dewaweb-blog-cara-mengatasi-http-502-bad-gateway

Ketika Anda sedang browsing, Anda mungkin pernah mengalami beberapa error seperti misalnya error establishing a database connection atau HTTP Error 500. Salah satu jenis error website yang paling sering terjadi dan Anda lihat adalah HTTP 502 Bad Gateway Error. Ini adalah salah satu jenis error yang tidak hanya terjadi pada website WordPress, tetapi kadang juga terjadi di Gmail, Twitter, dan Cloudflare. Di artikel kali ini, kami akan membahas HTTP 502 Bad Gateway yang terjadi di website WordPress Anda dan solusi untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Membuat Website dengan WordPress

Arti 502 Bad Gateway Error

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, browser Anda akan mengirim sebuah request atau permintaan ke web server. Web server kemudian akan menerima dan memproses permintaan tersebut. Setelah itu, web server akan mengirim kembali resource yang diminta bersamaan dengan header HTTP dan HTTP status code. Biasanya, HTTP status code tidak akan terlihat kecuali jika ada sesuatu yang salah. HTTP status code bekerja sebagai notifikasi jika ada sesuatu yang salah. Angka yang Anda lihat adalah kode yang bisa membantu Anda untuk mencari solusinya.

Salah satu jenis error code yang paling sering dilihat adalah 500 status error codes (500, 501, 502, 503, 504, dsb). Setiap angka tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Kode-kode ini mengindikasikan bahwa request Anda ditermina, tetapi server tidak menginjinkan request untuk dipenuhi. 502 Bad Gateway adalah error yang mengindikasikan bahwa server yang bekerja sebagai gateway atau proxy, menerima response yang invalid dari inbound server.

Baca juga: Panduan Lengkap Proxy

Variasi 502 Bad Gateway Error

Dengan banyaknya browser, web server, dan operating system (OS) di luar sana, 502 bad gateway error bisa muncul dengan beberapa tampilan yang beda. Mereka semua memiliki arti yang sama. Berikut ini adalah beberapa variasi 502 bad gateway error yang mungkin akan Anda lihat:

  • 502 Bad Gateway
  • HTTP Error 502 – Bad Gateway
  • 502 Proxy Error
  • Error 502
  • HTTP 502
  • 502 Service Temporarily Overloaded
  • That’s an error. The server encountered a temporary error and could not complete your request. Please try again in 30 seconds. That’s all we know.
  • 502 Server Error: The server encountered a temporary error and could not complete your request.
  • 502 Server Error
  • 502 – Web server received an invalid response while acting as a gateway or proxy server. There is a problem with the page you are looking for, and it cannot be displayed. When the web server (while acting as a gateway or proxy) contacted the upstream content server, it received an invalid response from the content server.
  • Layar putih

Ada juga website yang memiliki tampilan mereka sendiri untuk menampilkan 502 Bad Gateway error. Ini tentunya terlihat seperti user-friendly.

Pengaruh 502 Bad Gateway kepada SEO

Berbeda dengan error 502, yang digunakan untuk maintenance mode pada WordPress dan memberitahu Google untuk mengecek website kembali di lain waktu, error 502 berpengaruh buruk langsung ke SEO jika tidak cepat-cepat diatasi.

Jika website Anda mengalami downtime selama 10 menit dan website Anda di-crawl secara konsisten, crawler biasanya akan meng-crawl halaman tersebut dari cache halaman tersebut. Tetapi jika downtime website Anda benar-benar lama misalnya 6 jam lebih, maka Google mungkin akan melihat error 502 yang perlu diperhatikan. Ini bisa mempengaruhi ranking website Anda di Google. Jika Anda khawatir tentang ini, kami akan membahas beberapa cara mengatasinya.

Dewaweb cashback 30%

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Error

Error 502 bad gateway biasanya adalah masalah network atau server. Tetapi bisa juga ini menjadi client-side issue. Jadi kita akan membahas cara-cara mengatasi 502 bad gateway error dari sisi server maupun client. Berikut adalah beberapa cara mengatasi error 502.

Coba reload halaman website dan hapus cache browser Anda

Langkah pertama yang harus Anda coba ketika Anda mendapat pesan 502 bad gateway error adalah coba menunggu selama minimal satu menit dan reload atau refresh halaman website Anda. Ada kemungkinan error 502 muncul karena servernya overloaded dan website akan aktif kembali. Saat Anda menunggu, Anda juga bisa mencoba membuka website di browser lain untuk melihat apakah masalah ada pada website atau bukan. Selain itu, Anda juga bisa mengecek di downforeveryoneofjustme.com. Website ini akan memberi tahu Anda jika website Anda down atau masalah ada pada sisi client. Jika Anda sudah me-refresh halaman website dan masih melihat error ini, Anda juga bisa melakukan cara mudah lainnya yaitu dengan menghapus cache browser.

Masalah pada DNS

502 bad gateway error juga bisa terjadi karena adanya isu pada DNS, misalnya domain tidak meresolve IP yang benar. Jika Anda baru saja memigrasi website WordPress Anda ke hosting baru, Anda perlu menunggu selama paling tidak 24 jam untuk memastikan bahwa migrasi berjalan lancar. Ini tergantung dengan value TTL dari DNS Anda.

Anda juga bisa mencoba menghapus cache local DNS Anda. Cara kerjanya mirip dengan cache browser. Pada windows, Anda hanya perlu membuka command prompt dan masukkan kode berikut: ipconfig / flushdns. Jika berhasil, Anda akan mendapat pesan “successfully flushed the DNS resolver cache”.

Bagi pengguna Mac, Anda bisa memasukkan kode berikut ke terminal Mac Anda: dscacheutil – flushcache. Bagi pengguna Mac, Anda tidak akan melihat pesan apapun setelahnya.

Terakhir, Anda dapat mengubah server DNS Anda untuk sementara. Secara default, server DNS akan secara otomatis dipilih oleh ISP atau provider internet Anda. Tetapi Anda bisa mengubah server DNSnya ke server DNS publik untuk sementara waktu.

Cek dengan hosting website Anda

Salah satu alasan utama mengapa kita mendapat pesan 502 bad gateway error adalah karena adanya isu dengan hosting website. Kadang, query, script, atau request akan memakan waktu yang lebih lama oleh karena itu, request dibatalkan atau dimatikan oleh server. Kebanyakan hosting terutama shared hosting mengimplementasikan “kill script”. Pada dasarnya, yang dimaksud dengan kill script adalah mereka akan menghentikan request setelah beberapa waktu sehingga request ini tidak akan memengaruhi pengguna hosting lainnya.

Matikan CDN untuk sementara waktu

Error 502 juga bisa terjadi karena adanya masalah dengan CDN. Jika Anda menggunakan provider CDN pihak ketiga, salah satu caranya adalah untuk mematikan CDN Anda untuk sementara waktu. Anda bisa login ke website Anda melalui SFTP dan mengganti nama folder plugin ke cdn-enable_old. Ini akan mematikan koneksi CDN untuk sementara waktu.

Baca juga: Panduan Dasar Cloudflare

Selain itu 502 bad gateway error juga bisa terjadi jika provider menyediakan perlindungan dari DDoS serta layanan proxy seperti Cloudflare karena mereka memiliki firewall extra di dalamnya. Error 502 memang suka muncul pada layanan Cloudflare gratis. Sayangnya, karena Cloudflare adalah layanan proxy yang full, tidak mudah untuk mematikannya.

Cek plugin dan theme website WordPress Anda

Pada kebanyakan kasus, alasan terjadinya pembatalan scripts dan queries oleh server adalah karena bad code di website WordPress Anda. Ini bisa muncul dari plugin atau theme pihak ketiga. Selain itu, ada juga beberapa kasus dimana ada kesalahan konfigurasi plugin caching yang akhirnya menyebabkan 502 bad gateway error.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bebas dari masalah ini adalah dengan menon-aktifkan plugin Anda. Ingat, Anda tidak akan kehilangan data hanya dengan menon-aktifkan plugin. Jika Anda masih bisa mengakses admin Anda, cara yang cepat adalah dengan menuju ke pilihan plugin dan pilih Deactivate dari menu bulk actions. Ini akan langsung menon-aktifkan semua plugin yang ada di website Anda. Jika ini menyelesaikan masalah ini, Anda hanya tinggal mencari dari list plugin Anda mana yang menyebabkan masalah ini. Coba aktifkan plugin Anda satu per satu dan reload website Anda setelah setiap aktivasi. Saat Anda melihat pesan 502 bad gateway error, berarti Anda sudah menemukan plugin yang menyebabkan error 502. Anda kemudian bisa meminta bantuan dari developer plugin untuk menyelesaikan masalah atau post sebuah tiket support di repository WordPress.

Jika Anda tidak bisa mengakses admin Anda, Anda bisa masuk ke FTP Anda dan mengganti nama folder plugin Anda menjadi plugins_old. Setelah itu coba cek kembali websitenya. Jika ini bekerja, berarti Anda tinggal mengetes masing-masing plugin. Kembalikan folder plugin Anda ke nama “plugins”. Setelah itu ganti nama masing-masing untuk melihat plugin mana yang bermasalah.

Simpulan

Seperti yang Anda lihat ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi 502 bad gateway error untuk website WordPress Anda. Biasanya ini bukan di sisi klien, melainkan masalah dengan host Anda. Plugin dan tema pihak ketiga dengan bad code atau query yang tidak dioptimalkan juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Jika Anda masih ada pertanyaan atau ingin berbagi cara-cara mengatasi 502 bad gateway error yang mungkin terlewatkan di artikel ini, tinggalkan di kolom komentar di bawah ini ya!