Mengetahui Apa Itu Aged Domain dan Segudang Manfaatnya

Mengetahui Apa Itu Aged Domain dan Segudang Manfaatnya

Aged domain adalah domain yang sudah berumur atau sudah lama digunakan pada sebuah alamat situs. Karena sudah lama digunakan, ternyata domain ini dapat memberikan segudang manfaat bagi pemilik situs.

Namun, kebanyakan pengguna justru memilih untuk membeli domain baru, karena mereka tidak tahu seperti apa manfaatnya dan tidak tahu di mana cara membelinya.

Untuk kamu yang ingin tahu apa itu aged domain, hingga cara cari aged domain simak terus artikel ini sampai akhir ya!

Apa Itu Aged Domain?

Aged domain adalah sebuah domain yang digunakan pada alamat situs dengan umur yang cukup tua, artinya domain tersebut sebelumnya telah digunakan oleh orang lain di internet namun sudah dihentikan tetapi masa aktifnya masih terus diperpanjang.

Baca Juga: 5+ Cara Mudah Cek Umur Domain, Website, dan Blog

Jenis domain tersebut dihentikan karena beberapa alasan, di antaranya seperti:

  • Pemilik lupa memperbarui nama domain.
  • Pemilik bermasalah dengan metode pembayarannya.
  • Situsnya sudah tidak digunakan.

Domain yang sudah lama berada di internet ini mendatangkan banyak manfaat karena pasti sudah terindeks Google. Berbeda dengan domain baru yang membutuhkan waktu agar terindeks.

Karena sudah terindeks lama oleh Google, jenis domain ini merupakan pilihan yang tepat untukmu yang ingin mengoptimalkan SEO.

Selain domain berumur ini, ada pula expired domain yang juga sudah terindeks Google. Hanya saja jika expired domain ini masa aktifnya sudah habis namun tetap bisa diaktifkan kembali.

Baca Juga: Expired Domain: Kelebihan, Cara Cek, dan Cara Membelinya

Keuntungan Menggunakan Aged Domain

Domain yang sudah lama berada di dunia internet menawarkan banyak keuntungan bagi situs tersebut, di antaranya seperti di bawah ini.

1. Ranking website lebih baik

Keuntungan membeli domain yang sudah lama yakni dapat memberikan ranking website yang lebih baik. Mencapai peringkat tinggi pada Google tidak semudah memposting konten yang bagus dan memenuhi kueri yang tepat.

Sebuah domain baru perlu membangun reputasi secara bertahap dari waktu ke waktu agar bisa membantu pengunjung mendapatkan informasi yang akurat.

Hal tersebut berbeda dengan domain lama yang reputasinya sudah terbangun sejak lama. Maka dari itu, mesin pencari lebih mempertimbangkan domain lama yang sudah kredibel sehingga ranking website juga akan lebih baik.

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis di Google Sites [Panduan Lengkap]

2. Punya banyak backlink

Semakin kredibel sebuah domain dan situs, maka semakin banyak backlink yang mengarah ke situs tersebut. Backlink adalah tautan dari halaman web yang mengarah ke sebuah situs.

Backlink yang mengarah ke domain lama bisa jadi berasal dari website besar yang dipercaya oleh mesin pencari. 

Memiliki banyak backlink menjadi keuntungan sebuah website, karena mesin pencari menganggap bahwa semakin banyak backlink menunjukkan bahwa situs tersebut kredibel.

Baca Juga: 15 Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Efektif untuk Website

3. Memberikan traffic tinggi

Keuntungan selanjutnya dari domain berumur adalah dapat memberikan traffic website yang tinggi, setiap pengguna pasti menginginkan hal tersebut.  Traffic merupakan jumlah orang yang mengunjungi halaman web kamu.

Jenis domain ini dapat memberikan trafik yang tinggi karena telah memiliki sumber trafik sebelumnya. Sehingga hal tersebut akan membantu meningkatkan penjualan bisnismu.

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO On-Page untuk Tingkatkan Trafik Website

4. Membantu otoritas website

Otoritas atau authority sebuah website seringkali menjadi tujuan yang ingin dicapai oleh para pemilik website. Otoritas sebuah domain merupakan metrik yang menunjukkan bahwa situs tersebut memiliki nilai kepercayaan yang tinggi.

Untuk membangun otoritas website dibutuhkan waktu bertahun-tahun. Maka dari itu jika kamu menggunakan domain lama, kamu tidak perlu membangun otoritas dari awal.

5. Nama domain yang bagus atau unik

Kebanyakan jenis domain ini akan memiliki nama yang bagus dan unik. Memiliki nama domain yang bagus dan mudah dihapal tentu akan memudahkan pengunjung dalam mengingat alamat situs kamu. 

Sehingga berpotensi akan membuat pengunjung kembali mengunjungi situs kamu di lain waktu.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 13 Tips Memilihnya!

6. Menjadi aset dan investasi digital

Domain yang sudah berumur dapat kamu jadikan sebagai aset dan investasi digital. Mengapa demikian? Karena jenis domain tersebut akan terus dicari khususnya oleh para pemilik bisnis online yang ingin meningkatkan ranking website mereka di Google.

Dengan membeli domain yang sudah berumur maka dapat meningkatkan otoritas situs, sehingga akan menghasilkan pengunjung atau calon pelanggan bisnismu. 

7. Punya nilai historis

Domain yang sudah berumur memiliki nilai historis yang baik, hal ini dapat dilihat dari domain authority (DA). Domain authority merupakan nilai kepercayaan yang dimiliki sebuah situs pada mesin pencari. Dengan skor DA yang tinggi, peringkat website tentu akan semakin naik. 

Semakin baik skor DA-nya, maka pemilik website tidak membutuhkan waktu yang lama agar website dapat bersaing.

Baca Juga: Cara Cek DA PA Blog dan Website untuk Meningkatkan SEO

8. Bagus untuk mengembangkan bisnis kecil

Branding adalah salah satu faktor utama yang berpengaruh pada sebuah bisnis, dan alamat situs dapat membantu mendongkrak agar branding bisnis kamu semakin naik.

Maka dari itu, ketika memilih domain untuk bisnis pastikan namanya sesuai dengan merek kamu. Apabila domain yang hendak dibeli tidak ada, kamu bisa membeli jenis domain ini dengan nama yang sesuai dengan brand kamu.

Baca Juga: Pentingnya Domain Bisnis untuk Gait Lebih Banyak Pelanggan

Kekurangan Aged Domain

Meski menawarkan banyak keuntungan, namun domain yang sudah berumur juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum membeli. Diantaranya seperti di bawah ini.

1. Harga relatif mahal

Domain yang sudah berumur memiliki nilai historis dan reputasi yang baik, mulai dari skor DA yang tinggi, popularitas yang bagus, hingga nama yang unik. Hal tersebut yang membuat domain ini relatif lebih mahal daripada domain baru.

Bahkan pada beberapa kesempatan, kamu harus berebut dengan orang lain karena menggunakan sistem pelelangan. Namun, kamu juga bisa mendapatkannya lewat e-commerce. Kebanyakan pemilik biasanya menjual di sana.

Baca Juga: 15 Domain Termahal di Dunia, Tertarik untuk Membelinya?

2. Tidak bisa custom nama domain

Tidak hanya relatif mahal, ketika membeli domain yang sudah berumur maka kamu tidak bisa mengkustom nama tersebut. Maka dari itu, memilih aged domain sebenarnya cukup sulit karena banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Mulai dari nama yang harus disesuaikan dengan merek, cara pelafalan namanya, reputasi, hingga harga domainnya.

Baca Juga: Cara Mengganti Domain Bawaan Blogspot Jadi Custom Domain

Cara Mencari Aged Domain

Sebelum membeli jenis domain tersebut, tentu kamu harus mengerti cara cari aged domain yang berkualitas. Untuk mengukur apakah domain tersebut memiliki kualitas yang baik kamu dapat mengukur beberapa metrik di antaranya seperti:

  • Domain authority (DA).
  • Page authority (PA).
  • Index Google.
  • Umur domain.
  • Backlink.
  • TF/CF, dan berbagai metrik lainnya.

Untuk mengetahui skor dari masing-masing metrik tersebut, kamu dapat menggunakan beberapa tools di bawah ini, diantaranya seperti:

  • Moz.com, untuk mengecek DA, PA, dan backlink.
  • Who.is, untuk mengetahui register domain, waktu expired, dll.
  • Duplichecker.com, untuk mengetahui usia domain.
  • Archive.org, untuk melihat riwayat domain.

Apabila kamu ingin mencari domain lama yang berkualitas, pastikan domain tersebut memiliki skor DA PA yang tinggi, backlink yang berkualitas, domain sudah berumur lebih dari 2 tahun, dan berbagai faktor lain.

Cara Beli Aged Domain

Setelah mendapatkan domain berumur yang berkualitas, hal selanjutnya adalah membeli domain tersebut. Cara beli aged domain bisa lewat beberapa jasa domain berikut:

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri

Tertarik Menggunakan Aged Domain?

Aged domain adalah domain yang sudah lama digunakan pada sebuah alamat situs. Domain sudah tidak digunakan karena beberapa alasan dan kamu dapat membelinya pada beberapa jasa domain.

Karena sudah lama berada di dunia internet, domain berumur ini cenderung memiliki reputasi yang baik karena sudah lama terindeks oleh Google. Hal tersebut dapat membantu traffic website kamu menjadi lebih tinggi dan otoritas jadi lebih baik.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan domain yang sudah ‘tua’ dengan segudang manfaat dan sejarahnya ini? Atau kamu justru ingin membuat domain baru?

Jika ingin membuat domain baru yang bisa kamu custom sesuai keinginan dan lebih murah, kamu bisa beli domain di Dewaweb, lho! Bukan cuma domain, Dewaweb juga menyediakan cloud hosting murah dengan kualitas luar biasa! Yuk, coba sekarang!

Terlepas dari itu, untuk kamu yang ingin mendapatkan artikel informatif lainnya seputar domain, hosting, maupun topik lain. Langsung saja kunjungi blog Dewaweb untuk mengetahui update terbarunya! Semoga membantu ya!

Asset Blog Dewaweb
Aorinka Anendya

Gemar menulis tentang teknologi, bisnis, digital marketing, dan banyak topik lain. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.