Mengenal Apa itu Domain Premium, Keunggulan, dan Cara Beli

Mengenal Apa itu Domain Premium, Keunggulan, dan Cara Beli

Domain premium adalah jenis domain yang memiliki nilai lebih tinggi dari domain biasa. Domain ini seringkali memiliki nama yang pendek dan mudah diingat sehingga banyak diminati. Oleh karena itu, domain ‘spesial’ ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga domain reguler.

Banyak orang yang melirik alamat website premium karena dianggap memiliki peluang bisnis yang lebih besar. Tentu saja, nama domain yang menarik dan mudah diingat akan memudahkan orang untuk kembali mengunjungi situs web tersebut. Domain ini juga bisa memberikan kesan profesional dan meyakinkan bagi pengunjung situs web.

Dengan memilih alamat situs web yang premium, seseorang dapat menunjukkan kredibilitas dan keunggulan mereka dalam industri tertentu. Maka tidak heran jika domain ini diminati oleh banyak orang yang ingin memulai bisnis online atau memperluas pangsa pasar mereka.

Ingin tahu lebih lengkap tentang premium domain, ciri-ciri, keunggulan, hingga cara membelinya? Berikut Dewaweb sudah rangkum informasinya untuk kamu.

Baca Juga: 7+ Manfaat Website untuk Bisnis: Makin Kredibel & Untung!

Apa itu Premium Domain?

Premium domain adalah alamat website yang memiliki nilai yang tinggi, karena terdiri dari huruf yang terbatas, mulai dari 2 hingga 4 karakter saja. Sebab, nama domain yang dimiliki cukup unik dan singkat, penggunaannya bisa meningkatkan brand awareness dan meningkatkan traffic website.

Namun, perlu diketahui bahwa harga alamat website premium yang tinggi tersebut hanya berlaku di pembelian awal saja. Ketika penggunanya memperpanjang masa aktif domain, harganya akan kembali normal.

Jika dilihat secara sekilas, alamat website gratis dan premium hanya berbeda pada harganya saja. Padahal, domain gratis dan premium perbedaannya dapat dilihat dengan jelas pada pilihan top level domain (TLD) yang terbatas dan kurang dikenal oleh para pengunjung. Domain gratis juga sering dianggap sebagai domain spam, sehingga sering dianggap kurang ideal jika ingin mendukung kredibilitas online.

Banyak orang yang melirik alamat website premium ini karena dianggap memiliki peluang bisnis yang lebih besar. Nama domain yang menarik dan mudah diingat akan memudahkan orang untuk mengingat dan mengunjungi situs web tersebut.

premium domain

Baca Juga: 7+ Kelebihan Domain ID Dibandingkan Domain Lain

Ciri-Ciri Domain Premium

Berikut ini ciri-ciri dari domain spesial agar kamu bisa membedakannya dengan domain biasa (reguler), antara lain:

1. Nama domain yang bagus

Domain premium sering kali tersedia dalam bentuk kata kunci yang dicari atau nama merek yang populer. Kata kunci tersebut relevan dan memiliki tingkat pencarian yang tinggi sehingga membantu situs web untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Selain itu, domain spesial ini juga singkat dan mudah diingat oleh pengguna. Menurut PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), alamat website premium dapat digunakan dengan jumlah karakter mulai dari 2-4 karakter. Nama domain tersebut berlaku dengan ekstensi domain .id, .co.id, .web.id, .ac.id, .my.id, .biz.id, .or.id, .ponpes.id, hingga .sch.id.

Salah satu website yang menggunakan domain istimewa ini adalah fb.com yang dibeli oleh Facebook dengan harga USD 8,5 miliar. Tujuan dari domain singkat tersebut yakni untuk mengembangkan fitur email publik Facebook menggunakan alamat email, yaitu @fb.com.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

2. Menggunakan TLD yang terpercaya

Menggunakan TLD (Top Level Domain) yang terpercaya merupakan salah satu faktor penting dalam membangun kepercayaan pengguna terhadap sebuah website. TLD yang terpercaya ini biasanya menjadi salah satu ciri domain premium, seperti .com, .net, .org, .id, dan sebagainya.

TLD ini dianggap premium karena memiliki regulasi yang ketat serta proses pendaftaran yang lebih selektif. Selain itu, penggunaan TLD terpercaya juga memberikan kesan profesional karena biasanya digunakan oleh bisnis besar atau organisasi yang memiliki reputasi yang baik.

TLD terpercaya juga memiliki potensi SEO yang lebih baik. Sebab, mesin pencari biasanya memberikan prioritas lebih tinggi pada domain dengan TLD terpercaya.

3. Mengandung kata kunci populer

Dibandingkan yang reguler, alamat website premium lebih mudah ditemukan karena mengandung kata kunci populer. Kata kunci populer merupakan rangkaian kata yang sering dicari oleh pengguna internet saat melakukan pencarian di mesin pencari.

Memiliki domain dengan kata kunci populer sangat penting untuk meningkatkan otoritas, visibilitas, dan daya tarik situs web dalam ranah bisnis online. Dengan menggunakan kata kunci populer, website tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh target audiens, meningkatkan traffic web, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan atau manfaat lain yang diinginkan.

Namun, untuk mendapatkan kata kunci populer ini perlu dilakukan riset kata kunci yang cermat. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan tren terkini dalam pencarian kata kunci populer.

Baca Juga: Perlu Dihindari! Ini 7 Kesalahan Riset Keyword yang Tak Disadari

Keunggulan Memiliki Domain Premium

Berikut Dewaweb rangkumkan beberapa keunggulan atau keuntungan jika memiliki alamat domain premium, di antaranya:

1. Nilai jual yang tinggi

Dengan memiliki alamat website premium, nilai jual dari situs web tersebut akan meningkat secara signifikan. Sebab, alamat web premium memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari sehingga lebih mudah mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Selain itu, dengan memiliki domain istimewa ini, kita juga dapat menambahkan kata kunci di URL. Hal ini memberikan peluang untuk mendapatkan trafik organik yang lebih banyak. Kata kunci yang terdapat dalam URL akan menarik perhatian mesin pencari dan pengguna internet yang sedang mencari informasi terkait.

Selain itu, domain ini juga cenderung memiliki tautan yang berkualitas tinggi dan lebih mudah mendapatkan backlink dari situs web lain. Backlink yang berasal dari situs web dengan reputasi tinggi akan memberikan keuntungan dalam hal SEO.

Baca Juga: 15 Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Efektif untuk Website

2. Kredibilitas yang lebih baik

Dalam dunia bisnis online, memiliki alamat website premium menunjukkan bahwa pemiliknya serius dan profesional dalam menjalankan usahanya. Hal ini membuat pengunjung website memiliki kepercayaan yang lebih tinggi terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Selain itu, domain istimewa ini juga memberikan kesan bahwa pemiliknya telah menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk membangun brand mereka sendiri, sehingga akan lebih terlihat profesional dan sunguh-sungguh. Dengan menggunakan alamat website premium, perusahaan atau individu tersebut akan melihat peningkatan trafik website dan peluang bisnis yang lebih baik.

3. Kemudahan untuk diingat dan dicari

Salah satu ciri alamat website premium adalah namanya yang singkat sehingga lebih mudah diingat dan dicari. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah saat ingin mengunjungi kembali laman situs web. Hal ini tentu saja akan meningkatkan traffic dan juga kemungkinan konversi.

4. Meningkatkan branding bisnis

Alamat situs web premium akan membuat bisnismu terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan branding bisnis secara keseluruhan. Domain ini memberikan kesan bahwa bisnismu adalah yang terpercaya dan berkualitas tinggi.

Jika menggunakan domain yang umum, bisnismu berisiko tenggelam di antara bisnis lain yang menggunakan domain yang sama. Namun, dengan menggunakan domain premium yang relevan dengan bisnis seperti .biz atau .shop, kamu akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan dan memiliki kelebihan dalam branding.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Branding: Strategi Terpenting bagi Bisnis

5. Kekuatan SEO

Dengan memiliki alamat website premium, situs web akan memiliki nilai lebih di mata mesin pencari seperti Google. Hal ini dikarenakan domain premium umumnya telah lama berdiri dan memiliki reputasi yang baik di dunia maya.

Selain itu, domain spesial ini juga memberikan tautan yang berkualitas tinggi dan lebih mudah mendapatkan backlink. Backlink dari situs-situs berkualitas tinggi dapat meningkatkan otoritas domain kita di mata mesin pencari.

Keunggulan lainnya adalah penambahan kata kunci di URL yang mampu menarik trafik organik. Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten kita dalam URL, mesin pencari akan lebih mudah mengidentifikasi dan mengindeks situs kita.

Baca Juga: Mengenal Apa itu SEO & Manfaatnya untuk Traffic Website

Contoh Premium Domain

Contoh premium domain biasanya adalah alamat website dengan nama yang bagus dan sudah dipesan dari registry TLD bersangkutan dengan harga yang lebih mahal dari alamat website normal pada biasanya. Berikut beberapa contohnya, yakni:

  1. voice.com
  2. 360.com
  3. tesla.com
  4. fb.com
  5. we.com

Kelima contoh alamat website premium yang ada di atas dibanderol dengan harga yang tidak murah, kisarannya $8 million hingga $30 million.

Baca juga: Tutorial Pointing Domain Sendiri ke Website Blogspot

Cara Membeli Domain Premium

Untuk mendapatkan domain premium yang sesuai dengan apa yang diinginkan, kamu bisa mengetahui terlebih dahulu langkah-langkah membeli domain di Dewaweb. Lebih jelasnya, berikut cara membeli domain yang dapat kamu ikuti, yaitu:

1. Pertama, klik menu ‘Domain’ yang ada di bagian atas menu website utama Dewaweb. Cek terlebih dulu ketersediaan domain yang akan kamu gunakan.

cara beli domain

2. Setelah itu, pilih extension yang akan digunakan untuk nama domain.

cara beli domain

3. Lakukan konfigurasi, kemudian klik ‘Lanjutkan’.

cara beli domain

4. Isi data untuk menyelesaikan orderan, lalu pilih cara pembayaran yang akan digunakan.

cara beli domain

Baca Juga: Tips dan Cara Membeli Domain untuk Pemula

Tertarik Pakai Domain Premium?

Premium domain adalah nama yang memiliki nilai yang tinggi karena terdiri dari huruf yang terbatas, mulai dari 2 hingga 4 karakter saja. Dibandingkan dengan reguler pada umumnya, domain premium memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan ketika akan digunakan.

Adapun beberapa kelebihan dari alamat website premium ini, yakni jumlah karakter yang lebih pendek, mampu meningkatkan kredibilitas dan traffic, bentuk branding, dan lain sebagainya yang berpengaruh penting dalam berbisnis. Jadi, apakah kamu tertarik menggunakannya?

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Salam sukses online!