemukan oleh banyak pengunjung.  Jadi, apa saja kriteria sebuah user friendly website tersebut?

Nama domain mudah diingat

Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah memilih nama domain yang mudah diingat. Nama domain ini bisa disesuaikan dengan jenis website yang ingin dibuat. Ingat, bahwa tujuan utama membuat sebuah user friendly website adalah agar pengunjung bisa dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan dengan segera. Jadi usahakan nama domain mudah diingat sehingga akan banyak pengunjung yang merujuk ke lamanmu.

Sebaiknya, nama domain tersebut pendek, memorable, catchy, dan spesifik dengan niche. Nama domain yang pendek tentu akan membuat website kamu mudah diingat. Selanjutnya, pastikan bahwa nama domain juga mencantumkan nama brand yang kamu buat. Akan lebih sempurna lagi jika nama domain bisa memorable sehingga akan bisa diingat oleh pengunjung meski baru pertama mengunjungi lamanmu.

Tampilan yang konsisten dan dapat dipindai

Agar pengunjung mudah dan nyaman saat mengunjungi websitemu, maka pastikan tampilannya konsisten dan dapat dipindai. Pengunjung website tentu tidak ingin membuang-buang waktu mencari informasi yang terkubur. Jadi, pastikan bahwa setiap informasi yang kamu sediakan di website bisa ditemukan dengan mudah.

Kamu bisa menggunakan halaman dengan banyak teks untuk memecah hal-hal dan membuatnya lebih spesifik seperti misalnya judul serta daftar. Pada daftar tersebut, tampilkan informasi yang paling penting di paling atas, kemudian diikuti dengan detail sekunder. Kamu juga bisa menambah fitur “Search” pada website agar struktur informasinya lebih jelas.

Desain responsif dan kompatibel

Salah satu alasan mengapa kamu ingin menciptakan sebuah user friendly website pasti karena ingin banyak dikunjungi oleh pengguna dalam mencari informasi. Karena sekarang banyak masyarakat yang lebih sering menggunakan smartphone untuk mengakses internet, jadi website juga harus bisa diakses melalui smartphone dengan menggunakan berbagai macam browser. Pastikan bahwa desain website tidak berbeda saat diakses melalui PC dan smartphone.

Fast loading speed

Pengunjung sebuah website pasti tak ingin waktunya tersita dengan menunggu sebuah laman yang membutuhkan waktu lama untuk loading satu laman. Dengan banyaknya situs website yang bertebaran di internet dan berbagai macam informasi yang disediakan, pasti pengunjung akan lebih memilih website lain yang lebih cepat waktu loading-nya sehingga bisa segera mendapat informasi yang dibutuhkan. Jadi, untuk menghindari hal semacam ini, buatlah websitemu dengan loading speed yang cukup tinggi.

Sederhanakan bahasa konten

Pengunjung website pastinya memiliki background yang berbeda-beda. Entah dari kalangan yang memang profesional dan paham dalam satu bidang tertentu atau orang awam biasa yang sedang mencari informasi. Jadi, untuk membuatnya user friendly website, gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Bisa juga dengan memberikan judul, sub judul, poin-poin, dan format lain. Boleh menggunakan bahasa profesional untuk menunjukkan bahwa website dapat dipercaya, tetapi penting juga memperhatikan tingkat pengetahuan setiap pengunjung web.

Dengan mengetahui beberapa kriteria user friendly website diatas, kini kamu siap membuat laman sendiri. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa website yang dibuat memiliki kemampuan untuk bisa diakses oleh banyak orang dalam satu waktu. Selamat mencoba!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia